kamunaku.com: Persembahan Holcim Untuk Asian Games 2018

Persembahan Holcim Untuk Asian Games 2018

Selasa, 14 Agustus 2018

Persembahan Holcin Untuk Asian Games 2018. Perhelatan pesta olahraga Asian Games tinggal hitungan hari. Pemerintah terus mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung agar dapat menggelar pesta olahraga terbesar di Asia ini dengan lancar.

Perhatian khusus tentu saja pada komplek Gelora Bung Karno, tempat kompetisi olahraga akan berlangsung. Tetapi selain itu, pemerintah juga menaruh perhatian khusus kepada penataan infrastruktur, seperti ruas jalur pejalan kaki serta jalur moda transportasi darat (transjakarta).
Karena pada penyelenggaraan Asian Games 2018 yang berlangsung 18 Agustus sampai 2 September mendatang, dipastikan Jakarta akan kedatangan puluhan ribu tamu yang tidak hanya para atlet dan pelatihnya, melainkan juga official dan para pendukung lainnya.
Selain itu juga, setelah Asian Games 2018 selesai, akan digelar Asian Paragames, yaitu pesta olahraga untuk kaum disabilitas pada 8-16 Oktober 2018.

Demi mendukung lancar dan suksesnya acara tersebut,  Dinas Bina Marga DKI Jakarta salah satunya berkolaborasi dengan Holcim melakukan inovasi dalam pembenahan infrastruktur yang meliputi jalur pejalan kaki di Jalan Sisingamangaraja, patung Pemuda, Jalan gerbang Pemuda mulai dari depan gedung TVRI hingga Jalan Palmerah serta jalur Transjakarta Sisingamangaraja MH Thamrin.

Solusi inovasi yang dilakukan Holcim yaitu memperbaiki jalan dengan metode Ultra Fast Track menggunakan speedcrete serta merevitalisasi jalur pejalan kaki dan membentuk nilai seni dengan konsep fungsi dari suatu kawasan menggunakan decocrete dan thrucrete. 
Merasa asing ya dengan istilah-istilah tersebut? Nanti saya artikan. 

area kuning untuk tanda bagi tuna netra. Warna yang memungkinkan bisa dilihat oleh tuna netra adalah warna kuning

Saat kita berjalan kaki di jalur pedestrian pernah memperhatikan jalan yang kita pijak? Apakah datarnya rata/sama, kerasnya cukup, ataukah bahkan motif jalannya? 
Alih alih memperhatikan kondisi jalan, malah kita kadang tidak merasa lewat di jalan tersebut saking terburu-burunya.

Tetapi bagi Holcim Indonesia, pedestrian menjadi prioritas utama untuk menjadi tempat yang aman, nyaman dan ramah penyandang disabilitas. Merevitalisasi jalur pejalan kaki adalah salah satu bentuk komitmen Holcim untuk membangun masa depan lebih baik lagi. Inovasi yang diberikan merupakan solusi bernilai tambah yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dalam jangka panjang.
Bagi Holcim, jalur pejalan kaki (pedestrian) merupakan area utama yang harus dikontrol penataannya. Pengontrolan yang dilakukan Holcim di mulai dari mutu sdm, sda, dan material - material yang digunakan. 
Holcim memikirkan bagaimana dalam Asian Games nanti bisa membuat waktu perjalanan sesingkat mungkin untuk para atlet ke tempat acara berlangsung. 

Keterlibatan Holcim Indonesia dalam proyek renovasi infrastruktur pendukung seperti jalur pedestrian dan jalur Transjakarta yang ada di Jakarta untuk menyambut Asian Games 2018 merupakan bentuk kerjasama yang telah terjalin antara Holcim dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2014



Kamis lalu, saya bersama teman teman media dan blogger diajak menelusuri pedestarian di sepanjang taman Mataram sampai dengan masjid Al azhar. Hari itu  kami  menyaksikan dan menikmati hasil kerja Holcim. Saya yang sebelumnya tidak pernah perhatian dengan jalan yang saya injak, malah jadi mengerti bahan material penguat pedestrian itu.


Material yang diaplikasikan, yaitu: 
* ThruCrete adalah solusi beton berpori yang memudahkan penyerapan air tanah secara lebih baik. Produk ini merupakan konstruksi perkerasan beton yang kuat juga tahan lama, serta mempunyai kemampuan menyerap air hujan untuk dikembalikan ke dasar tanah dan permukaan perkerasan tidak ada genangan air

*SpeedCrete merupakan solusi perbaikan jalan dalam waktu 7 jam di malam hari sehingga esok paginya sudah dapat digunakan kembali.

