kamunaku.com: Resolusi Sehat 2020

Resolusi Sehat 2020

Thursday, March 12, 2020
Hidup sehat, resolusi semua umat. Konsisten dilakukan?

Berapa hari lalu berita duka sempat memenuhi timeline facebook saya dengan berita meninggalnya salah satu teman blogger. Beritanya cukup mengagetkan karena 2 hari sebelumnya almarhumah masih sempat menulis status candaan ingin berenang di Korea. Dia meninggal satu hari sebelum ulang tahunnya yang ke-37. Sebelumnya beliau sempat tidak sadarkan diri dan dirawat di Rumah Sakit, sempat koma dan akhirnya meninggal dunia dengan diagnosa (yang aku dapatkan dari teman yang melayat) sakit Diabetesnya menyebabkan Hipertensi, penyumbatan di pembuluh darah.

Apa pelajaran yang dapat aku ambil dari meninggalnya rekanku itu? Iya pasti bahwa waktu kita terbatas di dunia ini. Kapanpun Sang Pemilik Kehidupan memanggil kita, kita harus siap. Apa yang bisa kita persiapkan untuk menghadapNYA adalah menjadi sebaik baiknya manusia, yaitu manusia yang bermanfaat bagi sesama. Untuk bisa bermanfaat bagi sesama perlu sehat fisik dan sehat finansial. Kuatkan niat sehat ini dan nyatakan dalam visi jangka panjang lalu dimulai dengan membuat Resolusi jangka pendek, Resolusi 2020. Sehat untuk menjadi sebaik baiknya manusia yang bermanfaat bagi sesama, bagi keluarga, bagi masyarakat, bagi dunia

Sehat Fisik
Nah apa Resolusi Sehat Fisik ku di tahun 2020 ini? Menjalani Pola Hidup Sehat.
Pola Hidup Sehat seperti apa? Memperbaiki pola makan dan olahraga.
Pola Makan seperti apa? Pola makan rendah gula dan puasa seminggu 2 kali. Belajar dari kejadian yang menimpa rekan bloggerku di atas yang meninggal dunia karena penyakit Diabetesnya. Diabetes adalah pintu gerbang bagi penyakit-penyakit kronis yang lain, seperti serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal juga kelumpuhan.

Aku masih ingat penjelasan dr Dante Saksono Sp.PD, PhD, Spesialis Kelenjar (Endokrinologi) dari RSCM pada acara Sun Life akhir tahun lalu, bahwa ada sekitar 10,3 juta masyarakat Indonesia mengidap diabetes pada rentang usia 20-79 tahun . Namun, hanya separuh dari mereka yang menyadari kondisinya. Jika tidak segera ditanggulangi, diperkirakan ketika puncak demografi terjadi pada tahun 2030, akan ada sekitar 21,3 juta jiwa yang mengidap diabetes tipe 2 .

Baca: Orang Bisa Terkena Diabetes Itu Bukan Secara Dadakan

Untuk itu aku berkomitmen bersama suami untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula. Nah ternyata gula itu bisa berasal dari Karbohidrat. Konsumsi harian yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau 4 sendok makan (sdm) perhari.

Sebagai gambaran sebotol Teh dalam kemasan mengandung sekitar 32 gram gula = 10 sdm nasi putih = lari 22 menit.
Ini artinya, jikalau aku minum sebotol teh kemasan yang mengandung sekitar 32 gram gula, itu setara dengan aku makan 10 sdm nasi putih. Untuk membakarnya aku harus lari selama 22 menit.

Jadi konsumsi makanan yang aku kurangi:
• Nasi
• Mie Instan
• Gorengan
• Makanan Olahan
• Minuman Manis

