kamunaku.com: (Andai) Philips HUE Menghiasi Rumah

(Andai) Philips HUE Menghiasi Rumah

Minggu, 04 Desember 2016
Livingroom (google)

Lihat foto di atas? Itu aku ambil dari mas Google. Bagaimana perasaan kamu jika punya ruangan di rumah seperti gambar di atas? Ih, aku siy pengen banget punya rumah seperti itu. 

Konon, rumah bisa menjadi cerminan pribadi penghuninya. Orang yang suka akan seni biasanya isi rumahnya terdapat banyak barang seni atau tertata dengan artistik, orang yang suka travelling biasanya mengoleksi barang2 dr berbagai tempat yg pernah didatangi, dana sebagainya. 

Kalau buat aku, rumah merupakan sumber utama kenyamanan, keamanan dan ekspresi diri. Keamanan, bahwa rumah menjadi tempat paling aman jika kita merasa terancam. 
Aku juga ingin menjadikan rumah sebagai tempat aku dan anak-anak berekspresi, tempat kami bebas mengeluarkan atau melakukan hal2 yang kami inginkan. 
Istilahnyanya, kemanapun hidup membawa, rumah lah tempat kami kembali. Tsaah....


Oleh karena itu, aku berusaha membuat rumah terasa senyaman mungkin. Setidaknya buatku, suami dan anak-anak. Salah satu tempat favorit kami sekeluarga adalah ruang keluarga. Ruang keluarga kami tidak besar. Tetapi di situlah sebagian besar waktu kami di rumah dihabiskan bersama. 
  
Dekorasi
Untuk membuat suasana nyaman, dekorasi interior rumah menjadi perlu diperhatikan.  Aku setuju dengan pakar interior yang mengatakan bahwa ruangan keluarga yang mencerminkan suasana hangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan antar anggota keluarga.
Ruang keluargaku memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, Aku memilih sofa berbentuk L untuk menghemat ruangan.
Berusaha menciptakan kesan hangat pada ruang keluarga ini, aku menambahkan karpet. Karpet tersebut disesuaikan dengan ukuran ruang. Berfungsi untuk mengalasi meja atau dapat digunakan sebagai alas saat anak2 ingin 'lesehan' menonton tivi.
Suasana hangat pada sebuah ruangan bisa dihadirkan melalui warna2 interior rumah. Dan warna-warna seperti beige, krem, dan coklat bisa membuat ruangan terlihat hangat.
Lalu bagaimana aku yang menyukai warna hitam putih? Hampir semua isi rumahku berwarna hitam dan putih.   Warna ini juga menjadi pilihan mengisi ruang keluargaku. Apa ruang keluargaku jadi terlihat tidak hangat dengan warna tersebut?


warna hitam dan putih menghiasi ruang keluarga

Pencahayaan
Jika aku membaca buku-buku tentang interior rumah,  pencahayaan dalam suatu ruang merupakan saran terbaik yang diberikan para pakar interior. Jika ruangan kita tidak mendapatkan hasil cahaya alami yang indah,  bisa gunakan lampu tambahan. 
Memilih lampu ini juga sebaiknya disesuaikan dengan tema ruangan.
Nah, untuk pencahayaan dalam rumah ceritanya aku lagi naksir dengan Lighting yg di tawarkan Philips Hue.

Apa itu Philips Hue? 
Philips Hue merupakan sebuah pencahayaan terkoneksi nomor satu di dunia untuk pencahayaan rumah. Semua tau kan jika Philips merupakan merk terpercaya dalam lighting? Nah, Philips Hue ini dapat mengubah cahaya yang digunakan di rumah sehingga dapat membuat cahaya ruangan semakin cantik, meningkatkan mood,  atau mempermudah aktivitas harian kita. Kita bisa berinteraksi dengan pencahayaan di rumah melalui aplikasi, tablet, smartphone, bahkan dengan suara kita sendiri. 
Singkatnya gini,  kita bisa mengendalikan pencahayaan dalam rumah sesuai dengan keinginan kita hanya melalui gadget. Jadi misalnya kita lagi menonton film di rumah mau menciptakan suasana sesuai dengan cerita di film, tinggal klik lampu nya akan muncul warna warna sesuai keinginan kita. Juga bila kita bepergian jauh lupa mematikan lampu, maka kita bisa mematikan lampu dari jarak jauh menggunakan smartphone kita. Mudah dan kekinian banget kan?!


