kamunaku.com: Menikmati Kuliner Nusantara : Festival Kuliner Serpong 2014

Menikmati Kuliner Nusantara : Festival Kuliner Serpong 2014

Wednesday, August 27, 2014
Festival Kuliner Serpong. Sabtu, tanggal 23 Agustus, akhirnya aku berhasil merayu anak-anak ikut denganku ke acara blogger. Acara hari itu adalah One day tour ke Festival Kuliner Serpong. Karena ini berada di Summarecon Mal Serpong, anak-anak bisa bermain di area mal dikawal sang ayah selama aku bersama dengan teman-teman blogger.

Jauhnya jarak Bogor ke Serpong dan kondisi lalu lintas Jakarta yang macet, membuat aku telat sampai di Summarecon Mal Serpong (meeting point), tempat teman-teman blogger berkumpul. Alhasil, aku ketinggalan bus yang mengantar rombongan blogger ber-one day tour. Ternyata aku tidak sendiri, ada beberapa blogger yang juga senasib denganku. Kamipun menunggu kembalinya rombongan sambil menikmati area The downtown walk Summarecon Mal Serpong. Sedangkan anak-anakku sudah langsung melanglangbuana bersama ayahnya ke dalam area Festival Kuliner Serpong.

Festival Kuliner Serpong
Pertengahan bulan Agustus, tepatnya 15 Agustus sampai dengan 7 September 2014, Summarecon mal Serpong mengadakan Festival Kuliner Serpong. Mendengar nama Summarecon, buatku sudah tak meragukan lagi event-event yang diadakannya. Sudah pasti bertema unik. Sebut saja Pasar Senggol yang diadakan di Summarecon Mal Bekasi dan Kuliner Kampoeng Tempoe Doeloe di Kelapa Gading. 
Sedangkan untuk Festival Kuliner Serpong ini merupakan event festival kuliner  yang rutin diadakan setiap tahun. Dan kali ini bertemakan "Sulawesi Nyamanna'...Pe Sadap". Dengan tema ini seolah menyapa para pecinta kuliner nusantara dengan menampilkan ragam budaya kuliner dari kota Makassar, Manado, dan Gorontalo.
Perahu Pinisi menjadi settingan Panggung di Festival Kuliner Serpong
Bermaksud mengulang kesuksesan acara kuliner nusantara sebelumnya, festival kuliner serpong tetap mengadaptasi suasana pesta rakyat di pasar malam yang sekarang sudah jarang kita jumpai. Melalui Festival Kuliner Serpong ini juga diharapkan mampu mengangkat dan melestarikan kembali kuliner-kuliner khas Indonesia yang mempunyai cita rasa masing-masing. Menghilangkan rasa kangen kita akan masakan khas daerah masing-masing. Bahkan untuk menjaga rasa yang otentik, beberapa pedagang makanan diboyong langsung dari tempat asalnya. Waaah...
Sempatkan dulu dong berfoto di booth IG Kuliner Serpong ini
Sendok Garpu ini menyala pada malam hari. Menandakan The Downtown walk sebagai area makan di SMS
Di Festival Kuliner Serpong ini ada lebih dari 67 stand makanan dan 27 gerobak yang menyajikan makanan khas Indonesia. Pengunjung bisa memilih menu daerah mana saja yang disukai. Terbukti sesekali aku mencari anak-anak dan suamiku yang sengaja memisahkan diri denganku, ternyata mereka sedang asyik menikmati es pisang ijo, es durian, sop konro, dan mie goreng jawa barat. Hhhmmm...
Sedangkan aku tak mau kalah. Sesuai dengan tema "Sulawesi Nyamanna'...Pe Sadap", masakan  khas sulawesi jelas menjadi incaranku. Coto makassar, mie cakalang rebus, dan ikan tude bakar harus ku coba.Tak lupa jajanan khas sulawesi, seperti balapis, biapong, apo coe, dan lumpia sulawesi, dibungkus untuk camilan perjalanan pulang. (baca: Pilihan Kuliner di Festival Kuliner Serpong)

Masakan khas Sulawesi paling diminati pengunjung Festival Kuliner Serpong
Makanan khas daerah lain juga hadir di Festival Kuliner Serpong
Jajanan khas Sulawesi yang menjadi incaranku
Benar-benar makan sampai puas! Sambil menikmati masakan khas daerah pilihan, kita juga dihibur oleh suara kolintang dan instrumen Makassar. Mengajak anak-anakpun tak perlu khawatir mereka bosan. Ada area bermain buat mereka. Bahkan mereka bisa bebas bermain pasir putih layaknya dipinggir pantai.
Pengunjung bisa memilih tempat duduk yang nyaman bersama keluarga
Jadi kepengin ke Festival Kuliner Serpong di Summarecon Mal Serpong juga? Masih ada waktu kok. Mulai tanggal15 Agustus - 7 September 2014, buka setiap hari, Senin - Kamis pukul 16.00 s.d 22.00 WIB, Jumat pukul 14.00 s.d 23.00 WIB, dan Sabtu - Minggu pukul 11.00 s.d 23.00 WIB bertempat di area Parkir Selatan Summarecon Mal Serpong.
Selain itu ada juga acara lain yang bisa dinikmati sambil berkuliner. Seperti Gading Night Carnival, Spectacular Fireworks, Artist Performances (Kamasean "Idol" dan Ermy Kulit), School Performances, dan Daily Performances (Sulawesi tradisional music).
Aku beruntung bisa menyaksikan Gading Night Carnival dan Spectacular Fireworks malam itu. Anak-anak suka sekali dengan kembang apinya.

