kamunaku.com: Berbelanja di Pasar Bersih Sentul

Berbelanja di Pasar Bersih Sentul

Jumat, 18 Desember 2015


Jaman sekarang siapa yang ngga pernah ke Supermarket? Ibu-ibu muda masa kini, maksudnya. (((masa kinii))). Ngga ada kan. Hampir semuanya kalau berbelanja ya ke supermarket. Tetapi siapa yang ngga pernah ke pasar tradisional? Banyak. Itu hasil obrolan di salah satu grup whatsapp.  Ternyata ada beberapa teman yang mengaku belum pernah berbelanja di pasar tradisional.

Alasan mereka yang belum pernah berbelanja ke pasar tradisonal adalah tidak mau kotor dan berpanas-panas. Ini ada benarnya juga siy. Itu salah satu yang menjadi pembeda antara supermaket dan pasar tradisional. Walau barang yang dijual sama, produk sehari-hari, keadaan supermarket yang bersih, dan pasar tradisional yang (biasanya) kotor masih membuat sebagian orang malas berbelanja di pasar tradisional. Hal ini karena pasar tradisional biasanya berada di luar bangunan, sedangkan supermarket dalam bangunan. 
Sehingga orang yang tidak mau berpanas dan berkotor akan memilih berbelanja d supermarket. Karena tidak perlu khawatir untuk kepanasan dan lantai kotor di supermarket.

Bedanya lagi, biasanya supermarket dimiliki atau dikelola oleh suatu perusahaan, sedangkan  pasar tradisional terdiri dari komunitas penjual. Oleh karena itu di supermarket kita bisa membayar ke kasir menggunakan uang tunai atau kartu kredit, tapi di pasar tradisional kita hanya bisa menggunakan uang tunai dan membayar langsung kepada penjualnya. 

Etapi jangan khawatir, buat yang pengin ke pasar tradisional tetapi tidak mau kakinya kotor, bisa coba nih berbelanja di Pasar bersih. Pasar bersih adalah konsep pasar tradisional dengan desain dan pengelolaan secara modern. Sudah banyak berdiri pasar bersih di berbagai wilayah.


Dan ceritanya kemarin aku mencoba ke pasar bersih sentul. Pasar bersih sentul ini berdiri sejak juni yang lalu. Walau belum semua kios terisi penuh penjual, pasar bersih ini tergolong ramai pengunjung. Karena keberadaan pasar bersih ini sepertinya memang dibutuhkan oleh orang-orang yang tinggal di daerah itu. Ditambah lagi, banyak penjual masakan siap santap di area parkir pasar bersih. Ada soto kadipura, bubur manado, lontong sayur padang, dan masih banyak lagi. Bahkan kalau malam hari tenda-tenda penjual makin banyak, pengunjungnya pun lebih ramai di malam hari. 



Balik lagi ke dalam bangunan pasar bersih, Hari itu, aku membeli 3 kg ikan tenggiri dan beberapa sayuran. Aku memang berencana membuatkan mpek-mpek buat bekal anakku yang akan rekreasi dari sekolahnya. Berbelanja di pasar bersih sentul, harganya ngga beda dengan penjual langgananku di pasar anyar Bogor. Bedanya, bila berbelanja ikan di pasar anyar (penjual langganan) ada alat penggiling ikannya. Di pasar bersih sentul, di penjual ikannya belum ada alat penggiling ikan. 





Ada yang unik di pasar bersih sentul hari itu. Berbelanja di pasar bersih sentul, aku mendapatkan voucher diskon berbelanja (belanja lagi di sana). Jadi berbelanja dulu nanti akan mendapatkan voucher diskon. Syarat dan ketentuan berlaku ya. Ini yang ngga ditemukan di pasar tradisional ya 
Setiap pembeli akan mendapatkan nota berbelanja dari tiap kios tempat ia berbelanja. Nota tersebut diperlihatkan ke bagian voucher, untuk mendapatkan hadiah. Hadiahnya ada dua jenis. Buat yang berbelanja ikan dan sejenisnya akan memdapat kesempatan memutar roda hadiah..Di roda hadiah ini tertulis berbagai macam barang yang bisa diperoleh.
Tapi sayang, acara belanja hadiah voucher belanja ni hanya sampai 14 desember kemarin. Menurut salah satu penjual, infonya acara unik ini akan ada lagi gantinya yang lebih menarik.

Nah, kalau pembaca kamunaku pengin berbelanja ala pasar tradisional tetapi ngga suka berkotor-kotor, bisa mencoba berbelanja di pasar bersih. Dan bagi yg tinggal di sekitar sentul bogor atau sedang berlibur di daerah bogor, ngga ada salahnya men
yicipi berbelanja dan berkuliner ria di pasar beraih sentul. 

Catatan:
Kalau aku siy sering berbelanja di pasar tradisional dan supermarket. Tergantung barang apa yang ingin kucari atau dibutuhkan. Misal, kalau aku membutuhkan bawang, jahe, dan segala macam bumbu dapur, pilih belanja di pasar tradisional. Selain lebih murah harganya, juga lebih lengkap bila di pasar tradisional.
Tetapi jika mencari dairy product, supermarket jawabannya. 










5 komentar:

  1. Pasti bakal nyaman sekali kalo pasar tradisional bersih gitu tapi sayangnya di tempatku ga ada pasar bersih eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada ya, mba? Sini belanja di sentul aja....hihi

      Hapus
  2. Pasar bersihnya puas ya. Aku senang belanja di pasar tradisional kalau untuk bumbu, sayuran,lauk pauk. Tapi kalau tepung gula garam...sekalian disupermarket besar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama. Ada bbrp barang yang puas kalau kita cari di pasar tradisional ya...

      Hapus
  3. Pasarnya gak becek yaa... Biasanya aku males ke tempat ikan ama daging soalnya. Suka kepleset. Kalo rapi dan bersih gini juga mau deh tiap hari ke pasar :D

    BalasHapus