kamunaku.com: Capture The Asian Games 2018 with Samsung J Series

Capture The Asian Games 2018 with Samsung J Series

Saturday, September 1, 2018


Capture The Asian Games 2018 with Samsung J Series. Tidak terasa, pesta olahraga Asian Games 2018 akan segera berakhir. Dipastikan,  hari Minggu tanggal 2 September ini akan digelar pesta penutupan Asian Games 2018. Perolehan medali Indonesia di Asian Games 2018 bisa dibilang sangat membanggakan. Indonesia kokoh di posisi keempat dengan memperoleh 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. 
Padahal sebelum Asian Games dimulai Presiden Jokowi menargetkan Indonesia masuk 10 besar dan mendapatkan 16 emas di Asian Games 2018. Target itupun sudah terlampaui. Bravo Indonesia! 

Sebagai masyarakat Indonesia, saya ikut merasa bangga dan haru atas prestasi yang dibuat oleh para atlet Indonesia. Bagi saya mereka yang berlaga dalam Asian Games adalah pejuang. Pejuang dan pahlawan yang patut mendapat perhatian, doa, dan dukungan oleh pemerintah maupun masyarakat. Benaran saya terharu sampai keluar air mata kalau lihat bendera Indonesia naik saat pengalungan medali. 

Banyaknya dukungan yang telah diberikan kepada atlet kita selama berjuang dalam kompetisi bergengsi ini, adalah salah satu bukti bahwa masyarakat Indonesia peduli akan bangsanya. Dan banyak moment-moment dukungan selama Asian Games 2018 ini berlangsung yang layak untuk diabadikan. 
Seperti hari Selasa lalu, ketika Viva.co.id 1newstainment mengajak beberapa blogger untuk nonton bareng pertandingan Cabang olahraga Atletik Asian Games 2018. Tidak hanya diajak nobar, para Blogger  juga dibekali HP Samsung untuk foto-foto syantik di area Asian Games 2018.
Sebelumnya,  untuk bisa menghasilkan foto syantik blogger diajarkan teknik pengambilan foto menggunakan smartphone supaya moment menyaksikan pertandingan Asian Games bisa terabadikan dengan bagus. Iya dong.... menyaksikan event yang diadakan 4 tahun sekali ini sudah pasti menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan. 

Adalah mas Rino, tim kreatif Viva.co.id yang mengajari blogger mengenai fotografi. Mas Rino menjelaskan bahwa dalam teknik fotografi, baik menggunakan kamera profesional atau kamera handphone, yang paling terpenting adalah pengaturan iso, speedshutter, dan komposisi.
Keberadaan penyetingan iso,  speed shutter dan komposisi ini sebenarnya ada pada setiap smartphone tetapi banyak yang tidak mengetahuinya. Padahal, kalau kita sudah mengetahui tekniknya, hasil foto smartphone bisa sebagus hasil foto kamera profesional.
Hayooo, coba lihat lagi setingan kamera handphonenya... 

Ini dia tips dari mas Rio mengenai cara mendapatkan hasil foto yang bagus dari kamera Hp :

1. Cahaya
Perhatikan cahaya di sekitar objek Foto. Cahaya adalah faktor yang penting untuk menghasilkan foto bagus. Cahaya yang baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Cahaya ini bisa dibantu dengan setingan ISO dan Speedshutter
ISO merupakan pengaturan untuk menentukan tinggi rendahnya cahaya yang diinginkan pada hasil foto atau sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO yang digunakan, maka sensor akan semakin sensitif. Sehingga kamera akan mampu menangkap gambar dengan lebih cerah.

2. Komposisi
Untuk pengaturan komposisi disarankan untuk mengunakan Rule of Third. Fitur ini biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera HP. Tujuannya agar kita bisa menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik dimana objek foto akan lebih menonjol. 

3. Gunakan HDR
Untuk mendapat foto lebih tajam, mas Rio menyarankan untuk mengaktifkan fitur High Dynamic Range (HDR). HDR menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. 

4. Fokus
Foto yang fokus lebih enak dilihat dan mudah menyampaikan pesan/kesan. Untuk mendapat foto fokus,  salah satunya adalah dengan menggunakan penyangga atau tripod. Kalau tidak ada tripod, posisikan kedua kaki seperti tripod. Ini sangat berguna saat kita akan memfoto dengan seting paronama. Dengan begitu, hasil foto tidak blur.
Fokus juga berlaku jika ingin menghasilkan foto bokeh. Caranya, lebih dulu tentukan fokus objek. Lalu, pastikan ada jarak yang cukup antara objek foto dan latar belakang ketika mengambil foto. Jarak akan membantu objek foto terisolasi dari latar belakang dan membuat hasil foto dengan efek bokeh. 

Shortlist
Diakhir penjelasannya,  mas Rio menyarankan untuk biasakan membuat daftar objek foto (shortlist) saat akan mengabadikan suatu acara. Daftar objek foto ini seperti konsep kecil. Kita merencanakan dari awal apa saja yang akan di foto, misalkan orangnya, bangunannya, suasananya, dan sebagainya. Shortlist ini meminimalkan kejadian "kehilangan moment".

Airplane mode
Suka kesal ngga sih saat asyik-asyiknya foto, tau-taunya handphone kita habis baterai?  Ngga mau kejadian seperti ini, sebaiknya seting handphone ke airplane mode untuk menghemat baterai.  Ini lebih efektif daripada kita mematikan hp kemudian menyalakannya lagi.

