kamunaku.com: Konferensi Ayah Bunda Morinaga Platinum

Konferensi Ayah Bunda Morinaga Platinum

Jumat, 06 Oktober 2017
Setiap ayah dan bunda akan sangat bahagia bila buah hatinya tumbuh dengan sehat dan cerdas. Untuk itu apapun akan dilakukan demi mewujudkannya. Termasuk dengan menggali informasi terkait. 
Menyadari pentingnya informasi yang benar agar tidak salah kaprah Morinaga mengadakan acara Konferensi Ayah Bunda Platinum. Acara ini dimaksudkan sebagai upaya mengedukasi kepada sebanyak mungkin ayah dan bunda mengenai pentingnya membangun anak generasi multitalenta.

Kegiatan yang juga diadakan di beberapa kota ini dikemas secara apik dan atraktif. Seperti yang aku saksikan minggu lalu di Bogor. 
Para ayah dan bunda mengajak serta anak- mereka.  Bahkan anak-anak terlihat menikmati berbagai permaian yang disediakan.  Iya, di Konferenai Ayah Bunda Platinum terdapat berbagai permainan edukatif dan interaktif. Ada juga boneka Chilo yang lucu. Terlihat kegiatan ini menyenangkan bagi anak anak.
Suasana ramai, ada beberapa booth untuk konsultasi 
Talkshow
Tak hanya permainan untuk anak anak, para orangtua disuguhi dengan talkshow yang menghadirkan pakar kesehatan dan psikologi anak sebagai narasumbernya. Di Bogor, kegiatan yang dilakukan di IPB Convention Hall ini menampilkan talkshow bertajuk "Siapkan Kecerdasa Multitalenta SiKecil Sejak Dini".
Bogor merupakan kota ke 22 diselenggarakannya Konferensi Ayah Bunda ini.
Dua narasumber Konferensi Ayah Bunda Platinum di Bogor menghadirkan DR. Dr. Edi Fadliana, SpAK dan Dr. Rose Mini,  MpSi (psikolog anak), serta Irfan Hakim sebagai moderator.
Pada sesi pertama, Dr. Edi Fadliana menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Sejak dalam kandungan ibunya, bayi sudah memerlukan perhatian dari kedua orangtuanya. Nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan berasal dari apa yang ibu konsumsi, termasuk kondisi psikologis ibu juga akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Untuk menciptakan kondisi psikologis ibu yang baik, dibutuhkan dukungan suami agar anak lahir dengan kecerdasan sempurna. 

Ada 4 faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta, yaitu :
1. Perkembangan otak
2. Ketahanan Tubuh
3. Tumbuh kembang Optimal
4. Kesehatan saluran cerna
Dr. Edi Fadliana narasumber sesi pertama , moderator Irfan Hakim.
Dr.Rose Mini, yang akrab dipanggil bunda Romi, di sesi kedua menjelaskan tentang pentingnya mengajak anak bermain

# Perkembangan Otak
Perkembangan otak anak dipengaruhi oleh 2 hal : Nutrisi dan Stimulasi. 

Sejak dilahirkan setiap bayi memiliki sekitar 100 milyar sel otak. Namun belum semua sel otak bayi tersebut terhubung dengan sempurna. Upaya yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan hubungan antar sel itu adalah melalui pembetian nutrisi untuk otak dan stimulasi dari lingkungan sekitar. 

Nutrisi memberi sel-sel otak anak cerdas.
Perkembangan otak anak di dalam janin bisa dilihat dari lingkar kepala dan berat otak anak. 

Pemberian air susu ibu (ASI) pada anak yang baru lahir hingga usia anak 2 tahun, sangat mengaruhi perkembangan otak anak. Karena banyak sekali manfaat ASI,  diantaranya memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik, kecukupan gizi,  serta hubungan psikologis antara ibu dan anak. ASI juga bisa meningkatkan kecerdasan yang lebih baik pada anak dalam jangka panjang.

Memberikan stimulasi sejak dini pada anak juga dimulai ketika mereka lahir. Bahkan saat mereka berada di kandungan pun ibu bisa merangsang bayi dengan memperdengarkannya musik. Mengajak bayi bermain merupakan stimulasi yang baik agar sel sel otak bisa saling terhubung. 

