kamunaku.com: Periksa Dini Kesehatan Untuk Perempuan Aktif

Periksa Dini Kesehatan Untuk Perempuan Aktif

Rabu, 09 Agustus 2017


Kalau kita sakit sudah pasti memeriksakan diri ke rumah sakit. Saat kita sehat, maukah ke rumah sakit untuk memeriksakan diri? 
Rumah sakit memang identik dengan orang sakit. Karena kata rumah sakit benar2 diterjemahkan secara harfiah sebagai tempat untuk orang sakit. Mungkin ini juga yang mempengaruhi psikologis orang yang datang ke rumah sakit. Sehingga tidak ada minat orang untuk mengunjungi tempat tersebut tanpa harus menunggu hingga sakit terlebih dahulu. 

Aku jadi teringat kejadian seorang teman, ia mendapatkan mentruasinya tak kunjung berhenti (baru lebih 3 hari siy). Tau ada yang tidak semestinya pada dirinya, tidak membuat ia langsung memeriksakan diri ke rumah sakit. Alasannya, ia ogah dengan suasana rumah sakit. "Lagipula baru lebih 3 hari kok," tambahnya lagi. Tetapi kemudian pada hari ke 4, aku menemaninya pergi ke rumah sakit. 

Tahun 2010, aku pernah parno dengan batu ginjal. Bermula dari seorang teman yang menderita batu ginjal harus menjalani operasi. Saat itu, aku yang sehat dengan kesadaran sendiri datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi masalah ini. Pernah juga (lupa tahun berapa), saat kanker payudara mulai trend, aku mau beranjak ke rumah sakit lagi untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri. 
Untuk sebagian orang menilai tindakan aku mungkin lebay, terlalu takut akan penyakit sehingga harus memeriksakan diri ke rumah sakit padahal diri dalam keadaan sehat.


Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati.
Menjaga kesehatan adalah mutlak buatku. Sebagai perempuan dan juga seorang ibu, aku ingin dalam menjalankan peran itu jangan sampai aku jatuh sakit. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit, mengingat faktor utama penyebab penyakit adalah pencemaran dan penggunaan bahan kimia dari berbagai produk yang kita dikonsumsi. 

Hal yang harus diperhatikan untuk mencegah penyakit :
1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
2. Mengkonsumsi makanan bergizi
3. Rajin berolahraga
4. Memeriksa kesehatan secara rutin. 
rajin berolahraga agar tetap sehat
Memeriksakan kesehatan secara rutin menjadi hal yang penting sebagai langkah pencegahan datangnya penyakit. Semakin cepat mengetahui suatu penyakit yang ada ditubuh kita, semakin mudah juga proses penyembuhannya. 

Periksa Dini Kesehatan untuk Perempuan Aktif
Perempuan, sangat lekat dengan peran perawatan dan pemeliharaan kesehatan bagi keluarga. Perempuan dianggap bertanggungjawab atas pemeliharaan kesehatan keluarga juga dirinya. Malah, sejak seorang perempuan dinyatakan hamil ia harus menjaga kesehatan dirinya bagi janin yang dikandung.
Tetapi tidak sedikit terkadang malah ia mengabaikan kesehatan dirinya sendiri. 

Padahal, perempuan sekarang tidak lagi hanya berperan sebagai ibu rumah tangga seperti dulu, yang hanya menjalankan fungsi reproduksi, mengurus anak dan suami. Perempuan kini sudah bisa aktif berperan diberbagai bidang kehidupan baik sosial, ekonomi, maupun politik. 
Perempuan Sehat Perempuan Hebat
Hari Jumat lalu, aku berkesempatan datang ke Prodia Womens Health Centre yang ada di jl. Wolter Monginsidi, Jakarta. Prodia Womens Health Centre (PWHC) merupakan klinik dengan layanan kesehatan khusus perempuan berbasis human wellness yang pertama di Indonesia. 
Apa hubungan PWHC dengan Prodia yang sudah ada?
Prodia merupakan laboratorium klinik, sedangkan PWHC adalah sebuah klinik, dimana Prodia (yang sudah ada sebelumnya) menjadi bagian dari PWHC. Dalam artian, Prodia menjadi pendukung semua layanan di PWHC. Jadi layanan di PWHC ini lebih luas, lebih banyak dan lebih lengkap. 
Mengapa PWHC memberikan layanan kesehatan khusus kepada perempuan?
Seperti yang aku tulis di atas, dari semua peran ganda perempuan saat ini perempuan dianggap sebagai makhluk spesial, yang juga sudah seharusnya mendapatkan perlakuan istimewa.