Saat minggu lalu melihat Pameran Philips Lighting week di Senayan City, aku mendapat penjelasan banyak dari mba Indah Sucianti, pihak Philips Hue di Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa di Indonesia sudah hampir semua penduduknya menggunakan internet, dan sudah waktunya memanfaatkan internet itu untuk pencahayaan dalam rumah dengan Philips Hue. Philips HUE ini sangat mudah di operasikan. Produk2 Philips Hue ini sudah terhubung dengan beberapa macam aplikasi, salah satunya dengan suara/musik,
Lebih lanjut lagi aku dipertontonkan vlog milik mas Ario, seorang vlogger, yang sudah mencoba menggunakan Philips HUE di ruang kerjanya.  Mas Ario bilang, bila kita sudah memesan Philips Hue ini, kita akan mendapatkan stater kit yang berisi 3 lampu LED, 1 buah bridge, 1 kabel power, dan 1 kabel LAN, Brick berfungsi untuk menyalakan wifi atau terkoneksi dengan internet. 1 bridge bisa untuk 50 lampu. Lalu, setelah lampu terpasang dengan baik, lanjut download aplikasi Philips HUE di app store atau playstore. Selebihnya tinggal mainkan lampu sesuai keinginan.


Melihat video di atas, dimana aku ditunjukan bagaimana Philips hue bisa merubah suasana sebuah ruangan, aku jelas jadi tertarik banget Philips Hue ini hadir di ruang keluargaku. Apalagi karena keunggulan Philips HUE ini... 
  1. Bisa menghasilkan 16 juta warna sesuai keinginan. Ini memberikan kebebasan berekspresi di rumah. Warna dinding rumah dapat berubah sesuai keinginanku, saat mendengarkan lagu atau menonton film bersama keluarga warna2 lampu dapat disinkronkan dengan suasana. Bisa membuat penghuni rumah bebas berimajinasi dan rumah terasa lebih menarik.
  2. Dapat diremote/diakses dimanapun. Ada fitur jadwal yang bisa digunakan untuk mematikan lampu jika kita lupa mematikannya,  atau menyala saat kita baru sampai di rumah usai bepergian.
  3. Kualitas masa pemakaian philips hue ini lifetime sampai 15ribu jam. Karena menggunakan lampu LED yang bisa membuat kita hemat sampai 90%, ngga perlu khawatir untuk gonta ganti lampu. 
  4. Garansi. Semua produk led Philips bergaransi sampai dengan 2 tahun. Bila terjadi kerusakan akan diganti hole package.
bagaimana ruang keluarga ini bila menggunakan Philips Hue

Lighting ruang tidur 


Hmmm...gimana ngga naksir. Mau info lebih lengkap tentang philip Hue dan bagaimana pengoperasiannya bisa diliat di www.meethue.com

Kalau aku siy, sejak melihat Pameran Philips Lighting Week itu, aku udah ngga sabar ingin menvisualisasikan tata ruang keluarga rumahku dengan pendar cahaya dari lampu Philips Hue.  Disesuaikan dengan tema ruang sesuka hati. Diletakkan di sudut sebagai elemen dekoratif maupun penerangan baca. Hhmmm... Membayangkannya akan menjadi ruang keluarga yang sangat sangat hangat dan nyaman kan.
Let the shine trough....

5 komentar:

  1. RUmahnya nyaman banget mak Wi, betah deh kayaknya leyeh - leyeh disana

    BalasHapus
  2. aku paling gak suka kalo lampu ruang keluarga agak remang-remang alias pake lampu warna kuning (warm). Kesannya kok jadi spooky yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spooky apa, mba? Aku taunya pungki srikandi blogger... *siapdijitak 😝

      Hapus
  3. Lighting bisa mempengaruhi suasana hati. Sdh lama mendamba punya ruang keluarga yg romantis. Ruang baca yg punya pencahayaan cukup dan fokus. Semoga bisa punya lighting philips kayak gini..

    BalasHapus