kamunaku.com: 4 Foto Portrait Dunia Paling Terkenal

4 Foto Portrait Dunia Paling Terkenal

Kamis, 24 Desember 2015
Untuk menghasilkan foto portrait yang bagus, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Paling penting adalah gestur dan ekspresi sangat penting. Untuk mendapatkan gestur dan ekspresi yang diinginkan, komunikasi antara fotografer dan model harus dibangun. Gestur dan mimik inilah yang membentuk cerita dalam sebuah foto portrait. Sebuah gerakan tangan yang sederhana atau sebuah tarikan garis wajah saja misalnya bisa menyiratkan hal tertentu tentang kepribadian orang yang dipotret. Hal-hal sederhana inilah yang bisa menyingkap topeng manusia yang dipotret. Sebuah senyuman yang sinis atau pandangan kosong seseorang bisa bercerita banyak tentang orang yang dipotret.



Portrait sebenarnya adalah istilah dalam seni lukis yang diadopsi ke seni fotografi. Portrait biasanya berupa foto vertikal. Ini dia 4 foto portrait dunia paling terkenal:

1. Mona Lisa
Seni lukis portrait yang paling terkenal salah satunya adalah Mona lisa. Portrait selalu bercerita tentang sosok diri seseorang,  dan Mona Lisa adalah sosok diri yang sangat terkenal. Dengan segala kontro versinya, karya dari Leonardo da Vinci ini telah menjadi perhatian dunia.  Segala sesuatu hal mengenai Mona Lisa telah menjadi sumber perdebatan selama berabad-abad.


2. Migrant Mother
Migrant Mother merupakan karya dari Dorothea Lange. Foto yang diambil di Nipomo, California ini menggambarkan sosok ibu yang duduk bersedih diapit dua anaknya yang kumuh. Aslinya adalah seorang ibu yang berada dalam pengungsian sedang bersedih dan putus asa, sedangkan anaknya meringkuk kelaparan di sebelahnya. Foto Migrant Mother ini salah satu contoh dari bentuk Portrait sebagai sosial antropologi.


Setiap detail yang terdapat dalam foto merupakan informasi. Informasi yang disampaikan akan bisa terlihat dari baju, asesoris, dan lain-lain. Dari detail yang terlihat di foto kita bisa mengetahui sejarah foto dan objek dari foto tersebut.

3. Che Guavara
Che Guavara adalah tokoh pejuang revolusi dan pemimpin gerilya Kuba. Sosok Che Guavara melegenda sebagai ikon perlawanan terhadap penindasan di seluruh dunia. Sikapnya yang tak kenal kompromi akan kekejaman dan ketidakadilan pada jaman nya membuat Che menjadi idola para pejuang revolusi dan kaum muda generasi 1960-1970.

Che Guavara
4. Afghan Girl
Foto yang berjudul Afghan Girl ini adalah karya Steve McCurry. Foto ini memiliki keunikan dibagian matanya. Sorot mata yang sangat tajam yang diambil dari seorang wanita di sebuah kampung pengungsi di Peshawar, Pakistan. Foto ini paling dikenal di National Geographic.


Robert Sobieszek - seorang kurator di museum George Estman House, mengatakan :
Foto portrait yang baik akan menujukkan kedalaman, keaslian seseorang yang membedakan dia dengan penampakan 'topeng'nya. Diantaranya ekspresi, kerut muka, mimik.

Meski diakui tidak mudah menemukan keunikan setiap manusia yang memiliki berbagai faset kehidupannya. Tetapi ada saja foto yang bisa disebut "Significant Portraits"
Foto portrait yg baik adalah foto yang berhasil membuka topeng seseorang, yaitu yang bisa mengemukakan jati diri sebenarnya dari orang yang dipotretnya itu.

Arnold newman
Arnold Newman adalah fotografer yang paling dikenal dengan Environmets Portrait-nya. Tips untuk membuat environment portrait adalah masukan juga lingkungannya dalam foto tersebut. Dalam membuat foto portrait, buat Arnold, detail sangat mempunyai pengaruh untuk menghasilkan portrait yang bagus.

Richard avedon.
Richard Avedon seorang fotografer yang pernah membuat buku berisi foto-foto orang Amerika pedalaman. Buku tersebut sempat membuat sebagian orang Amerika perkotaan agak marah. Karena semua foto yang dia tampikan adalah sisi orang kalangan bawah Amerika. Sehingga kesan orang Amerika yang keren, modern, tidak ditampilkan dalam buku tersebut.

Annie leiboviths.
Banyak artis dunia yang sangat ingin  difoto oleh Annie Leibovits. Hingga muncul rumor, kalau seseorang belum sah dibilang artis dunia kalau belum difoto oleh Annie Leibivits. Karakter atau aura seorang artis dalam foto-foto Annie Leibovits bisa sangat menonjol keluar. Salah satu contohnya adalah foto Demi Moore hamil. 
Ia juga pernah membuat konsep foto walt disney. Kemudian dia mencari artis yang bagus difoto yang sesuai karakternya dengan konsepnya tersebut. Tetapi makin kesini, untuk foto-foto fantastis Annie Leibovits tetap memakai editing photoshop.

Foto portrait yang bagus bisa menampilkan sisi terdalam dari objek yang difoto. Foto Face Shot yang hanya menampilkan wajah saja bisa menjadi foto portrait yang bagus. Tampilkan mimik wajah senatural mungkin.

Dan satu lagi, untuk menghasilkan foto portrait yang bagus, jangan pernah takut untuk mensetting adegan. Persiapkan segala yang dibutuhkan, termasuk komunikasikan keinginan antara fotografer dan model. Jika ingin memotret secara candid, lakukan dengan candid jangan sampai orang yang kita foto tau sedang difoto. Tetapi jika memang ingin mensetting adegan, lakukan setting secara serius (setting beneran sekalian).

Senang mendapat ilmu tentang foto portrait ini. Ini merupakan sebagian ilmu mengenai fotografi yang dishare oleh kelas bogor. Sebenarnya banyak foto terkenal dunia yang di share dalam kelas bogor, kenapa di sini kutampilkan hanya 4, karena aku suka angka 4.
Kelas Bogor adalah salah satu kegiatan offline bulanan dari Komunitas Blogger Bogor. Kegiatan offline ini selalu memberikan ilmu-ilmu yang menarik dan bermanfaat. Walau merupakan kegiatan dari komunitas blogger Bogor tidak berarti kelas bogor ini khusus buat blogger saja. Buktinya hari minggu kemarin, acara kelas bogor yang diadakan di Pajajaran Suite Hotel dikunjungi banyak mahasiswa sebagai pesertanya. Ya, dikarenakan tema yang diangkat sangat menarik, yaitu Portrait Photography. Dengan narasumber oke punya, mas Ferry Latief.

Tengkyu, Kelas Bogor....

2 komentar:

  1. mnalisa paling tenar banget ya

    BalasHapus
  2. Dear sister Dwina,
    Salaam! If you love blogging competitions, we are inviting you to join our blog contest: http://www.muslimweddingideas.com/giveaway.
    We have 21 prizes, which include dresses, hijabs, jewellery, art, voucher etc and most of them are open to international contestants.
    Kindly have a look - thank you! :)

    BalasHapus