kamunaku.com: Sejenak Hening - Adjie Silarus

Sejenak Hening - Adjie Silarus

Sabtu, 21 September 2013
foto : google
Berheninglah sejenak. Bersejenaklah dalam hening. Akan banyak makna dan keindahan dalam hidup yang kita dapatkan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Demikian metagraf buku Sejenak Hening Adjie Silarus.
Baris pembukaan yang akan mengantarkan kita kepada sebuah tehnik meditasi sederhana. Tehnik meditasi yang melatih kita untuk menghargai dan menghayati kejadian yang terjadi saat ini, detik ini, dan pada momen ini. Seperti diketahui, sekarang ini banyak orang yang memilih meditasi sebagai cara untuk membantu menyeimbangkan pikiran, kesehatan, bahkan manajemen diri.
Adjie Silarus sendiri adalah seorang meditator, yang menguasai dan memahami Meditasi, Meditative Mind dan Harmonic Mind. Lulusan sarjana psikologi berpredikat cumlaude ini juga menjadi salah satu trainer di Rumah Perubahan yang dimotori oleh Renald Kasali.

Dalam buku Sejenak Hening ini, AdjieSilarus menuliskan setiap bab berdasarkan pengalaman hidupnya, secara acak. Tehnik penyampaian cerita yang ringan, menghibur, dan santai membuat kita dengan mudah dapat memahami inti dari setiap bab.

Di bab awal, Adjie Silarus dengan sederhana menganalogikan "jendela" dengan "indra kita". Tutuplah jendela saat hujan atau badai menerpa, bermakna tutuplah indera kita saat hal-hal buruk mulai mempengaruhi hidup kita.

Sebagian besar dari kita membiarkan jendelanya terbuka setiap saat, mempersilakan semua yang ada di luar dirinya masuk menyerbu, menembus, dan membuatnya sedih serta menciptakan masalah bagi dirinya sendiri. Tetapi, setelah itu terjadi, mencari-cari siapa yang bisa menjadi sasaran empuk untuk disalahkan. (Sejenak Hening - Halalaman 5)

Disebutkan, kebanyakan dari kita, sangat pintar dalam mempersiapkan hidup, tapi tidak pintar menjalaninya. Banyak dari kita yang hidup terjebak oleh masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Kita tanpa sadar melupakan hari ini, melupakan waktu 24 jam yang harusnya bisa digunakan sebaik mungkin. Padahal, hidup di hari ini adalah satu-satunya masa saat kita benar-benar hidup. Mencoba memandang setiap kejadian dari sudut yang berbeda dan positif, akan menjadikannya sebuah sumber kedamaian diri.
Sejenak hening akan membawa kita kembali ke rumah, ke nafas kita sebagai manusia, sehingga kita menemukan apa itu yang disebut bahagia, yang ternyata kebahagiaan itu selalu ada.

---------------------------------------------------------------------------------
Sejenak Hening merupakan karya Adjie Silarus yang saya baca pertama kali. Teasernya saya dapatkan dari email KEB. Walau belum selesai saya membacanya, tapi saya berani merekomendasikan bahwa ini sebuah buku yang sangat bagus untuk dibaca. Apalagi dipahami dan lalu dipraktekkan :)

Untuk segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, ucapkanlah dengan penuh kesederhanaan, "Terimakasih, Tuhan...."


2 komentar:

  1. aku juga lg pengen belajar meditasi
    penat pikiran mikir terus, kl meditasi mungkin penatnya ilang dikit ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener, de. Mnrtku sebenernya sholat itu juga mrpkn meditasi loh. Jika sholat nya itu yg khusu dan tdk terburu-buru..:)

      Hapus