kamunaku.com: Perlengkapan Yang Wajib dibawa Saat Bepergian Dengan Anak

Perlengkapan Yang Wajib dibawa Saat Bepergian Dengan Anak

Rabu, 23 Maret 2016

Musim liburan sudah lama berakhir. Cerita liburan bersama anak-anak akhir tahun lalu masih saja belum kutulis. Tetapi memang tidak banyak cerita liburan mereka kali ini. Karena urusan sekolah Sava sesuatu hal yang bisa dibilang mendadak, jadi agak merubah planning sebelumnya.
Beruntung, anak-anak tidak komplain. Mereka enjoy saja walaupun hanya di rumah alias tidak kemana-mana. Bersyukur sekali mempunyai anak-anak yang pengertian. 

Sebenarnya juga siy, anak-anak memang lebih suka tidak kemana-mana selama liburan. Sepertinya mereka sudah bisa merasakan bete dengan kemacetan di jalan saat libur. Pernah suatu hari kuajak ke Lembang, tetapi karena macet selama 4 jam lebih di seputaran Bandung, anak-anak kekeuh minta putar balik pulang. Mau dirayu bagaimanapun juga putusan tetap pulang. Anak-anakku sama banget dengan ayahnya. Orang rumahan. Yah, kalau begini aku suka ge er sendiri, berarti mamanya bisa bikin rumah terasa nyaman buat mereka. Sehingga mereka lebih memilih pulang ke rumah sebagai tempat favorit. Uhuk...uhuk...

Trus ngapain aja di rumah? Banyak aktivitas yang anak-anak sukai. Anak lelakiku, Gibe, sedang gemar bermain sepeda. Kebanyakan nonton sinetron BMX sepertinya. Freestyle dengan sepeda mulai ia pelajari, kadang ku sendiri ngeri melihat dia coba-coba dengan sepedanya. Semakin aku khawatir, semakin dia show off di depanku.
"Cuma jumping aja kok, ma," itu jawabnya jika aku mulai teriak-teriak.
Terlepas dari rasa khawatirku, sebenarnya aku bangga sih dengan ulahnya. Demi bergaya dengan sepedanya, dia mencoba utak atik sendiri sepedanya jika ada sesuatu yang dirasa mengganggu acara "jumping2an"nya. Rantai sepeda lepas aja dia sudah bisa memperbaikinya sendiri. Trus, pulang ke rumah dengan baju dan tangan yang belepotan oli sepeda.

Kalau putri sulung lain lagi, Dia lebih senang di rumah bermain dengan kucingnya. Kebetulan anak-anak dan suami suka sekali dengan meong2 ini. Kami tidak khusus memelihara kucing, hanya karena sering memberi makan kucing jalanan di rumah jadi banyak kucing yang datang. Anak-anak makin suka.

Walau liburan anak-anak lebih suka di rumah, bukan berarti aku jadi malas mengajak mereka bepergian. Apalagi sebenarnya anak-anakku termasuk anak yang tidak memerlukan persiapan yang ribet dalam perjalanan. Namun, ada beberapa barang yang tidak boleh lupa dibawa saat berlibur bersama anak-anak. Ini dia beberapa perlengkapan yang wajib kubawa saat liburan bersama anak-anak:

1. Obat-obatan
Alhamdulillah anak-anakku bukan termasuk anak yg mabok perjalanan sehingga aku tidak perlu menyiapkan obat anti mabok laut, darat, dan udara. Tetapi aku tidak pernah lupa membawa obat-obatan untuk pertolongan pertama, seperti plester, perban elastis, kasa steril dan disinfektan. Untuk obat minum, aku hanya menyiapkan obat penurun demam dan tolak angin anak. Obat-obatan ini selalu siap dalam tas.


2. Makanan
Idealnya siy membawa makanan berat dan ringan saat bepergian bersama anak. Tetapi anak anakku kurang suka dengan makanan dingin (makanan berat yang dingin). Mereka lebih lahap makan dengan makanan yang hangat. Oleh sebab itu, aku biasanya hanya berbekal makanan ringan atau snack dalam perjalanan, tetapi aku juga selalu membawa wadah kosong. Ini untuk wadah makan anak jika mereka ingin makan. Biasa dalam perjalanan kami akan berhenti untuk membeli makanan hangat jika salah satu anak ada yang ingin makan. 

3. Baju  ganti
Membawa baju ganti buat anak-anak merupakan hal yang tidak boleh terlupakan. Walaupun tujuannya tidak jauh. Apalagi perjalanannya jauh dan memakan waktu lama. Kadang saat sedang jalan-jalan ke mal tiba tiba si kecil minta main di arena bermain anak. Mandi bola, sepedaan, main trampolin, dll. Kalau tidak segera ganti baju setelah permainan, kurang sreg aja, karena pasti kuman banyak yang nempel.

bawa baju ganti seperlunya, ngga usah terlalu banyak

4. Gadget.
Pergi liburan dengan anak-anak bagi aku ini juga tidak boleh dilupakan, gadget. Kamera dan.hp. Selain sebagai alat untuk mengabadikan setiap momen saat liburan, gadget bisa menjadi hiburan anak jika mengalami kemacetan di jalan. Beberapa game yang tersimpan dalam hp bisa jadi pengusir kebetean mereka.

5. Perlengkapan mandi
Peralatan liburan bersama anak yang terakhir ini juga penting. Yang termasuk dalam perlengkapan mandi yaitu sabun, shampo, sikat gigi dan odolnya. 
Handuk juga termasuk loh. Handuk kecil bisa bermanfaat untuk mengeringkan muka atau tangan saat transit dalam perjalanan. Atau kadang  kita butuhkan juga jika hotel tempat menginap tidak menyediakan handuk bersih. Sabun, shampo juga berguna jika ternyata tempat liburan menyediakan wahana berenang atau bermain air. 


Untuk urusan sabun, aku memilih menyisipkan Lifebuoy Clini Shield 10 ke dalam tas liburan. Kemasan Lifebouy Clini Shield 10 mudah dibawa, berbentuk shower gel, dan tidak mudah tumpah. Pemakaiannya cukup satu tetes, menghasilkan busa yang  berlimpah.

sehabis menangkap ikan, tidak lupa mandi dengan lifebuoy clini shield 10
Bagi sebagian orang, memilih sabun mandi yang tepat adalah mudah. Tetapi tidak bagi aku yang konsern banget dengan perlindungan terhadap kuman.
Aku ingin memberikan perlindungan yang inovatif agar bisa satu langkah lebih awal untuk menghindari kuman penyebab penyakit yang berkembang makin cepat dan beragam.

Nah, itu dia beberapa perlengkapan yang selalu kubawa jika pergi berlibur bersama anak-anak. 

Selamat berakhir pekan....

1 komentar:

  1. Iya mbak bener sekali semuanya yang di atas itu harus selalu ada dan tidak boleh ketinggalan, mainan kesukaannya juga tidak boleh lupa mbak ...

    BalasHapus