kamunaku.com: Kirim Saja Pakai Paxel

Kirim Saja Pakai Paxel

Selasa, 06 November 2018
happiness hero (dailysocial)


Bagi online shopper, memilih jasa pengiriman (ekspedisi) sebenarnya bukan hal yang sulit. Apalagi sekarang semakin banyak alternatif pilihan ekspedisi pengiriman. Hanya saja memang ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saat online shop memilih sebuah ekspedisi pengiriman untuk barangnya. Apakah itu dari segi waktu, tarif, keamanan, hingga packaging yang menjadi perhatikan. Karena saat barang yang dikirim sampai ke tangan customer dengan baik, akan menjadikan nilai lebih pada online shop tersebut.

Saya masih ingat betul kejadian beberapa tahun yang lalu, saat customer saya komplen karena baju yang dia order tidak kunjung sampai di tangannya. Padahal jelas - jelas barang itu sudah saya kirim beberapa hari sebelumnya dan seharusnya sudah sampai tujuan dalam waktu 2 hari saja.

9 tahun yang lalu saat baru mulai munculnya orang berjualan online saya juga ikutan berjualan online. Barang yang saya jual adalah baju-baju mini korea (saat itu saya belum berhijab). 
Ada seorang customer yang komplen karena sudah 1 minggu baju yang dia order tidak kunjung sampai. Padahal sejak saya memberitahukan bahwa barang sudah dikirim, barang itu semestinya sudah sampai rumahnya dalam waktu 2 hari saja.

Deg, seketika itu saya berpikir pasti ada masalah di ekpedisi pengiriman barang. 

Saya langsung men-cek tracking barang pada ekspedisi tersebut secara online. Dalam tracking, status barang tertulis "transit". 
Waduh, ini sudah seminggu status masih "transit", tapi transit dimana tepatnya saya tidak bisa mengetahuinya.

Sayapun langsung menelpon ekpsedisi setempat untuk menanyakannya keberadaan barang. Setelah muter telepon sana sini yang memakan waktu dan (sudah pasti) pulsa, akhirnya saya mendapat penjelasan keberadaan barang saya.
Tetapi alih-alih barang dikirimkan cepat kepada customer saya, barang tersebut malah dikirimkan balik kepada saya dengan alasan alamat kirim tidak ditemukan. 
Akhirnya, saya pun mengirim ulang barang itu pada customer. Kali ini barang berhasil sampai tujuan, tetapi customer mengatakan sudah terlanjur kecewa dengan keterlambatan sebelumnya. Dan sejak itu dia tidak pernah order kembali.

Tahun 2018 ini saya kembali memulai berjualan online lagi. Kejadian yang lalu menjadi pelajaran bagi saya untuk lebih perhatian dengan ekspedisi pengiriman barang. Bagaimanapun, menentukan jasa kurir ekspedisi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi bisnis online.
Beruntung, saat ini saya sudah mengenal PAXEL dan menggunakan ekspedisi pengiriman Paxel ini untuk mengantarkan barang sampai ke customer dengan aman. Karena dengan Paxel, saya dan costomer bisa sama-sama memantau tracking barang. Barang juga sampai tujuan dengan tepat waktu.

Mengenal Paxel
Paxel adalah perusahaan start-up logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan same-day delivery dengan biaya flat. 
Same-day maksudnya adalah barang dikirim dan sampai tujuan pada hari yang sama (dalam satu hari).

Paxel ini sudah beroperasi sejak Januari 2018.
Bapak Djohari zein, Founder Paxel Indonesia, berinisiatif mendirikan Paxel ini atas dasar kebaikan. Alangkah membantu jika ada sebuah jasa pengiriman yang bisa mengantarkan barang bagi yang membutuhkan secara sameday tanpa menghitung berat dan jarak tempuh. Ditambah semakin meningkatkannya teknologi yang merubah gaya hidup masyarakat menjadi ingin lebih mudah dan praktis. Jika hanya di dalam kota saja pengirimannya, mungkin masih bisa diantar pegawai jasa cash on delivery (cod). Namun bagaimana jika pengiriman ke luar kota? #antarkankebaikan.

