kamunaku.com: IGNASIA KIJM

IGNASIA KIJM

Minggu, 14 Desember 2014
Berawal dari tantangan Teh Ani Berta di grup fun blogging, akhirnya aku mempunyai satu teman keren lagi. Sebuah tantangan praktek networking dengan salah satu member grup itu, membuat aku blusukan mengobrak obrik profil sosok Ignasia Kijm. Tetapi karena kesibukan Ignasia yang harus pergi mengajar setiap hari dan jarak yang lumayan, acara blusukan aku lakukan lewat dunia maya.

Tunggu dulu, kenapa sih aku mau melakukan tantangan praktek networking ini? Karena hadiahnya adalah belajar kreratif bersama Yoris Sebastian. 
Sedikit catatan : Yoris Sebastian adalah seorang pengusaha asaI ndonesia yang dikenal bergerak dalam bidang industri kreatif. Pada usia 26 tahun, Yoris terpilih menjadi GM (General Manager) Hard Rock Cafe Indonesia, menjadi GM termuda se-Asia dan termuda kedua di dunia. Pada usia 34 tahun, selepas keluar dari Hard Rock, ia mendirikan sebuah perusahaan konsultan kreatif OMG (Oh My Goodness). Yoris terkenal dalam hal inovasi dan ide kreatif. Yoris  menunjukkan konsistensinya dalam membuat ide-ide kreatif yang tidak biasa yang dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai berpikir out of the box. Menurutnya, ide kreatif akan segera berkembang bila dimulai dengan hal yang kecil (start small). 

Nah, balik ke Ignasia Kijm. Senang rasanya bisa berkenalan dengan sosok dosen yang masih muda ini. Yup, Ignasia Kijm adalah seorang pengajar di Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) sejak tahun 2009. 
Ignasia seorang yang pintar menurutku. Saat aku melayangkan beberapa pertanyaan padanya, dengan cepat beliau menjawab. Mungkin karena hobinya membaca kali ya.  Jadi, ilmunya banyak. Membaca itu kan jendela dunia. 

Dari sekian blusukanku di blog, fb, dan twitter beliau, berikut ringkasan obrolan kami beberapa waktu yang lalu.

Hallo, mba Ignasia. Aku panggilnya gimana nih? Unik namanya... 
- Hallo juga, mba Dwina. Nama lengkapku Ignasia Kijm. Nama panggilannya Ignas, sementara di rumah aku dipanggil Ona. Ignasia: diambil dari nama Santo Ignasius sementara Kijm adalah nama pastor dari Belanda yang memberkati pernikahan orangtua aku di Yogyakarta.

Mba Ignas orang Yogja? Tinggal di sana juga?
- Aku tinggal di Sunter, Jakarta Utara sejak 1990 bersama orangtua dan dua adik perempuan, aku sendiri anak kedua dari empat bersaudara. Orangtua aku dari Flores, NTT, merantau ke Jakarta sejak 1980. Kami berempat lahir dan besar di Jakarta. Sementara kakak perempuan aku sudah menikah dan punya dua anak perempuan, tinggal di Serpong, Tangerang.

Mba, sejak kapan suka ngeblog?
- Aku tahu blog sudah lama. Tapi gak pernah ditindaklanjuti. Pernah buat blog tahun 2012 yang berisi foto2-foto kue yang aku buat dan aku jual, http://coconascookies.blogspot.com tapi aku gak pernah update. Sejak aku ikut fun blogging aku jadi tahu mengenai seluk beluk blogging. Ternyata blog itu bila diseriusi akan memberikan hasil yang dapat dikatakan tidak sedikit. Awal Nov 2014 aku punya blog, www.idearti.wordpress.com.
Diberi nama Idearti, karena artikel dalam blog ini berawal dari ide dan aku berharap artikel-artikel ini berarti untuk para pembaca. Postingan blog aku ini baru 3 atau 4 artikel, itupun isinya artikelku yang pernah dimuat di majalah. Terkadang aku ikut talkshow/seminar, hasil dari kegiatan itu aku buat artikelnya dan aku kirim ke majalah, hitung2 belajar menulis, hehe. Oh ya, majalahnya itu namanya Jia Xiang, majalah komunitas Tionghoa di Jakarta. Belum aku update lagi nih blog aku sampai sekarang. Musti rajin nih, hehehe...

Pantes tulisan mba di blog bagus loh. Kalau hobi mba apa?
- Hobi aku membaca dan aku suka sekali membaca biografi orang-orang sukses, mengambil pelajaran mengenai rahasia sukses mereka. Selain itu aku suka banget baca majalah. Menurut aku, dari majalah aku bisa dapat banyak info, dari ekonomi, politik, hingga kuliner.

Trus, Obsesi mba Ignas apa sih?
- Obsesi aku adalah jadi wirausaha sukses, mulai dirintis dengan membuka usaha kue kering, walau musiman (hanya saat hari raya seperti Lebaran dan Natal). Aku berharap bisa memberikan banyak lapangan pekerjaan kepada orang lain. Selain itu aku ingin mengembangkan kemampuan menulis, oleh karena itu aku harus rajin menulis salah satunya dengan sarana blog.

Terimakasih ya, mba. Senang bisa berkenalan dengan mba Ignas.
- Sama-sama, mba Dwina.

Sosmed Ignasia :
Facebook : https://www.facebook.com/ignasia.kijm
Email : Classical_ona@yahoo.com
Twitter : @coconascookies



4 komentar:

  1. Good idea! Saling berkenalan yaa... salam kenal juga Ona!

    BalasHapus
  2. Ayo Mbak Ignas semangat ngeblognya dinyalakan terus... :)

    BalasHapus
  3. Asik emang ngeblog :) baru berasaaa

    BalasHapus