kamunaku.com: Lebih Akrab Dengan Tamu Bulanan

Lebih Akrab Dengan Tamu Bulanan

Monday, May 6, 2019
Lebih akrab dengan tamu bulanan.
Kebanyakan dari kita, apalagi yang sudah menjadi ibu, pasti sudah mengalaminya lebih dari 10 tahun. Tapi apakah kita sudah betul-betul memahami menstruasi? Ternyata untuk hal satu ini saya masih mau banyak mencari informasi. Terlebih buat anak gadis saya. Karena saya ingin menjadi orang pertama tempat ia bertanya mengenai menstruasi.


Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami perempuan. Alhamdulillah  pengetahuan ini sudah saya berikan pada anak sejak sebelum ia menstruasi untuk pertama kalinya. Akan tetapi masih banyak hal yang tetap saja musti saya ingatkan.

Pertanyaan yang sering muncul seputar menstruasi.
1. Haid normal berapa hari?
Lamanya waktu haid antara satu perempuan dengan perempuan lainnya tidak sama. Hal ini tergantung dari volume darah yang keluar saat haid. Semakin banyak darah yang keluar saat menstruasi, maka biasanya haid akan berlangsung lebih lama.Tetapi rata rata satu masa haid berlangsung antara 3 sampai 7 hari.

2. Mengapa siklus haid berbeda-beda?
Yang dimaksud dengan siklus menstruasi adalah rentang waktu mulai dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya.
Lamanya siklus haid sifatnya personal dan tergantung kandungan hormon. Hal ini dipengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Keseimbangan hormon ini mudah terganggu karena berbagai unsur dari dalam diri maupun lingkungan.

3. Apakah emosi dan ketegangan mempengaruhi siklus haid?
Ya. disadari atau tidak, emosi, ketegangan dan kegelisahan dapat mempengaruhi beberapa organ tubuh melalui saraf misalnya jantung, lambung, usus, dan kulit. Juga organ-organ yang punya hubungan dengan kelancaran siklus haid. siklus bisa lebih cepat atau nustru lebih lambat. Perasaan tegang, excited, marah, depresi, tersinggung, bisa membuat haid lebih cepat atau sebaliknya.

4. Apakah keputihan sebelum dan sesudah haid, normal?
Ya. Penyebabnya, terjadi perubahan keseimbangan hormon pada hari-hari itu. Pada saat menstruasi terjadi perubahan hormonal yang membuat tumbuh jerawat, rasa tidak enak di perut dan juga lendir yang agak berlebih dari vagina, tapi seharusnya lendir yang keluar tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal.

5. Apakah perlu membatasi kegiatan selama masa haid?
Biasanya 1 atau 2 hari pertama banyak perempuan mengalami sakit atau tidak enak badan. Karena itu ada baiknya aktivitas diatur sedemikian rupa sehingga punya cukup waktu untuk beristirahat. Tapi tidak ada alasan medis yang menganjurkan kita untuk berhenti beraktivitas.

6. Apakah selama haid ada pantangan makanan?
Tidak ada. Banyak yang percaya makanan seperti tomat, sayuran hijau, dan beberapa jenis buah-buahan dan makanan dingin membuat darah mengental dan kotoran tertinggal dalam rahim itu. hanya mitos. Justru perempuan yang sedang haid harus mendapat banyak asupan zat besi karena kehilangan banyak darah. Zat besi ini bisa diperoleh antara lain dari sayuran hijau, kuning telur, ikan, hati, daging merah, kacang-kacangan, sereal, dan buah-buahan.

7. Apakah semua perempuan mengalami keluhan haid?
Menurut penelitian 4-5 perempuan memiliki keluhan mengenai haid. Separuhnya merasakan keluhan sebelum datangnya haid (Pre-Menstrual Syndrome alias PMS) misalnya, lekas lelah, gampang marah, mudah menangis, mual, payudara merasa tegang, susah tidur, dan lainnya. Selebihnya mendapat keluhan bersamaan dengan datangnya haid. Keluhan yang paling umum adalah rasa nyeri.

8. Sampai batasan apa nyeri haid bisa dibilang normal?
Mayoritas perempuan mengalami nyeri haid dengan tingkatan yang berbeda-beda. Nyeri haid karena kram perut yang normal biasanya terjadi selama 2 sampai 3 hari dalam satu siklus menstruasi. Ini artinya, rasa sakit dan kram perut yang melebihi 3 hari dapat dikategorikan sebagai nyeri haid yang tidak normal.


Sebenarnya masih banyak pengetahuan lain seputar menstruasi yang ingin aku tulis di sini. Berharap dibaca oleh anak perempuanku, dan lebih banyak anak perempuan lainnya agar mereka bisa mendapatkan informasi mengenai menstruasi lebih awal. Karena ternyata masih banyak perempuan di Indonesia yang belum mendapatkan informasi cukup mengenai menstruasi, terlebih mengenai Pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan akan area kewanitaan ketika mengalami menstruasi.
Oleh karena itu, saya juga mendukung sekali kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga yang diluncurkan PT MundiPharma Indonesia. Dan senang saat diajak mengikuti acara "Edukasi Sehat & Bersih Pada Area Kewanitaan Terutama Saat Menstruasi" Kementrian Kesehatan RI, yang mengajak perempuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengambil aksi nyata dalam menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan terutama pada saat menstruasi agar dapat terlindungi dan aktif tanpa batas. Ini juga sebagai aksi dalam memperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh setiap tanggal 28 Mei.

