kamunaku.com: Pesona Jogja : Homestay Murah dan Blogger Gathering

Pesona Jogja : Homestay Murah dan Blogger Gathering

Wednesday, October 19, 2016

Sekitar 2 tahun yang lalu (udah lama banget ya) aku, Ikmar, dan Mba Tanti (teman2 blogger) pernah berencana bahwa suatu saat kami harus pergi bersama lagi ke Jogja. Iya, kala itu kami sedang jalan2 ke Jogja bersama, dan berjanji kan balik lagi ke Jogja. Tapi karena 2 orang itu super sibuk jadwalnya, rencana hanyalah rencana.

Sampai kemudian, seminggu yang lalu mba Tanti tiba2 mengajak aku ke Jogja. Fix dengan tanggal kapan kami akan berangkat. Tanpa berpikir lama, aku mengiyakan ajakannya. (Ingat ya, Mba Tanti itu kan orang sibuk jadi aku mengikuti jadwalnya saja).

Beberapa hari sebelum berangkat, kamipun membagi tugas, Aku dan Ikmar membuat initerary, mba Tanti yang menentukan tempat menginap. Kami diputuskan berangkat tanggal 16 Oktober. Tetapi kali ini tidak hanya kami bertiga, ada mba Waya Komala dan Hananoyuri yang ikut serta.
narsis dulu  biar kliatan happy walau pesawat delay 3,5 jam
Sore hari kami sampai di bandara Adi Sucipto. Dengan dijemput kendaraaan milik penginapan (jarak dari bandara Adisucipto - penginapan hanya sekitar 3 km), kami pun tiba di homestay -yang mba Tanti pilih- yang berada di sebuah perkampungan kota Jogja. Tunggu dulu, aku sebut "perkampungan" bukan asal kampung ya, terusin dulu bacanya...

Mengapa kami memilih homestay bukan hotel? Karena budget kami ingin merasakan sebuah penginapan yang bernuansa khas Jogja. Apalagi infonya homestay ini juga milik seorang penulis terkenal. (Hohoho... Siapakah itu?)

Sebuah homestay yang terdiri dari 6 rumah yang disewakan, dimana setiap rumah terdiri dari 3 kamar tidur besar ber AC dan 1 kamar tidur kecil dengan kipas angin. Dua kamar mandi dan 1 toilette, 1 Dapur, 1 ruang makan dan 1 ruang tamu. Terdapat juga ruang parkir yang luas, dimana masing2 rumah memiliki garasi dan di dalam clusternya dapat menampung sekitar 6 unit kendaraan.

Tiap unit guesthouse di sini diberi nama tempat wisata terkenal di Jogja. Ada Prambanan, Borobudur, Kaliurang, dsb. Dimana nama2 tsb terhias  berupa lukisan dalam kamar di setiap rumah.

Apa nama homestay pilihan kami itu? Oke, kami menginap di PESONA JOGJA HOMESTAY.
Borobudur room, salah satu kamar tidur di Pesona Jogja Homestay

Pesona Jogja Homestay ini tetap terletak di jantung kota Yogyakarta. Hanya saja lokasi tepatnya memang menyatu / disekelilingi rumah-rumah masyarakat.

