kamunaku.com: Manfaat Sentuhan Ibu

Manfaat Sentuhan Ibu

Rabu, 06 Desember 2017


Seorang anak yang sering dibelai atau mendapat sentuhan ibu sejak kecil cenderung memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi dan lebih mudah bergaul ketika dewasa. Demikian penjelasan Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, di acara Nivea Sentuhan Ibu, 27 November lalu.

Dan aku memang percaya, bahwa anak yang memiliki kecerdasan emosional memiliki kepribadian yang disukai, lebih mudah bergaul dan lebih sehat jasmaninya. Berkat kemampuannya mengontrol emosi, anak pun berpeluang besar untuk meraih sukses di masa depan. Kecerdasan emosi ini dapat diasah/dibentuk melalui sentuhan ibu. Hal ini membuktikan bahwa sosok ibu berperan penting dalam membangun keluarga melalui sentuhan kasih sayangnya. Sentuhan ibu mampu membentuk kepribadian seseorang di kemudian hari. 

Bagaimana sentuhan ibu yang ajaib itu bekerja? Mba Vera menjelaskan lebih lanjut, sentuhan ibu yang penuh kasih sayang akan melepaskan hormon oxytocin. Hormon ini yang berperan mempererat hubungan ibu dan anak. Efek menenangkan dari sentuhan ibu menghasilkan hormon oxytocin, membuat anak menjadi sangat terikat dengan ibunya. Hormon oxytocin membuat anak connected, terhubung dengan ibunya. Jika ini terjadi berulang-ulang akan mempererat hubungan antara ibu dan anak. 

Bentuk sentuhan ibu pun bermacam-macam, mulai dari memeluk, mengusap, mencium, atau sekadar menepuk pundak anak yang sudah beranjak besar.
Bentuk sentuhan ibu lainnya yaitu dengan membacakan cerita. 
Hayooo, siapa yang saat ini masih suka membacakan cerita/dongeng sebelum tidur ke anak?
Membacakan cerita atau dongeng ke anak termasuk sentuhan ibu. Pada momen tersebut, ibu bisa menyampaikan pesan-pesan moral yang akan terus diingat anak. Karena anak biasanya lebih mudah nerima pesan/arahan melalui cerita. Manfaat lainnya, dapat menambah perbendaharaan kosakata serta menambah wawasan anak. 
Di saat momen tersebut akan pasti akan ada bonding antara ibu dan anak. 
Membacakan cerita tidak hanya terbatas pada malam menjelang tidur saja.  Tetapi kapanpun saat ada kesempatan bersama anak. Apalagi untuk anak yang sudah besar (abege). Bisa saat santai sepulang sekolah, misalnya.


Nah, dalam rangka menjelang hari ibu, Nivea mengadakan Nivea Sentuhan Ibu. Program Nivea Sentuhan ibu ini sebenarnya sudah dimulai bulan Oktober lalu dengan mengadakan roadshow ke beberapa tempat.

Nivea Sentuhan Ibu bertujuan menginspirasi masyarakat melalui video yang mengungkap pesan kasih sayang ibu di berbagai daerah di Indonesia. Melalui penyampaian video Sentuhan Ibu, Nivea memperlihatkan beragamnya cara ibu di berbagai daerah memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya. Di Indonesia, sentuhan ibu tercermin di berbagai daerah dengan beragam bahasa dan cara untuk menyampaikan pesan kasih sayang seorang ibu, namun dengan tujuan yang sama, yaitu ibu selalu memberikan yg terbaik buat anaknya.



Bersamaan dengan hal tersebut, NIVEA memperkenalkan rangkaian Nivea Creme Special Edition untuk meningkatkan kualitas ibu dan anak. Nivea Creme Special Edition ini dilengkapi dengan tiga koleksi buku cerita, yaitu "Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya", "Ayu Sang Idola Hutan", dan "Koko Rangkong Yang Pandai Mangayun".

Nivea telah menggelar roadshow di sejumlah Taman Kanak-akanak di area Jabodetabek dengan kegiatan mendongeng interaktif yang menghadirkan Paman Gery dan Bubu Mini untuk memperkenalkan rangkaian Nivea cream Special Edition ini. Sebagai puncak acara, Nivea mengadakan Big Bang Event pada 27 November sampai 3 Desember di Main Atrium Senayan City Mall dengan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjung khususnya ibu dan anak seperti creativity corner, photo costum creme mom and kid, cream usage education, mom and kids Game hand massage, dan penampilan khusus dari Nola dan Naura pada 1 Desember 2017.





3 komentar:

  1. Penasaran sm nivea ini, kmrn liat2 di timeline IG, jd pengen coba ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh, Ye.... Wanginya enak loh

      Hapus
  2. saya dulu sering pake produk ini.
    punyakx bunda aq colongin.. :D

    BalasHapus