Olahraga seperti apa?
Lari atau jogging menjadi olahraga yang menjadi pilihan Resolusi Run ku di tahun 2020 ini. Targetku bisa rutin 4-5 kali dalam seminggu. Dalam 3 bulan ini target berlariku bisa 30 menit setiap kali berlari. Bervariasi cara berlarinya, bisa jalan cepat, lari pelan, atau lari cepat.
Track lari favorit
Kebetulan sekali dekat kantor suami ada track berlari yang lumayan sepi dengan view bagus mengelilingi danau. Lari keliling danau dengan jarak 1 putaran sama dengan 500m, sudah cukup jika aku lari 4-5 putaran.
Jadi kadang aku ikut nebeng suami berangkat kerja, jika waktunya jadwal berlari. Atau bahkan sengaja ikut jadwal lari suami setiap pagi sebelum berangkat kerja.
Karena beliau sudah rutin olahraga ini, bahkan sering mengikuti event atau race yang banyak diadakan baik oleh sejumlah komunitas lari maupun sponsor. Salah satunya adalah Sun Life Resolution Run 2020, yang diadakan bulan Januari kemarin di BSD.

Tetapi Sun Life Resolution Run 2020 bukanlah event lari biasa. Sun Life Resolution Run 2020 adalah event lari yang diselenggarakan oleh Sun Life Indonesia dalam rangka mengajak masyarakat dan komunitas untuk membangun hidup yang lebih sehat dan melawan diabetes. Upaya Sun Life Indonesia dalam melawan Diabetes ini pantas diajungkan jempol.
Sun Life Resolution Run 2020. Sumber : @SunLife_id
Sejak tahun 2018, Sun Life Indonesia berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia meraih masa depan yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial. Komitmen ini dikukuhkan melalui beragam inovasi dan inisiatif yang kami prakarsai. Digelar setiap awal tahun, ajang kompetisi lari untuk berdonasi ‘Sun Life Resolution Run 2020’, menjadi salah satu langkah nyata yang diinisiasi Sun Life Indonesia dengan melibatkan masyarakat dan komunitas, dalam upaya bersama membangun generasi yang lebih sehat dan melawan diabetes - #TeamUpAgainstDiabetes.

Keterlibatan lebih banyak masyarakat dalam ajang ini turut berkontribusi dalam peningkatan jumlah donasi yang lebih besar dari tahun lalu. Kami berharap, inisiatif dan donasi yang diberikan dapat membantu mewujudkan resolusi masyarakat yang lebih sehat, sekaligus mengatasi penyebaran penyakit diabetes.

Sehat Finansial
Nah apa Resolusi Sehat Finansial ku di tahun 2020 ini?
Menyisihkan sebagian penghasilan untuk dialokasikan ke tabungan, asuransi, dan investasi. Tabungan dan investasi membantu mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk berbagai tujuan keuangan di masa mendatang, seperti pendidikan anak dan menikmati masa pensiun. Sementara asuransi akan membantu memastikan bahwa dana yang dipersiapkan untuk masa depan tidak terganggu oleh pengeluaran tak terduga karena adanya berbagai risiko seperti sakit, kecelakaan, hingga kematian.
Kesehatan finasial sama pentingnya dengan kesehatan fisik, bukan?
#LiveHealthierLives.

Sehat Jiwa
Ada satu lagi Resolusi Sehatku, yaitu Sehat Jiwa? Memperbanyak positif thinking dan positif feeling, dengan cara memperbanyak doa positif dan memperbanyak bersyukur kepadaNYA atas nikmatnya yang tak terhingga. Resolusi 2020 ini aku panjatkan dalam doa setiap malam sebelum tidur. Pengulangan doa ini sebagai bukti keseriusanku dalam mewujudkan tercapainya visiku. Semoga Tuhan memberkati RESOLUSI 2020ku.
Aamiin…


33 comments:

  1. Gaya hidup sehat wajib banget kita laksanakan sehari-hari.
    APalagi belakangan ini virus, bakteri dll menyerang bumi kita.
    Semogaaaa semuanya sehaattt

    ReplyDelete
  2. Aku sudah niat juga nih mbak pengennya 2020 ini lebih sehat segalanya terutama ada aktivitas fisik yang dirutinkan olahraga dan pengen benerin juga gaya hidup makan apa aja nih agar ke depannya bisa lebih sehat juga

    ReplyDelete
  3. Sehat fisik, jiwa dan finansial. Memang harus ditargetin nih biar seiring sejalan dan hidup bahagia

    ReplyDelete
  4. Jadi inget sama resolusi sehat saya tahun ini yg masih stagnan, memang pola hidup sehat itu penting banget buat kita terapkan sehari2, yuk semangat hidup sehat :D

    ReplyDelete
  5. Diabetes itu kayak pintu gerbang menuju sakit yang lain.

