kamunaku.com: Menikmati Wisata Edukasi dan Sejarah di Madiun

Menikmati Wisata Edukasi dan Sejarah di Madiun

Thursday, July 19, 2018

(sumber : ngopibareng.id)
Jalan-jalan seru bukan hanya saat mendatangi objek wisata alam saja. Wisata edukasi dan sejarah juga tak kalah menyenangkan. Apalagi, kalau memasuki waktu libur sekolah saya termasuk orangtua yang bingung mau ngajak anak-anak liburan kemana. Sangat penting bagi orang tua untuk memperkenalkan lingkungan sekitarnya sejak dini kepada anak-anak.  Salah satu cara yang menyenangkan tentu saja dengan berwisata ke tempat yang memiliki unsur edukasi atau sejarah.
Jika wisata edukasi memberikan anak kesempatan berinteraksi dengan berbagai hal baru dengan cara menyenangkan, maka wisata sejarah membuat anak memahami gambaran masa lalu atau perjalanan bangsa. Keduanya sama-sama perlu diperkenalkan pada anak. 

Nah, browsing - browsing lah saya mencari tempat wisata mana yang bagus dikunjungi. Dan menemukan kota pecel ini.... Madiun! Walau kota yang tersohor dengan nasi pecel ini lebih banyak memiliki objek wisata alam, ternyata ada pula beberapa tujuan yang termasuk wisata edukasi dan sejarah. Penasaran mana saja tempat wisata di Madiun yang dimaksud?

Tempat Wisata Edukasi dan Sejarah di Madiun

Terletak di jalur sibuk menuju Surabaya, kota Madiun kerap menjadi persinggahan bagi mereka yang hendak menuju ibu kota Jawa Timur dari sisi barat Pulau Jawa. Meski demikian, potensi wisata di kota ini kian berkembang dari waktu ke waktu. Banyak tempat wisata yang mulai berbenah diri untuk menyambut wisatawan. Tentu Madiun juga ingin bisa menjadi destinasi wisata pilihan, mengikuti kota terdekatnya seperti Solo.
Inilah tempat wisata edukasi dan sejarah di Madiun yang bisa dikunjungi.

  1. 1.      Masjid dan Makam Kuno Taman
(sumber : situsbudaya.id)
Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid Donopuro. Cagar budaya ini menampilkan jejak sejarah berkembangnya Islam di Madiun. Dibangun oleh Kiai Bonopuro atau Kiai Ageng Misbach tahun 1754, nyaris seluruh sudut masjid tampak asli. Hanya penambahan kanopi saja yang dilakukan agar para jamaah lebih leluasa beribadah.

  1. 2.      Situs Nglambangan
sumber : infomadiun.net
Selain Situs Trowulan, Kerajaan Majapahit juga menyisakan kejayaannya di Situs Nglambangan, Wungu. Berbagai bangunan dan artefak kuno bisa dijumpai di sini. Contohnya punden, sumur, watu dakon, lumbung, sendang, dan juga Pura Lembangsari. Tempat ini juga masih kerap dipakai untuk menjalani ritual adat Jawa pada Malam 1 Suro.

  1. 3.      Monumen Kresek
(sumber : infomadiun.net)
Masih ingat tragedi pembantaian massal oleh PKI pada tahun 1948? Rumah warga yang menjadi lokasi tragedi tersebut sudah berganti menjadi sebuah monumen. Selain monumen, ada juga sebuah prasasti yang bertuliskan nama-nama korban peristiwa mengerikan itu. Salah satu nama yang mungkin familiar bagi warga Madiun adalah Kolonel Muladi, yang namanya disematkan pada salah satu ruas jalan kota. Bertempat di Kresek, Wungu, monumen ini bisa jadi pilihan untuk menelusuri jejak sejarah kelam bangsa.

  1. 4.      Taman Wisata Umbul
Sejatinya taman wisata ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sebagai warisan era Kolonial, taman tersebut sempat terabaikan dan punya citra buruk. Namun, keinginan kuat pengelolanya untuk mengubah citra tersebut berhasil setelah mereka menambah berbagai fasilitas baru seperti wahana bermain dan koleksi satwa. Pengunjung yang datang ke sini pun tidak hanya bisa merasakan nyamannya berendam di kolam air belerang, tetapi juga mencoba berbagai wahana dan melihat pola tingkah satwa.
  
