kamunaku.com: Siliwangi Bolu Kukus, Oleh-oleh Khas Pasundan

Siliwangi Bolu Kukus, Oleh-oleh Khas Pasundan

Monday, October 28, 2019

Membawa oleh-oleh untuk keluarga tercinta atau kerabat dekat merupakan budaya yang sangat kental bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Apalagi bila tempat bepergiannya terbilang jauh semisal dari luar negeri, akan terasa kurang lengkap pulang lenggang kangkung tanpa membawa apa yang namanya oleh-oleh ini.
Jangankan pergi jauh ke luar negeri, setiap bepergian dekat atau ke luar kota saja, anak-anak di rumah suka kalau aku bawakan mereka oleh-oleh. Biasanya aku bawakan makanan khas tempat yang dikunjungi. Tambah lagi kalau perginya menggunakan transportasi kereta atau pesawat, mereka kadang request minta dibawakan oleh-oleh makanan yang hanya ada di stasiun atau bandara. Ya memang begitulah, wisata selalu identik dengan makanan khas/kuliner nya.

Itu kalau keluarga di rumah yang minta dibawakan oleh-oleh. Tapi oleh-oleh Bogor apa yang akan saya bawa saat mengunjungi teman yang tinggal di luar Bogor? Atau oleh-oleh apa yang akan saya rekomendasikan bagi teman-teman yang berkunjung ke Bogor? Tentu saya tidak ingin asal sebut, karena pasti mereka menginginkan oleh-oleh yang enak dan berkualitas. Apalagi cicip-mencicipi makanan khas suatu daerah tidak lagi hanya sekadar memenuhi kebutuhan perut, tetapi sudah semakin meluas pada seni dan kebanggaan saat bertandang ke tempat tersebut.
Antrian di store Siliwangi Bolu Kukus
Baru baru ini muncul oleh-oleh khas Bogor yang kekinian, namanya adalah Siliwangi Bolu Kukus. Siliwangi Bolu Kukus sebenarnya ini adalah oleh oleh Bumi Pasundan. Dimana di Pasundan memiliki banyak makanan khas. Ada ubi cilembu, strowberry Ciwidey, talas bogor, dan masih banyak lainnya. Sama halnya dengan Jogja yang terkenal dengan gudeg, Bali dengan Pie susu, Bumi Pasundan juga memiliki banyak makanan khas yang dikenal masyarakat.

Memasuki store Siliwangi Bolu Kukus yang baru buka di stasiun Bogor, saya menemukan 8 variant bolu kukus, ada rasa Susu Lembang, Stroberi Ciwidey, Kopi Bogor, Ubi Cilembu, Ketan Kelapa, Alpukat Mentega, Brownies Coklat, dan Talas Bogor. Banyak juga ya. Menurut pramuniaganya, tiap-tiap varian rasa memberikan sensasi yang luar biasa bagi para pecintanya.





Oke, daripada bingung aku pun mencoba semua 8 varian rasa. Masing-masing tersedia dalam ukuran kotak. 1 kotak seharga 25 ribu. Tetapi karena saat itu baru launching store, ada promo buy 1 get 1 bagi pengunjung. Rezeki banget ya, bisa dapat 8 kotak hanya membayar 100 ribu.
Yang paling menarik dari semua rasa adalah rasa alpukat mentega, dan kopi bogor. Belum pernah  kutemui bolu rasa ini.

Dan setelah aku mencicipi Siliwangi Boku Kukus berbagai variant ini, ku harus akui :
• Tekstur dan rasa bolu ini lembut.
• Rasanya pun enak dan kreatif. Belum pernah dimanapun aku temui dan cicipi bolu rasa alpukat mentega dan kopi bogor. Untuk yang rasa alpukat saja langsung habis disantap keluarga di rumah. Sedangkan yang rasa Kopi Bogor, aroma kopinya begitu kuat, dan saat dimakan rasa kopinya begitu terasa di lidah.
• Kemasannya rapi dan informatif. Dikemas dalam kotak ukuran sedang, dan tercantum keterangan masa berlaku bolu.
• Harganya murah. Dengan rasa yang enak lembut dan kemasan yang bagus, harga 25 ribu perkotak bisa dibilang murah.

SBK telah bersertifikasi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan bersertifikat Halal. Menurut pramuniaga store SBK, Bolu di Siliwangi Bolu Kukus selalu dibuat setiap hari, dengan daya tahan selama 4 hari.

Jadi menurut saya, Siliwangi Bolu Kukus sangat rekomen untuk dijadikan oleh-oleh, ataupun dijadika teman minum teh/kopi.  Ngga cuma itu, untuk acara arisan, pengajian, atau menjenguk kerabat sakit, Siliwangi Bolu Kukus bisa juga dijadikan hantaran.

Bagi yang ingin merasakan Siliwangi Bolu Kukus bisa datang langsung ke store nya yang ada di stasiun bogor. Atau hubungi kontak di media sosialnya :
Instagram : @siliwangibolukukus

Mau pergi kemana? Jangan lupa Oleh-oleh Siliwangi Bolu Kukus ya...

1 comment:

  1. Makin banyak opsi oleh-oleh Kota Bogor. Tinggal konsumennya bingung mau pilih yang mana ��

    ReplyDelete