Untuk saat ini PWHC menjadi satu-satunya klinik layanan kesehatan khusus perempuan. Adapun layanan yang tersedia di PWHC adalah:
1. Obgyn Clinic
2. Diagnostic Centre
3. Clinical Laboratory
4. Gynaecology Oncology Centre
Gynaecology oncology merupakan layanan yang paling spesifik di PWHC. 
Masalah gynekolog seperti miom, kista, keputihan, mens tidak teratur dan banyak lagi menjadi concern di sini. 
Peralatan Pemeriksaan
Bagi semua perempuan penyakit yang paling ditakuti sekarang ini adalah kanker dan masalah kesuburan (Infertility).
Memang trend penyakit kanker sedang tinggi dan tidak mengenal usia. 
Di PWHC, perempuan mempunyai banyak pilihan untuk melakukan pencegahan penyakit dengan berbagai jasa layanan. Mulai dari konsultasi, edukasi, hingga servis pemeriksaan kesehatan (primary prevention). 
Untuk waktu konsultasi, PWHC memiliki konsep Patient Management. Dimana kita bisa mengatur waktu berkonsultasi dengan dokter melalui telepon terlebih dahulu. Jadi ngga khawatir dengan antrian yang panjang. 
Ruang konsultasi yang nyaman
Adapun tujuan PWHC adalah :
1. Memberikan kepedulian yang tinggi bagi kesehatan  perempuan sesuai dengan strata usia. 
2. Membantu perempuan memahami penanganan khusus dan keputusan dalam pemilihan pengelolaan kesehatan. 
3. Menyediakan jasa pemeriksaan laboratorium khusus kesehatan bagi perempuan, yang lengkap, fokus, privat, nyaman, dan bermutu. 
4. Menjadi wadah penelitian untuk kemajuan perkembangan pengelolaan kesehatan khusus perempuan. 
5. Melakukan edukasi terhadap kesadaran dan penanganan kesehatan perempuan. 

Rasanya begitu bahagia terlahir sebagai perempuan, karena hadirnya PWHC ini yang dikhususkan bagi perempuan. Dan betapa sebuah kesehatan menjadi anugerah kehidupan yang tak ternilai. Maka itu, periksalah kesehatan kita secara rutin dan berkala. 
Ayo, periksa dini kesehatan 


10 komentar:

  1. Dengan adanya PWHC diharapkan ada banyak wanita yang terbantu untuk menjaga kesehatannya ya mbak dwina.

    BalasHapus
  2. Skrg gak perlu ragu kalau mau periksa ke PWHC aja 😉

    BalasHapus
  3. Datang ke PWHC makin sadar pentingnya menjaga kesehatan ya mba :)

    BalasHapus
  4. perempuan hebat memang perempuan yang peduli akan kesehatannya. thanks PWHC

    BalasHapus
  5. Perempuan harus banget peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri. PWHC bisa menjadi solusi utk semua keluhan kesehatan wanita.

    BalasHapus
  6. Wah nyamannya. Setuju, selain olahraga kita harus periksa kesehatan jg. Mana tau ada bibit penyakit yg gak kita sadari.

    BalasHapus
  7. Iya apalagi masih Harus malu periksa. Sakit Kalau gak Di obati tambah parah Dan mau Di obati malu dokter Takutnya cowok. Ah ke pwhc aja

    BalasHapus
  8. Mencegah selalu lebih baik, enaknya periksa di sini karena fokus pada pencegahan

    BalasHapus
  9. Nah iya, masih banya yang berpikir ngapain periksa kesehatan kalau merasa sehat. Padahal sebetulnya penting banget periksa kesehatan

    BalasHapus
  10. Di PWHC jadi nyaman ya mau periksa kesehatan organ dalan, tempatnya bikin nyaman

    BalasHapus