Nah,  berbekal ilmu dari mas Rio, mulainya saya menikmati suasana Asian Games 2018 ke Gelora Bung Karno.
Dan inilah moment-moment yang bisa saya capture saat itu....menggunakan kamera HP samsung J8.

Suasana Asian Games Fest




Setting Panorama, terlihat seluruh stadion



Peta Lokasi Gelora Bung Karno Untuk Asian Games 2018


Kelelahan para pejuang negara



Duduk bareng para Atlet Nasional Cabor Atletik, selfie dulu...


* Foto-foto diambil menggunakan kamera HP Samsung J8, diedit dengan menaikkan kontras.

32 comments:

  1. Suka banget sama foto eksterior stadion dan interior stadion, juga foto panoramanya. Cakep banget! Kayak foto pake Mirrorless.
    Canggih nih handphone-nya.

    ReplyDelete
  2. huhuhuhu aku ga jadi2 ke istora, padahal mupeng banget. liat foto asian games jadi nyesel huhuhu. keren ih fotonya mba

    ReplyDelete
  3. Trus hape samsungnya boleh dibawa pulang gak mbak? hehe kepoh.
    Wah seru nonton atletik. Foto2nya mayan bagus ya meski pencahayaannya gelap. Samsung emang ok sih kameranya.

    ReplyDelete
  4. Bagus bagus mba fotonya euforianya jadi terobati melalui foto2 ini buat yang nggak bisa datang langsung ya

    ReplyDelete
  5. Beruntung bgt ya mbak, bisa nonton perheltan asian games secara langsung. Btw, bulan closing ceremony typo ya mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih koreksinya, mas. Sudah saya betulkan.

      Delete
  6. Duh, seru juga yaa bisa menyaksikan pertandingan langsung. Ulasan nya bagus memberikan pemahaman mengenai teknik pengambilan gambar, bagi yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini dapat pula membaca secara detail laporan blogger ini.

    ReplyDelete
  7. Asyik dapet tips dan trik fotografi.. Siap untuk dipraktekkan..
    Foto-foto di atas hasil jepretan samsung J8, Mbak? Wah, keren ya.. Hasilnya kayak kamera pro..

    ReplyDelete
  8. Wuih keren nih hasil jepretannya. Dengan kamera bagus dan trik yang pas, jadi hasil jepretan yang keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mba... Kyk seting HDR ini aku juga baru tau, dan hasilnya emang beda yg non hdr.

      Delete
  9. Penggunaan HDR ketika berfoto memang oke banget, meski harus tahan napas ambil gambarnya

    ReplyDelete
  10. Duuhhh jadi pengen punya Samsung J series euy... Hasil fotonya badai loh...

    ReplyDelete
  11. Ahhhh seneng banget ya bisa nonton langsung,,aku waktu nonton langsung merinding terus soale euforia penonton ngena banget. Btw aku naksir sama Samsung J6 yang kemarin hasil fotonya bening banget .

    ReplyDelete
  12. Wuih kece banget ya hasil foto-fotonya, si smasung J series bikin mupeng ah

    ReplyDelete
  13. Ngga diraguin lagi deh ka kalo samsung j series ini, banyak teman-temanku juga pakai samsung j series ini, hasilnya bikin mau beli hehe.. keceh deh pokoknya

    ReplyDelete
  14. Kalau untuk low light kayaknya belum maksimal ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tp kyknya semua hp kl malam hari agak syusyeh ya 😁

      Delete
  15. Aku yang ngga kesana jadi merasakan euforia dari foto - fotonya <3 kereen

    ReplyDelete
  16. Kamera HP sekarang emang udah keren. En fotonya Mawi juga okeeh. Anglenya bercerita pulak. En iyes, aku juga paling sering edit foto dengan menaikkan kontras. Hasil fotonya suka manglingi 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jagonya fotogafi komen,senang banget akuh... Makasih,mba Ratna

      Delete
  17. Waah makasih Mba Dwina sudah berbagi tips fotonya. Pantasan hasil fotonya di tulisan ini jadi keren-keren bangat karena dukungan kamera HP Samsung ya Mba. Ntaps!

    ReplyDelete
  18. Bangga banget dan bersyukur bisa jadi bagian dari sejarah penyelenggaraan Asian Games 2018 di negara sendiri.
    Keren INDONESIA 👍

    ReplyDelete
  19. Kalau ngomongin hape yang satu ini emang gak pernah nyesel. Hasil jepretan kameranya bagus2 dan bening mbak. Apalagi kalau tahu teknik pengambilan gambar yang pas, bakal lebih cantik hasil fotonya 😀

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah, Indonesia meraih dua kali lipat dari target ya Mba. Dan menjadi sejarah baru bagi Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Seneng ya bisa menyaksikan langsung kemeriahan Asian Games kemarin. Alhamdulillah lagi, Indonesia bisa masuk peringkat 4 perolehan medali emas ya.

    ReplyDelete
  22. Aku juga kemarenan pake Samsung J Series poto2 di GBK. Hasilnya memuaskan!

    ReplyDelete
  23. Asik banget bs menyaksikan scr langsung ajang AG. Pengeeen...

    ReplyDelete