Salah satu pertunjukan mewah Gading Night Carnival
video amatir Pesta Kembang Api yang sempat ku abadikan

Summarecon Digital Center
Jauh-jauh dari Bogor, rugi rasanya tidak menjelajahi Summarecon Serpong ini. Aku yang siang harinya ketinggalan rombongan blogger menjelajah Summarecon Digital Center (SDC), menyempatkan diri menyinggahi pusat IT & gadget pertama di Gading Serpong itu. SDC merupakan pusat niaga digital yang menyediakan segala kebutuhan teknologi informatika seperti beragam peralatan komputer, gadget, dan juga teknologi mobile lainnya.
Summarecon Digital Center ini resmi dibuka tgl 30 Juni 2014. Berlokasi di Science Garden, kawasan terpadu "Smart and Green Environment" di Summarecon Serpong. 
SDC ini sangat mudah diakses, karena berada di lokasi yang strategis di tengah kawasan Summarecon Serpong. Apalagi dari Summarecon Mal Serpong ada bus khusus yang akan mengantar pengunjung ke tempat ini.
Tadinya aku dan suami berniat membeli hp buat si sulung di sini. Tetapi karena kami sudah agak malam mengunjungi SDC, belum semua counter kami jelajah, sudah ada pemberitahuan toko akan tutup. Alhasil, anak-anak hanya sempat berbelanja camilan di The Market.
Mejeng di SDC sambil nunggu anak sulung milih-milih gadget
Akhirnya, setelah puas berkuliner di Festival Kuliner Serpong dan jalan-jalan ke Summarecon Digital Center aku dan keluarga pulang ke Bogor. Melelahkan tapi senang. Apalagi anak-anak. Tapi kami belum puas. (hehehe...)
Aku masih belum puas menjelajahi aneka makanan khas tiap daerah di Indonesia. Andaikan jarak Bogor-Serpong hanya sejengkal, ingin rasanya kembali lagi esok harinya. Tetapi menghabiskan waktu bersama keluarga di Summarecon Mal Serpong hari itu sungguh menyenangkan.
Lokasi paling anak2 suka -kolam ikan- Susah diajak pulang kalau sudah ke Summarecon Mal Serpong
dokPri
Nah, buat teman-teman pecinta kuliner atau yang sedang mencari tempat hiburan baru, Festival Kuliner Serpong di Summarecon Mal Serpong adalah pilihan tepat untuk dikunjungi. Dan intip terus websitenya di www.malserpong.com untuk mendapatkan info event-event menarik di mal ini.
































22 comments:

  1. wah senangnya bisa makan berbagai macam makanan di kuliner serpong.. good luck ya mak Dwina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kenyaang sangat, mak. Makasih ya...:*

      Delete
  2. Wow.. tulisannya keren smoga menang ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orangnya juga keren kan, Yul...:p *dikeplak

      Delete
  3. kalau menang bagi bagi ya hadiahnya wwkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun kan kuberikan untuk, mak....Jiwa dan ragaku. *haish :D

      Delete
  4. Termasuk gw ya.. dibagi kan udah kasih komen disini sama doain juga... wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih talam juga doong....*songong Xixixi....

      Delete
  5. negara kita kaya akan makanan khas ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, mba. Makanya kl ada acara kulineran nusantara sprt ini, sempet2in deh dateng :)

      Delete
  6. Wiiih bikin ngiler banyak aneka kuliner yang sangat memanjakan lidah, semoga sukses ya mak

    ReplyDelete
  7. Wah, senangnya yg tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ya, Mak... bisa ikutan acara-acara keren bin seru kayak ini. Membaca postingan ini aja, serasa ikutan kuliner tour bersamamu, Mak. TFS! Ah iya, semoga menang yaaaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaciih, Mak Al....Bandung juga ga kalah serunya kan...:)

      Delete
  8. enakan lumpia sulawesi sama bubur sulawesinya mbak.. #teteup hahahha
    gutlak mbak :D

    ReplyDelete
  9. kunjungan perdana ni bu, salam kenal ya

    ReplyDelete
  10. wah pameran kulinenrya menarik bu :) cocok deh bikin cerita di ceritaperut.. http://bit.ly/1qXwAU3 

    ReplyDelete