    Keluarga suami saya keturunan diabetes, dan ada kakak ipar saya yang meninggal dengan riwayat diabetes basah.

    Mengurangi gula, mau ga mau itu harus.

    ReplyDelete
  6. Sehat fisik, sehat jiwa dan finansial menjadi harapan kita semua pastinya.
    Kadang aku masih kurang disiplin olahraga nih, olahraga sendirian kurang semangat, hehe.
    Dicoba lagi deh, disiplin olahraga.

    ReplyDelete
  7. Semoga resolusi 2020 terwujud semua y mba.. Ah jadi ingat resolusiku sendiri..semoga juga terwujud nyata. Aamiin..

    ReplyDelete
  8. Jauh amat Mba ingin berenang di Korea hehe btw semoga resolusi sehatnya tercapai ya Aamiin

    ReplyDelete
  9. Usia memang sudah ditakdirkan ya, mba. Tapi resolusi sehat fisik dan finansial selama masih diberi kesempatan, juga harus konsisten dijalankan.
    Jadi malu kalau resolusi hidup sehat saya masih jauh pelaksanaannya, hiks.

    ReplyDelete
  10. Aku kaget banget dengar kabar duka itu karena aku selalu like IGnya & tak terlihat sakit. Penting banget jaga kesehatan, tidak perlu pol-polan tapi harus rutin. Dirimu mah udah ideal banget. Semoga kita semua sehat terus ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. Innalillahi wa innailaihi rojiuun. Umur manusia memang ngga pernah ada yang tau ya mba. Ikhtiar kita adalah dengan hidup dan gaya hidup sehat. Asupan yang bergizi, pola makan teratur, dan yang pasti olah raga. nah, salah satunya adalah dengan run for fun. Semangat terus ya mba.

    ReplyDelete
  12. Sehat semua maunya ya fisik & financial supaya bisa menjalani hidup lebih baik & happy. Alku masih mengandalkan olahraga dalam rumah nih naik sepeda atau hal lain, sesekali lari pagi kalau ada temennya

    ReplyDelete
  13. Bener banget kak Diabetes itu gerbang penyakit lainnya dan kalau sudah kena itu kaya semacam komplikasi ya bisa gagal ginjal atau jantung. Semoga kita sekeluarga sehat selalu ya kak jauh dari penyakit lainnya.

    ReplyDelete
  14. Fun run memang menyenangkan. Sehat dengan cara menyenangkan apalagi hal ini akan membuat kita percaya bahwa menjaga kesehatan dengan olahraga dan pola hidup akan membuat rezeki bertambah

    ReplyDelete
  15. Sehat fisik juga resolusiku di tahun 2020 ini mbak, mengingat berbagai jenis penyakit yang datang dengan mudah. Salah satunya adalah rutin berolahraga dan konsumsi air mineral dengan baik mbak.

    ReplyDelete
  16. Gaya hidup sehat bukan Hanya fisik tapi finansial juga ya. Kalau ga sehat finansial nanti stress. Sakit psikis, lalu sakit fisik. Memang harus berbenah supaya Sehat semuanya

    ReplyDelete
  17. Saya ikut berduka dengan meninggalnya teman blogger kita. Semoga Husnul khatimah ya. Pola hidup sehat sudah seharusnya kita terapkan. Begitu juga dengan
    Investasi tabungan dan asuransi. Semua demi kebaikan kita juga

    ReplyDelete
  18. Sun Life ini konsisten sekali ya ngajak orang-orang supaya sehat. Banyak sekali programnya.
    KUnci sehat sebenarnya mudah, ya. CUma kita aja yang suka bandel. AKu pengen bangett bisa mengurangi konsumsi makanan olahan/junkfood gitu. Tapi ternyata tidak mudah. Padahal, kalau bisa setop, bukan cuma tubuh yang sehat, tapi dompet jadi sehat juga, biar bisa nabung banyak dan invest. HIhi

