kamunaku.com: Silungkang, Koleksi Shafira Nan Elegan (30thShafiraJourney)

Silungkang, Koleksi Shafira Nan Elegan (30thShafiraJourney)

Sabtu, 25 Agustus 2018
Silungkang, Koleksi Shafira Nan Elegan. Nama brand SHAFIRA tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta muslim fashion, baik di Indonesia maupun dunia. Brand busana muslim ini didirikan hampir 30 tahun yang lalu oleh desainer Feny Mustafa. Harapan ibu Feny Mustafa membuat Shafira adalah agar para muslim tetap bangga berpakaian sebagai seorang muslim.
Shafira berfokus pada busana Muslim yang tidak hanya untuk wanita tapi juga untuk pria. Model pakaiannya bermacam-macam, ada kasual, semi formal dan formal dengan aksesoris dan ornamen unik dengan konsep "total look".
Label ini kemudian menjadi terkenal karena produk-produk nya yang high-end, eksklusif.

sumber foto *1

Tahun 2015 lalu, Shafira tampil di Newyork Fashion Week. Saat itulah, kalau boleh jujur, saya baru mengetahui label Shafira ini. Duh, kudet banget yak. 
Ya karena berita tentang desainer yang tampil di Newyork Fashion Week saat itu sangat besar dan memukau masyarakat pencinta fashion. Di Newyork Fashion Week tahun 2015, Shafira menampilkan kain Silungkang, kain tradisional songket dari Sawahlunto, Sumatera Barat. Visinya adalah menaikkan warisan budaya indonesia dalam sebuah merk busana muslim. 
Selain Newyork Fashion Week, tahun 2017 Shafira juga tampil di Sparkling Couture Dubai. Koleksi yang ditampilkan saat itu juga super menawan.
Di Indonesia sendiri, Shafira telah berpartisipasi dalam berbagai acara fashion bergengsi termasuk Indonesia Fashion Week dan Jakarta Fashion Week, dan telah ditampilkan dalam banyak publikasi terkemuka.

Nah,  menuju 30 tahun Shafira di tahun 2019 nanti, hari Kamis lalu, label ini mengadakan Blogger Gathering bertema "Journey to World Class Fashion". Acaranya menghadirkan Nadiah Fatimah (lupus Survivor) dan Yogie Bowie (snapgrapher).
Sebelumnya, dalam rangka #30thShafiraJourney, telah diadakan lomba desain logo yang kemudian nanti di puncak ulang tahunnya bulan Maret 2019 Shafira akan mengadakan Content Creator Gathering


Balik ke acara Journey to World Class Fashion yang diadakan kamis lalu, Shafira mengeluarkan 3 koleksinya sebagai bahan peraga Mix n Match kepada para blogger. Masing - masing bertema casual, Pesta, dan formal.
Saya berkesempatan memperagakan yang bertema pesta, yaitu koleksi Silungkang Series. Sedangkan 2 koleksi lainnya adalah koleksi Ngabaraga untuk tema casual, dan yang bertema formal saya lupa namanya.
Tapi di sini saya cerita mengenai dress yang saya pakai saja ya. 

sumber foto *2

Dress Silungkang yang saya kenakan terdiri dari 3 bagian, yaitu celana, inner, dan outer panjang. 
Bahan celana menggunakan bahan satin dengan cutting yang bikin pemakainya terlihat tinggi, serta nyaman banget dipakai.
Untuk inner menggunakan bahan serupa, cutting baby doll dengan detail rimpel.
Dan pada outernya mengunakan tenun silungkang, yang  pada bagian leher dan dada diberi crystal swarosky. Dipadu kain tulle halus yang panjang menjuntai.
Koleksi ini terbilang simpel namun mewah. Cocok untuk pesta dan acara malam hari.

