kamunaku.com: Cantik ala Golden Ratio

Cantik ala Golden Ratio

Rabu, 23 Agustus 2017
"Kecantikan itu adalah 
berdasarkan siapa yang melihatnya"
---------------------------------------------
Menurutku kalimat di atas itu benar. Kecantikan wajah seseorang memang bersifat subyektif berdasarkan siapa yang melihatnya. Misal, menurut seseorang wajah A cantik, tp menurut orang lain wajah B lebih cantik. 

Tapi tau ngga kalau wajah ternyata punya penilaian cantik berdasarkan golden ratio? Dan bagaimana mengukur kecantikan ala golden ratio? 

Menurut dr. Adri Dwi Prasetyo kemarin di Brewerz Senayan City,  sebenarnya bagaimana menilai wajah kita terlihat proposional atau tidak itu mudah. Bisa berdasarkan insting saja.  Pakar Dermatologis ini mencontohkan saat selfie, biasanya kita suka dari sisi mana itulah sisi yang dianggap proposional menurut insting orang tersebut. Dan insting visual itu jika di cermati dengan baik, itulah yang disebut golden ratio. 
Bahkan sejak bayi, insting mengenali proposional wajah sendiri sudah ada.
Akan tetapi bayak orang yang merasa wajahnya tidak cantik dan ingin terlihat lebih proporsional. Lalu, mereka pergi ke dokter kecantikan untuk berkonsultasi bagaimana bagusnya wajah mereka.

Menurutku tidak salah jika ada orang yang menginginkan memiliki wajah terlihat lebih cantik dan proporsional selama itu tidak melanggar kodrat Tuhan. Tapi sebelumnya, aku kasih tau bagaimana cara mengukur wajah berdasarkan golden ratio:

1. Ukuran panjang dan lebar wajah
Garis wajah dari bagian trichion (bagian paling atas dahi/garis rambut) hingga ke bagian menton (bagian paling bawah dagu), dan juga garis wajah dari bagian pipi paling kiri ke yang paling kanan perbandingannya harus 1.618:1.
Orang yang memiliki wajah setengah kali lebih panjang dari lebarnya, dianggap memiliki wajah lebih cantik.

2. Proporsi wajah horizontal
Bagian atas trichion ke glabellar (area wajah antara alis kanan dan kiri), bagian tengah (bagian glabellar ke pangkal hidung) dan bagian bawah wajah (pangkal hidung kebagian menton) masing-masing harus proporsional yaitu sepertiga wajah.
Jadi, jika 3 bagian wajah tersebut sama ukurannya orang tersebut dikatakan cantik.

3. Simetris wajah
Wajah bagian kanan harus sama simetris dengan yang bagian kiri. Ini juga dijadikan penilaian orang dianggap lebih cantik jika memiliki ukuran wajah yang sama kanan dan kiri.

Nah, dari ketiga ukuran diatas, wajah kamu masuk ke kriteria yang mana? Kalau masuk ke salah satunya, berarti kamu wajib ikutan Ajang Golden Ratio Search.

Ajang Golden Ratio Search
Merz Aesthetics, adalah sebuah perusahaan penyedia ultherapy, sebuah teknologi ultrasonik untuk perawatan kecantikan non bedah yang dapat mengencangkan kulit, dan telah lolos uji FDA. 
Untuk pertama kalinya, di tahun ini Merz mengadakan ajang MAAT Golden Ratio Search, yaitu ajang pencarian wajah proporsional di Indonesia dan Asia.  Ajang  pencarian Golden ratio berdasarkan MAAT ini berlangsung hingga tanggal 30 September 2017.

Selain di Indonesia ajang pencarian ini juga diselenggarakan di 9 negara di Asia yaitu Hongkong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Ajang MAAT Golden Ratio Search merupakan yang pertama di Asia. Adapun tujuannya adalah dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman kepada wanita tentang proporsi dan daya tarik wajah serta merupakan bagian dari ajang peluncuran pedoman medis pertama yang membahas pendekatan holistik perawatan kecantikan wajah proporsional di Asia. Peluncuran pedoman medis tersebut akan dilaksanakan pada 38th annual meeting of the International Society for Dermatologic Surgery (ISDS) di Bangkok November 2017. Ajang pencarian ini merupakan program yang dikembangkan untuk mendukung tujuan dari pedoman medis tersebut, yaitu mengaplikasikan sains sains dalam ilmu kecantikan dan menyediakan pedoman perawatan kecantikan yang sesuai dengan proporsi wajah seseorang.

Pencarian The Golden ratio yang dilakukan di 10 negara ini menunjukkan bahwa wajah proporsional tidak memandang suku ataupun batas geografis. "Kerena setiap orang memiliki pendapat pribadi yang berbeda-beda tentang kecantikan wajah. MAAT Golden ratio search menggunakan ilmu pengukuran untuk menciptakan kesadaran public bahwa rasio simetris wajah juga merupakan bagian dari kecantikan. Wanita yang memiliki pengetahuan tentang proporsi dan bentuk wajah akan mampu menyesuaikan penampilan wajahnya sehingga cocok dengan dirinya," demikian penjelasan General Manager Merz Indonesia, Ricardo Manaloto.

Dr. Adri Dwi sebagai pakar Dermatolog dan juga juri MAAT Golden Ratio Search menjelaskan MAAT Golden Ratio Search menggunakan model dan rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah. Dengan teknik Golden Ratio akan membantu para ahli estetik untuk menghitung proporsi wajah dan menentukan treatment apa yang dibutuhkan seperti filler, batulinum toxin, dan yang terbaru adalah Ultherapi, sehingga menghasilkan wajah yang cantik serta juga terlihat proporsional dan simetris.

Ajang pencarian wajah proporsional MAAT Golden Ratio Search ini terbuka untuk wanita berusia 21 tahun yang berdomisili di Indonesia. Kandidat yang ingin berpartisipasi dapat menggugah foto pribadi sesuai ketentuan yang sesuai ketentuan www.goldenratiosearch.com. 
Juri-juri MAAT Golden Ratio Search terdiri dari pakar medis dan kecantikan, ada dr. Andri Dwi Prasetyo, Sp.KK (pakar Dermatologi), dr. Kevin Maharis (dokter estetik), serta Affi Assegaf (pakar kecantikan). Dari pihak Merz selaku penyelenggara diwakili oleh General Manager Merz, Ricardo Manaloto.  Keempat juri tersebut akan menentukan 12 kandidat dengan wajah Proporsional, setelah itu akan dilakukan voting (10%) di media sosial Facebook dan Instagram bagi 12 kandidat terpilih.

Kandidat yang terpilih dengan wajah paling proporsional akan berkumpul bersama dalam pengumuman dan acara pembukaan 38th Annual Meeting of the International Society for Dermatological Surgery (ISDS) pada bulan November 2017. Kandidat terpilih yang mewakili Indonesia akan mendapatkan uang saku sebesar USD 3.000. 
Ajang pencarian ini akan berakhir pada 30 September 2017

Langkah-langkah mengikuti Ajang Golden Ratio Search :
Untuk informasi lebih lanjut mengenai MAAT Golden Ratio silahkan kunjungi :






















1 komentar:

  1. Segala sesuatu memang sebaiknya proporsional, ya. Termasuk wajah pun begitu :D

    BalasHapus