Kementerian Kesehatan RI berinisiasi menggalakkan program program edukasi ke masyarakat melalui UKS dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Salah satu bentuk edukasi yang sudah berhasil dilaksanakan adalah peluncuran Buku Saku 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' yang telah didistribusikan ke lebih dari 1000 sekolah dan para ibu.

Saya sendiri sudah mempunyai buku tersebut. Isinya sangat bagus mengenai informasi area kewanitaan, bagaimana merawat dan menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi. Buku saku tersebut juga bisa didapatkan dalam bentuk e-book, sila cek di http://instagram.com/tanyawanita.id.

Ada 4 point yang ingin disampaikan dalam kampanye ini, agar perempuan:
1. TAHU tentang area kewanitaan.
2. PAHAM bahwa area kewanitaan harus dijaga sedini mungkin.
3. JAGA sejak menstruasi pertama
4. RAWAT untuk diri sendiri, bukan untuk oranglain.

TIPS MENJAGA KEBERSIHAN dan KESEHATAN AREA KEWANITAAN dari dr. Merry Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma :
1. Cebok satu arah dari depan ke belakang, dan tidak kembali ke depan. Supaya bakteri di daerah anus tidak berpindah ke area kemaluan.

2. Keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu lembut sekali pakai

3. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah cebok

4. Gunakan celana dalam dengan bahan katun yang menyerap keringat dan tidak ketat.

5. Jangan menukar atau meminjam handuk dan celana dalam dengan orang lain.

6. Jika terjadi infeksi atau gangguan kenyamanan, gunakan sabun pembersih kewanitaan.




Mundipharma Indonesia melalui produk Betadine menyediakan rangkaian produk untuk kesehatan wanita area kewanitaan yang lengkap. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari-hari dengan prebiotik, pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih kewanitaan khusus untuk menstruasi dan untuk mengatasi infeksi area kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator. Betadine Feminine Hygiene yang mengandung Povidone-Iodine 10% bisa digunakan pada daerah kewanitaan saat periode menstruasi atau ketika terjadi infeksi di daerah kewanitaan.


Aku sendiri sudah hampir 4 tahun ini selalu sedia Betadine Feminine Hygiene di rumah. Pakai seperlunya demi menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.
Teman-teman juga ya...ingat aelalu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan kita ya.

10 comments:

  1. Nggak enak ya rasanya kalau lagi datang bulan. Ingat SMP pertama.kali.dapat pesan ibu adalah mulai jaga diri dan kebersihan. Kalau kalau area kewanitaan kita bersih nyaman banget rasanya.

    ReplyDelete
  2. Tamu bulanan mah udah harus disikapi ceria, karena sunatullah-Nya wanita, kan kan.. #SemangatCiee jangan sebel, hihi

    ReplyDelete
  3. IYa, nih mba...masih banyak juga yang mikir kalau lagi haid gak boleh makan ini-itu...ckckckk...padahal kan ga benar. Yang penting kita harus menjaga area kewanitaan kita dengan baik...

    ReplyDelete
  4. Iya saya juga selama haid tidak pernah pantang makan. Justru banyakin nutrisi dan zat yang dibutuhkan tubuh ya.

    ReplyDelete
  5. Bagi wanita ini penting banget diketahui. bagi orang tua juga penting info nya buat menjelaskan ke anak gadis yang beranjak dewasa. Info nya sahih dan jelas sehingga memudahkan penjelasa nantinya

    ReplyDelete
  6. Saya tuh tadinya tipe orang yang kalau Haid kurang teratur. Ternyata setelah atur pola makan dan rajin olahraga dg sendirinya haid jd teratur lagi.

    ReplyDelete
  7. Aku nih, usia segini masih gak aware sama menstruasi. Gak tahu dengan pasti siklus sendiri, suka abai dengan kebersihannya, dan makan serta tidur dll semberandal aja. Jadinya suka ada aja keluhan saat menstruasi. Huhu.. :(

    ReplyDelete
  8. Siklus haid ku ga tentu, beda - beda tiap bulannya. makasih ya mak Dwina informasinya yang kadang saya suka ga aware nih

    ReplyDelete
  9. Siklus haidku teratur. Tapi banyak2nya itu sampai dnegan hari ke-3. Jadi harus sering2 ganti pembalut supaya terjaga kebersihannya. Emang area wanita itu penting sekali dijaga ya.

    ReplyDelete
  10. Sebagai cowok aku baru tahu bahwa ternyata menstruasi enggak sesimpel itu ya. Perempuan harus paham banget dengan area kewanitaannya dan siklus haidnya setiap bulan. Makasih mbak Dwina buat sharingnya.

    ReplyDelete