sumber foto *2

sumber foto *2
senyum bahagia pakai koleksi Silungkang. sumber foto *2

sumber foto *3

Untuk produknya -Mba Shelly perwakilan Shafira menjelaskan- bahwa Shafira lebih sering memilih warna-warna elegan seperti, hitam, putih,  abu, dan krem. Bahan yang dipakainya pun merupakan bahan -bahan pilihan, bahan premium. Menggunakan kain - kain asli khas Indonesia atau bahan  asli lainnya, seperti bahan - bahan yang dibeli langsung dari Turki atau China. Untuk pilihan ornamennya seperti crystal swarosky ini juga didatangkan langsung dari Austria. Kerjasama antara Shafira dan Swarosky juga sudah berlangsung lama sejak tahun 2013.
Selain menggunakan bahan premium, setiap produk Shafira mengalami handmade proses. Untuk produk hijab misalnya, bisa diberi aksen inisial nama pembeli menggunakan swarosky.
Itulah tadi di atas saya katakan kalau koleksi Shafira merupakan koleksi eksklusif.  

sumber foto *1 

sumber foto *1

Terlihat detail ya, crystal swarosky dari pakaian yang saya kenakan. Mewah. 
Kalau begini, harapan ibu Feny Mustafa untuk menjadikan muslim bangga akan pakaiannya sebagai seorang muslim, benar - benar terwujud. 
Selain terbuat dari bahan pilihan, koleksi Shafira juga dibuat terbatas. Semua limited edition. Karena untuk tiap desain, Shafira hanya mengeluarkan 200 pcs untuk disebarkan ke 20 toko di seluruh Indonesia. Jadi 1 toko hanya tersedia 10 pcs untuk setiap desain.

I'm so happy bisa mengenakan salah satu koleksi Silungkang. Thankyou Shafira and komunitas ISB for having me.
Selamat merayakan #30thShafiraJourney !






Sumber foto :
1. www.karendis.com
2. www.youngesteight.com
3. www.almazia.co



18 komentar:

  1. suka banget, potongannya terlihat mewah walau minimalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simpel tapi mewahnya kliatan ya.

      Hapus
  2. Cantik banget 😍 blink-blinknya nggak lebay, jadi terlihat mewah classy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar, mba... Blink-blink nya ngga too much ya. Elegan.

      Hapus
  3. Dub bagus banget, tampak elegant, produk shafira memang oke banget, pernah sekali beli merek shafira hehehe untuk kondangan

    BalasHapus
  4. Sudah tiga puluh tahun? Wah, saya pun kudet lho nggak tahu. Mungkin karena pangsa pasarnya untuk menengah ke atas ya? Kelihatan dari model bajunya yang elegan.

    BalasHapus
  5. Duh mom yang satu ini emang udah cantik tambah cantik kalau sudah dandan dan pakai produk berkualitas...

    Keren!

    BalasHapus
  6. Bagus desainnya, jd eksklusif gtu ya mbak krn gak diproduksi secara massal, cuma 10 pcs aja per toko :D

    BalasHapus
  7. Emang beneran gak main-main ya Shafira di dunia fashion. Namanya sudah melanglang ke berbagai negara. Duh bangganyaaa...

    BalasHapus
  8. Dari zaman gadis sudah kenal produk ini tapi baru beberapa kali ke tokonya dan baru sesekali belanja wkwkwk bukan apa2 produknya memang keren elegan tapi harganya memang utk kelas atas yak hihi..

    BalasHapus
  9. Bagaimana rasanya pakai baju mihil mbaaa? Emang harga ga bisa boong ya ;)

    BalasHapus
  10. Wuiiih keren nih Shafira punya desain yang sangat mewah dan terlihat sangat elegant Mba.

    BalasHapus
  11. Koleksi bajunya mewah banget dan terlihat elegan jika digunakan. Sungguh membuat tampilan jadi prestise. Pasti banyak wanita yang suka menggunakannya

    BalasHapus
  12. cakep ya, rasanya deg-deg-an pasti pakai baju ini tuh

    BalasHapus
  13. Shafira mah produknya memang keren keren euy... saya juga suka produk ini sebab bisa menambah rasa kepedean jika memakainya hehee... suka tampil modis nan elegant

    BalasHapus
  14. selalu suka deh kalau baha2s fashion, safira muslim udah aq kenal lama banget, dari jaman nganterin ummi belanja baju lebaran selalu di shafira, keren produknya dan memang berkualitas

    BalasHapus