# Ketahanan Tubuh
Ketahanan tubuh juga didapat melalui nutrisi yang diberikan, ini termasuk kualitas asupan nutrisi saat ibu hamil.
Anak yg memperoleh ASI eksklusif optimal akan memiliki ketahan tubuh lebih baik daripada anak yg tidak mendapatkan ASI eksklusif. Seperti misalnya, Lactoferin yang bisa mencegah infeksi. Lactoferin ini sudah ada dalam ASI.

Pemberian Imunisasi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan antibodi anak dan bayi. Karena kita tidak bisa mencegah kuman tapi kita bisa memperkuat daya tahan tubuh anak.


# Tumbuh Kembang Optimal
Tumbuh kembang anak merupakan satu rangkaian kata yg tidak bisa dipisah. Anak harus tumbuh dan berkembang. 

Tumbuh ---> Struktur dan ukuran fisik.
  • Seperti berat badan
  • Tinggi badan
  • Lingkar kepala
  • Ukuran spesifik lainnya
Kembang ---> Fungsi dan kemampuan
  • Penglihatan dan Pendengaran
  • Motorik halus dan motorik kasar
  • Bicara bahasa



# Kesehatan Saluran Cerna
Kesehatan saluran cerna juga merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Saat anak usia bayi,  sistem pencernaannya memang belum berfungsi secara optimal, sehingga bayi menjadi sangat rentan mengalami gangguan pencernaan. Diare, misalnya. Anak yang sering mengalami diare mengalami kerusakan pada sistem cernanya. Kalau ini terjadi,  membutuhkan waktu lama untuk pemulihannya. 

Pemberian nutrisi yang baik sejak anak usia dini akan menciptakan saluran cerna yang sehat. Pada bayi, tentu saja ASI. Pemberian ASI selama 2 tahun merupakan nutrisi terbaik bagi anak, menciptakan daya tahan tubuh anak yang optimal.





Baca juga : Kecerdasan Anak Multiple Intellingences di sini 

Untuk membentuk kecerdasan serta kemampuan anak platinum perlu diimbangi dengan aktivitas yang menyenangkan namun edukatif. Karena itu orang tua perlu mengasah kemampuan anak melalui beragam aktivitas dan simulasi. 

Mengajak anak bermain merupakan stimulasi terbaik. Mengajak anak bermain tidak perlu dengan mainan yang mahal, cukup gunakan alat bermain yang ada. Dalam hal ini orangtua harus menjadi kreatif. 
Ajak anak bermain sesuai dengan tahap perkembangan dan kematangan kognitifnya. 
Misalnya,  anak usia 0-2 tahun tertarik dengan mainan yang berbunyi. Berikan mainan yang bisa bunyi dan bergerak. 
Anak usia 2-3 tahun bisa diajak bermain konstruktif, seperti menyusun lego, puzzle, dan seterusnya. 
Anak usia 3-7 tahun bisa diajak bermain peran. Anak akan senang diajak main dokter-dokteran, pesawat-pesawatan, dan lain lain. 


Konferensi Ayah Bunda Platinum persembahan Morinaga ini menjadi sarana belajar bagi para orangtua mengnai sinergi nutrisi dan stimulasi, serta mempraktekan langsung berbagai aktivitas anak.

Morinaga Platinum Mengandung Alfa-Laktalbumin & Kolin





















5 komentar:

  1. udah lamaaaa banget ngga ikut acara seperti ini mba...pasti dapat banyak ilmu

    BalasHapus
  2. Dan saya baru bener2 ngerti perbedaan indikator tumbuh dan kembang
    Ternyata meski satu paket lengkap, ada indikator tertentu sebagai tolok ukurnya

    Makasi sharingnya mbak

    BalasHapus
  3. Acaranya keliatannya seru banget. Mana bisa bawa baby lagi yaa... Belajar sambil asuh anak.

    BalasHapus
  4. Ternyata orang tua Bogor antusias banget ya dengan acara parenting seperti ini. Wuiiih sampai membludak bgitu. Emang penting bgt untuk selalu menambah wawasan tentang tumbuh kembang anak. Apalagi tentang bagaimana caranya membentuk kecerdasan multitalenta pd anak.PR banget itu untuk para orangtua.

    BalasHapus
  5. Nutrisi dan stimulasi, 2 hal penting bagi tumbuh kembang anak. Bersyukur bisa ikutan acara ini, banyak ilmu yg didapat...cerdas jadi ortu deh

    BalasHapus