    ReplyDelete
  19. Sekarang banyak yang wafat mendadak. Iya sih umur memang rahasia Allah. Tetapi, bikin kaget dan sedih aja. Selalu jadi berpikir untuk terus berusaha menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  20. Teman-temanku juga sudah banyak yang meninggal kak, padahal bisa dibilang muda, rata-rata memang karena sakit degeneratif. Bukan mau mengatakan itu takdir, tapi kalau bisa kita terapkan pola hidup sehat, kenapa harus ragu, termasuk pola sehat finansial

    ReplyDelete
  21. Tetap jaga kesehatan dan pola hidup sehat juga ya kak, terutama menjaga pikiran biar nggak belibet, disertai proteksi diri pun juga diperlukan

    ReplyDelete
  22. Ngeri memang minumn berpemanis itu. Kandungan gulanya ga mainmain. Sementara kebutuhan kita cuma 40 gr per hari. Makanya kudu pakai cukai.

    ReplyDelete
  23. Aamiin. Aku juga pengen banget bisa olahraga lagi. Tapi sumpah deh ngalahin rasa mager ini berat banget. Tapi seru banget kayaknya kalo ikut acara lari marathon ramai-ramai gitu. Hehehe. Resolusi sehat masih bisa dilakuin lah ya walau udah masuk bulan keempat 2020 hehe.

    ReplyDelete
  24. Keceh mba dwina, aku senang liat seseorang mulai hidup sehat seperti dirimu mbak, memang harus dimulai ya mbak, mulai dari diri sendiri dan nanti keluarga dan teman teman akan mengikuti.. semoga bisa konsisten untuk hidup sehat ya mbak.. doakan akuh jugaa

    ReplyDelete
  25. Bener banget sih ya mba, sehat itu dari segala aspek. Sehat jasmani, rohani dan juga pastinya keuangan. Kwkwkw. Kalau untuk masalah jiwa atau rohani ini emang jadi PR sih ya, pusat dari segala penyakit juga bisa. Kalau jiwanya sakit, berefek pada organ tubuh juga. Duhh, keep positif kurangi suudzon ama kepo salah sala yang tepat buat vina, Mba. Makasih info sehatnya yaa mba :)

    ReplyDelete
  26. Aku pun menerapkan pola hidup sehat sudah lama banget
    . Terutama gula nih.udah jarang masak pake gula. Olahraga juga meski cuma jalan kaki dan lari2 kecil aja. Hehe

    ReplyDelete
  27. mbaaak sehat selalu yaaa.. memang menjaga pola hidup sehat harus dimulai sedini mungkin. semangat terus mba!

    ReplyDelete
  28. Bener ya mbak waktu kita di dunia ini emang gak ada yang tau selain Tuhan. Mesti jaga sehat fisik, sehat jiwa, dan sehat finansial. Masih peer banget sih nih buat aku heu heu.

    ReplyDelete
  29. Sehat fisik, mental, dan finansial memang pentong banget, termasuk menunjang perasaan bahagia biar bisa makin bersyukur setiap harinya.

    ReplyDelete
  30. tahun ini juga resolusi aku bisa rutin olahraga, terus juga ubah pola makan yang lebih sehat. Tapi sayang sekarang harus diam di rumah aja, jadi olahraga sebisa mungkin di rumah yang penting tetap bergerak dan ada aktivitas fisik :)

    ReplyDelete
  31. Semoga selalu diberikan kesehatan raga dan jiwa ya kak. Bener banget kudu diimbagi keduanya, apalagi jiwa karena bisa pengaruh juga ke fisik. Semoga kegiatan olahraganya konsisten terus :D

    ReplyDelete
  32. semoga kita makin rajin untuk berolahraga ya kak, karena aku pun sudah membatasi untuk makanan berpengawet, dan jajanan-jananan kayak baso, seblak gitu-gitu deh. Kalo mie instan lagi coba yg mie sehat itu, tapi juga ga rutin, aku jadwalin tiap bulan

    ReplyDelete
  33. Semoga tercapai ya. Sedikit negative buat balance it's ok tapi tau manage treatnya dengan positive ya.

    ReplyDelete