*DekoCrete merupakan produk beton yang dapat memberikan keindahan sesuai dengan kebutuhannya. Biasa digunakan untuk dekorasi.
Produk ini merupakan produk milik Holcim Indonesia. Produk (ThruCrete dan DekoCrete) dapat digunakan pada area pedestrian serta tempat parkir untuk kendaraan pribadi di tempat terbuka. Selain itu, produk ini juga telah diaplikasikan di beberapa ruas pejalan kaki yang ada di di Jakarta seperti di Mahakam, Barito, Sawah Besar, Istiqlal, Palmerah, Jl Gerbang Pemuda depan gedung TVRI.

jalur transjakarta 

Sebelum merevitalisasi kawasan pejalan kaki dan jalur transjakarta, Holcim juga turut serta merevatilisasi kawasan Gelora Bung Karno. Pengaplikasian Beton berpori (Thrucrete) yang dapat meresap air langsung ke dalam tanah sehingga tidak menimbulkan genangan pada permukaan dan produk Dekocrete yang digunakan sebagai dekorasi yang dapat memberikan keindahan sesuai dengan kebutuhan.

area yang saya pijak menggunakan dekocrete, motifnya menyerupai batu kali 
Asian Games 2018 sudah di depan mata. Ada perasaan haru dan bangga, bahwa kita bisa menjadi bagian dalam mensukseskan Asian Games, yaitu dengan cara ikut menjaga infrastruktur yang sudah dibuat bagus ini.

18 komentar:

  1. Iyaa ikut bangga kalau kita bisa memberikan fasilitas yang baik utk Asian Games. Hasil revitalisasinya kece :D

    BalasHapus
  2. Makin kece aja jakarta, terutama jalur pedestriannya, berjalan kaki diatas trotoar kek bikinan holcim pasti makin nyaman. Materialnya ramah lingkungan lagi...kecelah pokoknya. :)

    BalasHapus
  3. WAh Jakarta dirombak abis - abis an ya buat Sea games ini, alhamdulillah makin indah dong semoga selamanya begitu yaaa.

    BalasHapus
  4. Bravo untuk penentu kebijakan yang telah mensupport kegiatan Asian Games dari awal dengan memperbaiki fasilitas yang akan digunakan oleh para atlit juga para supporter alias para penonton.

    BalasHapus
  5. Selalu suka dengan banyak pihak yang mendukung event 4 tahunan yang luar biasa ini.

    BalasHapus
  6. Seneng denger kabar banyak perusahaan-perusahaan besar yang peduli dengan Asian Games 2018, termasuk Holcim.. Semoga menginspirasi perusahaan-perusahaan lainnya.. Oh ya, maaf.. baris paling atas ada yang typo, Mbak..

    BalasHapus
  7. Pakai holcim ya ternyata, pantes Pedestrian Jakarta tambah cool alias kece.. InshaAllah pelaksanaan Asian Games akan sukses karena semua masyarakat, pemerintah maupun dunia usaha sudah turut berpartisipasi

    BalasHapus
  8. tiap orang bisa mendukung Asian Games 2018 dengan caranya, dengan dukungan Holcim jalanan selama Asian Games menjadi mulus

    BalasHapus
  9. Sering banget lewatin Taman Mataram itu. Tapi belum pernah jalan kaki. Jadi pengen abis baca artikel ini

    BalasHapus
  10. Wah keren yaaa.. sampai ada jalur buat tuna netra juga. Saya termasuk yang memperhatikan jalan di jalur pedestrian. Dan saya suka dengan kerja keras holcim yg bekerjasama dengan pemerintah. Semoga bukan saat ada asian games aja yaa..

    BalasHapus
  11. Wah seru jalan2 ke taman dan liat fasilitas lainnya.Berkat Asian Games jg nih banyak fasilitas diperbaiki jd lbh oke lagi.
    Paling suka kalau ada pihak swasta yg kasi dukungan kyk gini. Sukses terus Holcim👍

    BalasHapus
  12. asian games event kebanggan Indonesia, so wajib semua stakeholders, termasuk bisnis untuk saling dukung!

    BalasHapus
  13. ASIAN GAMES harus didukung penuh dari masyarakat maupun swasta. HOlcim termasuk yang perduli dan kita harus dukung juga. aku juga ngga sabar nungguinya

    BalasHapus
  14. Bagus banget euy foto yang dari atas. Dengan kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dan Holcim ini semoga infrastuktur jalanan di Jakarta semakin baik, ya Mba.

    BalasHapus
  15. Semoga bukan hanya karena asean games ya, banyak jalanan yang ramah disabilitas. Semoga juga kita pengguna fasilitas publik bisa ngejaga dengan baik.

    BalasHapus
  16. Terima kasih holcim udah dukung Asiang Games. Mogamakin banyak bisa berkontribusi yaaa buat indonesia

    BalasHapus
  17. Saya baru tahu kalau jalur kuning ternyata jalur khusus yg diberikan untuk penyandang disabilitas. Terima kasih Holcim.

    BalasHapus
  18. terharu juga kalau ada yg bisa memberikan kemajuan untuk disabilitas di tempat umum, bangga ke holcim, mantap

    BalasHapus