Bapak Djohari Zein, "Kalau kita mengantarkan satu saja kebaikan, kita akan mendapatkan balasan ribuan kebaikan."
Oleh Paxel, barang yang akan dikirim di-pick up oleh mitra kurir (yang kemudian disebut happiness hero = pahlawan kebaikan/kebahagiaan) secara door to door. Kemudian barang tersebut akan dibawa dan ditaruh di Paxel Home (loker) terdekat. Selanjutnya, happiness hero lainnya yang akan mengirimkan paket tersebut ke alamat tujuan.

Pemilihan kurir happiness hero ini dijadikan keunggulan oleh Paxel, karena mereka lebih mengetahui kondisi di lingkungan tersebut sesuai dengan alamat yang dituju sehingga paket akan lebih cepat sampai.

Beberapa keunggulan Paxel yang bisa didapatkan oleh pelanggan antara lain :
  • Pengiriman dapat dilakukan di hari yang sama dengan tarif flat selama berada di area Jabodetabek. Dalam waktu maksimal 8 jam paket akan sampai ke tempat tujuan.
  • Pelanggan cukup melakukan pengiriman melalui ujung jari saja pada apliikasi selulernya, tidak perlu mendatangi kantor Paxel.
  • Pelanggan bisa menentukan sendiri ukuran packaging sesuai dengan paket yang akan dikirim, jika diperlukan ada extra packaging seperti bubble wrap.
  • Pelanggan juga bisa memilih jadwal pick-up barang sesuai dengan kebutuhan.
  • Pengiriman bisa dilacak secara real-time melalui aplikasi
Saat ini Paxel baru melayani area Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Solo. Infonya akan terus dikembangkan untuk segera dapat melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, dalam hari yang sama.

"Happiness hero (kurir) Paxel itu cekatan, siap membantu pengirimkan barang kita," begitu kata Pak Alex dan Pak Bryan  (CEO dan Founder Paxel Indonesia)

Cara Menggunakan Paxel

1. Langkah pertama sudah tentu instal applikasi Paxel yang sudah tersedia di playstore atau appstore. 

2. Create account. Kamu bisa menggunakan akun google untuk mempermudah, ini hanya membutuhkan verifikasi melalui nomor telepon.

3. Masukkan data diri. First name, last name dan user name.

4. Masukkan referral code. Kamu bisa masukkan nama dwinayusuf, lalu kamu akan mendapatkan free saldo 100 ribu rupiah.

5. Paxel siap digunakan.


Langkah selanjutnya jika ingin melakukan pengiriman :


1. Klik Create Shipment.
Pada tahap ini, silakan isi lokasi asal pengiriman dan destinasi pengiriman. Sertakan juga kode pos destinasi karena kode pos tujuan sangat membantu mencari lokasi tujuan pengiriman.
Kamu juga bisa menambahkan catatan untuk menambahkan detail alamat destinasi.
2. Isi data pengirim : nama, nomor telepon dan email. Isi juga keterangan jenis barang yang akan dikirim.
3. Pilih volume barang yang dikirim. Volume ini beda dengan berat barang. Jika barang yang kita kirim sekiranya berat tetapi volumenya kecil, bisa pilih "small".
Inilah kelebihan dari paxel, tarifnya flat tanpa menghitung berat dan jarak tempuh.
4. Pilih waktu pengiriman. Lakukan pengiriman sebelum jam 14.00 agar barang sampai tujuan pada hari yang sama. Pengiriman yang dilakukan diatas jam 14.00, barang akan dikirim pada hari berikutnya.



Setelah barang di pick up oleh paxel, baik pengirim dan penerima barang bisa memantau tracking pengiriman barang pada applikasi paxel tersebut.



Alhamdulillah, sampai saat ini saya puas mengunakan Paxel sebagai jasa pengiriman (ekspedisi) barang dari toko online saya.
Selain mengirimkan barang, pernah juga saya membeli frozen food dari toko online lain. Hosipnya kan, paxel ini andalannya para penjual frozen food online. Karena estimasi barang sampai tujuan selalu tepat waktu. Kondisi frozen food nya pun dalam keadaan masih baik karena dire-packing oleh Paxel.