Dari 4 tempat diatas, ada yang sudah pernah dikunjungi? Buat saya, semuanya sudah jadi list wisata yang bakal saya datangi, insyaallah. Tinggal mencari tempat menginapnya di Madiun.   Karena tempat wisata mana pun yang hendak dikunjungi, lebih nyaman jika sudah memperoleh tempat dimana kami akan menginap. 
Kemudian saya mulai me-list nama-nama hotel murah di Madiun untuk tempat bermalamCara paling gampang tentu saja dengan mencari dan memesannya lewat aplikasi Airy 
Sebagai jaringan hotel dengan properti terbanyak di 72 kota, saya akan memperoleh kamar yang sudah terstandar. Mulai dari tempat tidur bersih, air hangat, perlengkapan mandi, TV layar datar, pendingin ruangan, air minum gratis, dan tentu saja akses WiFi gratis. Semuanya bisa  dinikmati sesuai pilihan kita. Istirahat nyaman pun bisa dilakukan setelah lelah menjelajahi berbagai tempat wisata edukasi dan sejarah.

Nah, tempat wisatanya sudah dapat, hotelnya juga mudah dipesan dengan Airy, tinggal menentukan tanggal kapan mau berangkat.

Tunggu apa lagi, ayo berlibur ke Madiun bersama keluarga!


21 comments:

  1. Wooww!! Menarik juga nih tempat wisata kota yang berjulukan kota brem ....jadi pengen kesana..😄😄

    ReplyDelete
  2. Wooww!! Menarik juga nih tempat wisata kota yang berjulukan kota brem ....jadi pengen kesana..😄😄

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah ke Madiun, semoga soon bisa segera ke Madiun yah, aamiin.

    ReplyDelete
  4. Madiunn mau kesaanaa.. duh pecelnya kalo disana gimaanaa gitu

    ReplyDelete
  5. Aplikasi Airy berguna banget memang kalo pas lagi traveling kaya gini. Duh jadi pengen ke Madiun buat eksplor tempat wisatanya..

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah ke Madiun.. baiklaaah kucatat tempat2 wisatanya.. bisa nih nanti kapan kapan kalau pas ke Madiun mampir mengunjungi monumen kresek, taman wisata umbul dan situs nglambangan. pasti seru

    ReplyDelete
  7. Masiun banyak tempat asik untuk disinggahi nih, bisa sambil belajar juga sekalian menikmati keindahan alam dan zaman lampau

    ReplyDelete
  8. Aku pernah ke Madiun cuma belum sempat eksplor kota perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah itu.
    Mesti diagendakan kayanya

    ReplyDelete
  9. madiun bukannya ada dua ya, kabupaten dan kota.. :)

    ReplyDelete
  10. wah madiun belum ada di list jalan2 aku nih.
    ternyata bnyak situs bersejarahnya, makasih infonya ya.. semoga bisa main ke madiun

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke madiun nib mbak, semoga suatu hari nanti bisa travelling kesana, seru banget kayaknya

    ReplyDelete
  12. Kota Madiun kota sejarah ininyah. Abby blompernah kesana ngeksplore kotanya tp sdh pernah lewat sih aja gk singgah. Ternyata banyak obyek wisatax yah

    ReplyDelete
  13. Kalau bicara madiun ingatnya ya pecelnya ya hahaha belum pernah singgah aku di kota ini. Next akan mampir buat menikmati sejarahnya.

    ReplyDelete
  14. saya belum pernah ke madiun nih, Mba. semoga suatu saat bisa ke sana dan bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata di atas, amiiin

    ReplyDelete
  15. Setuju bangat Mba,Wisata edukasi dan sejarah juga tak kalah menyenangkan bahkan bisa memberikan nilai edukasi bagi anak-anak.

    Banyak juga nih tempat wisata menarik di Madiun ternyata ya Mba.

    ReplyDelete
  16. Nah wisata edukasi cocok nih buat saya yang ingin mengenalkan tempat-tempat bersejarah pada anak-anak, saya belum pernah ke MAdun ternyata banyak tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi ya

    ReplyDelete
  17. banyak tempat menarik di madiun ternyata. Belum pernah kesana. Biasanya berenti di kereta karena perjalanan ke Jombang

    ReplyDelete
  18. Untuk wisata sejarah di Madiun yang saya kenal adalah Monumen G30S PKI, apalagi Madiun selalu dikaitkan dengan pemberontakan G30S PKI

    ReplyDelete
  19. Hari ini banyak baca blog tentang jalan-jalan jadi pengen cepet jalan2 lagi hihi.. Wisata edukasi paling asyik sebenarnya jalan2 tapi dapat banyak ilmu ya :)

    ReplyDelete
  20. sudah beberapa kali ke Madiun tapi belum pernah berwisata, kalau gini jadi tahu deh tempat wisata yang bisa sejarah yang bisa dikunjungi...

    ReplyDelete
  21. Eh ternyata di Madiun jg ada peninggalan sejarah kerajaan to, baru tau...
    Bahkan ada wisata reliji dan tentu saja yg berkaitan ma sejarah zaman PKI dulu ya... Jadi kangen Madiun dan pecelnya mbak :D

    ReplyDelete