kamunaku.com: Imunitas Tubuh Yang Baik Anti Virus Alami

Imunitas Tubuh Yang Baik Anti Virus Alami

Wednesday, August 19, 2020


Masa pandemi belumlah usai. Meskipun kita sudah memasuki era new normal bukan berarti kita bisa bebas beraktivitas seperti dulu. Ada hal-hal yang tidak boleh kita abaikan, salah satunya protokol kesehatan yang berlaku demi kesehatan bersama.

Dimulainya New Normal sejak bulan Juni lalu telah membuat aktivitas perkantoran pun kembali berjalan. Orang kantoran sudah mulai masuk kerja lagi meski belum masuk full. Pedagang mulai membuka kembali toko/warung mereka. Jalan raya pun kembali ramai dengan kendaraan bermotor. Hanya anak-anak sekolah saja yang belum dibolehkan hadir ke sekolah mereka.

Bertemu banyak orang dan berada di tengah keramaian tentu masih menimbulkan perasaan khawatir dan cemas mengingat pandemi virus belum berakhir. Tetapi bertahan terus di rumah saja hampir 6 bulan ini, siapa yang tahan?
Aku sendiri sebenarnya termasuk orang yang masih bertahan. Aku masih belum berani datang ke tempat atau acara yang memungkinkan banyak bertemu orang. Walau kadang untuk menghilangkan rasa jenuh,  setiap minggu aku beranikan diri berolahraga keluar komplek perumahan. Selebihnya masih khawatir bepergian ke tempat keramaian.
Nah, bagi yang sudah harus beraktivitas keluar rumah apa yang wajib dilakukan?

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Menurutku memiliki imunitas tubuh yang bagus adalah modal utama jika ingin beraktivitas luar di masa pandemi ini. Imunitas tubuh yang bagus bisa dianggap sebagai anti virus paling alami. Agar imunitas tubuh bekerja dengan baik kita harus menerapkan pola hidup sehat, antara lain :

1. Mengkonsumsi makanan sehat.
Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur bisa membantu menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Fakta membuktikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur cenderung tidak mudah sakit. Ini karena buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyakit.


 2. Rutin berolahraga.
Berolahraga secara rutin bisa memberi pengaruh positif bagi imun tubuh. Bahkan olahraga yang intens dilakukan setiap hari dipercaya dapat mengurangi risiko tubuh terserang flu. Ketika berolahraga, sel darah putih bersirkulasi lebih cepat, sehingga mampu mendeteksi serangan virus, bakteri, dan keberadaan penyakit lain lebih awal dari biasanya. Tetapi pilih jenis olahraga yang tepat agar tak membahayakan diri sendiri. Pertimbangkanlah faktor usia, berat badan, dan kebugaran tubuh. 

3. Istirahat cukup.
Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan berfungsi secara optimal. Saat beristirahat tidur tubuh menjadi rileks, sehingga membantu tubuh yang lelah sepanjang hari untuk segar kembali.

4. Kelola stres
Akibat dari wabah virus corona saat ini memang sangat mempengaruhi pikiran. Hide, blokir, berita yang menakutkan bila itu malah melemahkan diri. Pilih lingkungan yang memperkuat sistem perawatan diri. Karena semakin kuat sistem perawatan diri kita semakin mampu kita mengatasi stres.

Suplemen dan vitamin anti virus
Sebelum corona datang, mengkonsumi suplemen dan vitamin anti virus buatku hanyalah sebagai tambahan saja. Tetapi di masa new normal ini, suplemen anti virus ini seperti wajib. 
Pengertian suplemen dan vitamin anti virus ini bagiku adalah suplemen yang mengandung vitamin C tinggi. Ini didapatkan harus dengan resep dokter.


Awalnya aku bingung suplemen atau vitamin anti virus apa yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lalu browsinglah aku dan menemukan artikel kesehatan Halodoc. Artikel kesehatan Halodoc cukup membantu. Informasi mengenai penyakit, gejala, penyebab dan pengobatan dari A-Z tersedia di sana. Sampai akhirnya aku memilih konsultasi dengan dokter terpercaya. Dari konsultasi, diagnosa gejala, sampai membeli resep vitamin anti virus dilakukan melalui aplikasi ini. Cukup membantu buat aku yang masih takut ke rumah sakit di masa pandemi.

Mematuhi Protokol Kesehatan
Selain memiliki imunitas tubuh yang baik, mematuhi protokol kesehatan juga merupakan cara perlindungan diri dari serangan virus di masa pandemi. Mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial masih menjadi syarat mutlak bila beraktivitas keluar saat ini. Hal ini membutuhkan kesadaran yang tinggi. 

Nah itulah menurutku anti virus alami adalah meningkatkan imunitas tubuh di era new normal ini. Bukan yang secara sengaja memaparkan diri dengan virus nya berharap kekebalan akan meningkat tanpa peduli kesehatan diri.


















1 comment:

  1. Buah, sayur dan olahraga memang nggak bisa dipisahkan dari pola hidup sehat ya.

    Terima kasih infonya kak. Salam kenal :)

    ReplyDelete