Jadi, sekarang kalau mau kirim atau pesan barang, kirim saja pakai Paxel.....









22 komentar:

  1. Waah seru nih pelayanan Paxel, moga segera ada di kota tempat saya tinggal, biar bisa kirim paket pakai paxel

    BalasHapus
  2. Iya paxel ternyata bisa diandalkan kmrin lht temen kirim.gk smpe 1 harian paket dah smp

    BalasHapus
  3. Wah asik ya, gak perlu panas2an lagi buat ngirim barang. Dah gt sehari sampai pula..

    BalasHapus
  4. Sameday dengan tarif flat, apalagi ternyata estimasi waktu melebihi ekspektasi, keren paxel

    BalasHapus
  5. tarifnya tuh flat dan disesuaikan dimensi ukurannya yah, asik.

    BalasHapus
  6. Wah saya baru tahu ternyata ada yang baru..makasih informasinya..langsung pengen coba

    BalasHapus
  7. Ekspedisi yang cepat, packaging bagus dan harga terjangkau menjadi koentji utama online shop

    BalasHapus
  8. Layanan Same day enak tuh buat kirim makanan, hehe.
    Ma Wi udah cobain belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selalu menawarkan ke kostumer pake paxel buat kirim brang, dan mereka bilang cepet bgt sampenya.

      Hapus
  9. beberapa teman sudah memakai pelayanan paxel, mereka semua merasa puas jadi mo coba juga buat beli makanan frozen

    BalasHapus
  10. Pengiriman barang yang telat memang membuat kesal. Salah alamat tanpa alasan yang jelas, biasanya itu salah satu yang bikin geregetan dan bikin kapok pakai suatu perusahaan pengiriman. Mudah-mudahan yang ini bisa kasih pelayanan yang baik buat pelanggannya.

    BalasHapus
  11. Ada maksimal berat dan ukuran ga sih kak kalo kirim barang pake paxel ini...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai volume, mba....small,medium, large. Untuk berat ngga ada

      Hapus
  12. Sepertinya mudah ya menggunakan jasa paxel ini tarif ny jg tidak terlalu mahal , boleh ni di coba

    BalasHapus
  13. aku juga kemarin ikutan paxel gathering, jadi tau perbedaannya dengan jasa sejenis. Layanan satu harinya itu loh, mantabb!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi cepat sampai tujuan. Kostumerku banyak yg request pk paxel

      Hapus
  14. Salfok sama bajunya ka Dwina hehe always keceh deh kakak.. btw paxel ini terkenal banget ya.. aku beli frozen food sama temanku di BSD eh dia pakai paxel juga untuk jasa pengirimannya.. aku tanya kenapa pilih paxel, katanya cepet banget sampainya, BSD - Depok cuma 6 jam.. dan memang sih terbukti, aku pesan jam 10 dan jam 4 sore pesananku sudah sampai. Alhamdulillah

    BalasHapus
  15. Mawi, aku juga udah nyoba sama Paxel nih. Awalnya sempet salah sih create shipmentnya, eh kesini-sini jadi ketagihan. Soalnya tepat sih sampainya.

    BalasHapus
  16. waah ada aletrnatif kurir lain lagi nih, jadi lebih gampang karena ada aplikasi di hp ya. Belum pernah noyba pake paxel, next time kalau kirim barang nyobain ah :)

    BalasHapus
  17. wah Mawii nanti kirim-kirim paket pake Paxel donk ya, cepet nyampe cuma sehari aja. Trus harganya juga terjangkau ya.

    BalasHapus
  18. kirim2 jadi makin terjamin yaaaa. kumau coba jg ah pake paxel

    BalasHapus
  19. sukaakk bgt sama konsepnya antarakan kebaikan dan istilah happiness hero myaa.. penasarann aku belum pernah nyoba paxel nih hehee

    BalasHapus