kamunaku.com: Halal bihalal Blogger di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Halal bihalal Blogger di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Minggu, 31 Juli 2016


Bagi yang pernah, apalagi rutin, bepergian dengan pesawat terbang, pasti paham dengan keberadaan bandara Soekarno Hatta Jakarta. Salah satu bandara tersibuk di dunia, yang saat ini sedang menjalani proses renovasi dan perluasan. Sebagai salah satu gerbang keluar masuknya wisatawan atau pengunjung suatu daerah maupun suatu negara, bandara Soekarno Hatta memang harus dibangun dengan baik agar memiliki kenangan tersendiri bagi wisatawan yang singgah. Maka dari itulah PT Angkasa Pura II kemudian membangun Terminal 3, dimana pembangunan Terminal 3 ini merupakan perluasan bandara yang tujuannya meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno Hatta.

lantai 2, terminal 3 Soeta
Terlepas dari adanya prokontra terhadap pembangunan terminal 3 ini, rasa senang ku tidak bisa dipungkiri saat mendapat kesempatan hadir di bandara ini, dalam acara halal bihalal PT. Angkasa pura II bersama blogger, minggu lalu.
Walau aku bukanlah orang yang sering  mengunjungi bandara, bukan berarti tidak sama sekali aku asing dengan bandara. Kadang saat mengantar atau menjemput kerabat yang transit di sini, aku selalu sempatkan foto sana sini. Dan hari itu wajar saat begitu melihat terminal 3 rasa bangga sebagai orang Indonesia muncul di hati, acara bernarsis ria di sini menjadi wajib bagiku. Apalagi, khabarnya inilah bandara terbesar di Jakarta yang digadang2 akan menyamai bandara Changi Singapura.


Sebelum acara halal bihalal dimulai, aku dan blogger lainnya diajak  bapak Khaerul, humas Angkasa Pura berkeliling. Beliau menjelaskan, terminal 3 ini dibangun dengan mengangkat 3 nilai filosofi, yaitu People, Culture, dan Nature.

Apa itu?
Bahwa di terminal 3 ini, banyak ornamen asli beberapa daerah di Indonesia ditampilkan. Seperti batik, ukiran totem Toraja, juga daerah lainnya  sengaja ditampilkan di check in counter. Atas counter ini dibentuk pilar-pilar tinggi yang menyerupai beberapa rumah adat di Indonesia.


Sangat jelas identitas bangsa terasa di tempat ini. Belum lagi, atap bangunan yang seakan mirip jaring dan gelombang lautan,  menunjukan Indonesia sebagai Negara kepulauan yang dihubungkan dengan laut. Sungguh Indah.




Konsep eco green juga diterapkan dalam terminal 3 bandara Soekarno Hatta ini. Penerapan Recycle Water System dan Rain Water System, yaitu mengolah air yang sudah terpakai menjadi layak dipergunakan kembali untuk keperluan airport maintenance equipment; dan sebagai penyedia air bersih yang bisa digunakan untuk keperluan operasional bandara.
Selain itu, dalam penggunaan energi, terminal 3 bandara Soekarno Hatta  menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan pencahayaan lampu LED dan penerangan jalan menggunakan sumber energi solar cell‎.

Keberadaan terminal yang memiliki 18 Gates penerbangan domestik dan 10 Gates penerbangan internasional ini menurutku terlihat megah. Lantai paling bawah terminal nantinya akan digunakan sebagai terminal kedatangan dan lantai 2 sebagai terminal keberangkatan. Sementara sisanya akan digunakan sebagai lounge dan sarana perkantoran. Untuk penerbangan internasional dan domestik nantinya akan dipisahkan mulai dari check in counter dan ruang tunggunya.  Dan untuk penerbangan internasional, Terminal 3 dilengkapi garbarataganda khusus pelayanan pesawat super jumbo ‎layaknya Airbus 380.

Di ruang tunggu ada galeri foto artis Indonesia, salah satunya oma favorit saya ini
Rencananya akan ada beberapa lukisan karya seniman ternama Indonesia. Ini akan keren euy.
Kedepannya nanti akan ada monorel yang akan memutar dari terminal satu ke terminal lain setiap 4 menit sekali dengan kapasitas yang bisa memuat 150 - 200 orang. Juga akan dibangun stasiun kereta khusus Bandara Soeta yang terkoneksi dengan beberapa jalur kereta ke Jakarta, juga beberapa pemberhentian bus.

Saat ini poses pembangunan dari Terminal 3 ini sudah mencapai‎ 95 persen. Dan sebelum 17 Agustus nanti akan dilangsungkan uji coba agar memastikan penyelenggaraan Terminal 3 berjalan lancar sebelum dioperasikan secara resmi.

Yuk, sebagai anak bangsa yang cinta akan negaranya, kita doakan saja semoga terminal 3 dengan kelebihan-kelebihan yang akan dibangun, menjadi terminal bandara Internasional yang bisa membanggakan bangsa Indonesia.


1 komentar:

  1. Weheheheh mantap banget halal bihalal bloggernya ditempat gitu :D

    BalasHapus