Walau menyatu dengan rumah2 penduduk, lokasi homestay ini tidak jauh dari jalan besar.  Bagi yang ingin mubeng2 Jogja tanpa kendaraan pribadi, dapat mudah mendapatkan berbagai macam alternative kendaraan, ada Trans Jogja, ojek, becak, angkot atau bahkan andong. Letak Pesona Jogja juga kurang dari 3 km dari Jalan Malioboro, Taman Pintar, Toko Kerajinan Mirota, Pasar Beringharjo, Benteng Veredeburg, Istana Sultan dan berbagai objek wisata serta atraksi lainnya. Hohoho....
jajanan khas dan suasana alam Jogja dapat ditemui di Pesona Jogja Homestay
Oiya, Pesona Jogja Homestay ini ternyata tidak hanya disewakan per rumah, namun bisa disewa per kamar. Saat kami menginap, ada juga seorang mahasiswa bule yang sudah berapa lama tinggal di sini. Mahasiswa itu hanya mengguna sepeda saja ke kampusnya. Lah wong lokasi homestay memang dekat dengan berbagai macam universitas. Menurut mba Widhi -pengelola homestay- dengan radius 1 km  saja ada Universitas Achmad Dahlan (UAD), Universitas Tekhnologi Yogyakarta (UTY), Univesitas Sarjana Wiyata Tamansiswa, dan STIE Kerjasama. Sedangkan Universitas Gadjah mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY – dulu IKIP Yogyakarta), Universitas Sanata Darma dan kampus2 swasta lainnya dapat ditempuh hanya dalam radius 5 km saja.

Jadi, yang ingin tinggal sementara,misalnya untuk kegiatan penelitian, menghadiri acara wisuda, atau untuk sekedar menengok keluarga, Pesona Jogja Homestay bisa menjadi pilihan menginap.

Dan satu lagi yang istimewa dari Pesona Jogja Homestay, lokasi nya berada di perkampungan batik jumputan. Jadi, kami yang tidak sempat hunting batik di Malioboro, bisa mendapati batik jumputan ddi sini. Ada salah satu rumah butik batik yang cukup terkenal, Lemospires (brb cek deh instagramnya @lemospiresbatik).
lemospires batik
Blogger Gathering
Acara blogger Jogja gathering ini aku ketahui satu hari sebelum keberangkatan ke Jogja. Acara ini jadi membuat kedatangan ku ke Jogja makin asyik karena aku bisa berkenalan dengan blogger2 Jogja.  Daripada aku pusing dg initerary yang berubah mulu (berubah karena kami banyak maunya), lebih asyik bergabung di acara Blogger Jogja Gathering ini. Toh, ternyata Ikmar dan Mba Tanti juga diminta mengisi acara di acara ini. Dan kebetulan banget acara Blogger Gathering juga diadakan di pesona jogja homestay.

Diawali dengan malam ramah tamah, pengelola homestay menyajikan jajanan khas, angkringan jogja dan wedang ronde. Tambah seru saat master doodle mba Tanti dan Carolina ratri mengadakan doodle-jamming. Hasil doodle-jamming dipersembahkan untuk pihak homestay sebagai kenangan2 dari acara blogger gathering ini. Keesokan harinya, masih bersama blogger jogja diadakan Yoga berlanjut doodle class.

Cukup sudah 2 hari aku di Jogja. Waktu yang sangat sebentar. Tetapi bisa mewujudkan rencana aku, mba Tanti, dan Ikmar ke Jogja bersama.
Tunggu aku lagi ya, Jogja... Aku pasti kembali. Ahay....

Info Pesona Jogja Homestay :
Alamat : Gang Pandu no.484, Celeban UH III, Umbulharjo Yogyakarta
Tlp : 0274 2872 723
0857 7698 3377
0812 26 94 8552

9 comments:

1. wah, breakfast hari minggu kayaknya cihuy banget yaaaaa....

ReplyDelete
  2. Sayangnya jauh mbak tempatnya coba saja kalau ada di jawa barat pasti saya akan coba deh berkunjung kesana selain membutuhkan waktu yang lumayan lama karena kalau sebentar gak seru juga sepertinya perlu ongkos yang lumayan juga ya.

3. mauuu halan2 homey karena rumah bentuknya ya mba.
    tapi enak kalau bawa keluarga gede bisa serumah. ini bayarnya serumah berarti ya kalau nginep sini

Replies
    1. Kl bawa keluarga besar sewa serumh aja, Cha... Murah bingit. Tp kl mau 1 kamar juga bisa.

Delete
  4. Ahaaayyyyy

Next destination is...... ?

Thankyouuuuu reportasenyaaa

ReplyDelete
  5. Ini cocok kalo liburan sekeluarga besar ya, homey banget kayaknya.