kamunaku.com: Mitos dan Fakta seputar Haid

Mitos dan Fakta seputar Haid

Sabtu, 29 Oktober 2016


Bener deh... Mempunyai anak perempuan yang mulai masuk masa puber itu menjadi peer tersendiri bagi aku. Sudah banyak pertanyaan yang ia lontarkan kepada mamanya. Pertanyaan2nya ya seputar masalah yang ia hadapi atau bahkan sebenarnya masalah temannya tapi dia tanyain juga ke mamanya. Selain pertanyaan2 dari dia, sebagai ibunya aku memang wajib memberi tau banyak hal yang harus ia ketahui di usianya. 

Mendiskusikan hal-hal kecil terkait masa yang baru dilaluinya memang menjadi tugas yang menantang buat aku. Ini yang aku sebut pe er. Selain butuh kesabaran dan pengertian,  aku perlu membekali diri dengan berbagai informasi supaya mampu memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai apapun kepadanya. 

Aku jadi ingat, saat ia mulai bertanya mengapa perempuan harus menstruasi dan apa yang harus ia lakukan. Hal2 sederhana sampai yang tak terduga ia tanyakan. Ini sangat beda dengan masaku dulu. 

Ada rasa bingung dan takut untuk bercerita kepada ibu. Bukan takut sebenarnya, lebih tepatnya ngga tau musti bilang apa. Apalagi orang tua jaman dulu banyak yang masih merasa terlalu tabu membicarakan beberapa masalah sensitif ini dengan anak-anaknya. Sehingga sang anak bingung harus bertanya dan mencari informasi kemana. 
aku ingin anakku nyaman bercerita segala hal pada ku

Haid atau menstruasi adalah darah yang keluar dari dinding rahim seorang wanita yang telah menginjak masa baligh. 
Siklus ini dipengaruhi oleh naik turunnya kandungan hormon selama 1 bulan. 

Banyak hal yang dipercaya oleh beberapa perempuan saat mereka menstruasi. Bahkan kadang hal-hal yang dipercayainya itu sebenarnya hanyalah mitos belaka. Tanpa mengetahui apa yang mendasari hal tersebut, tetap saja hal ini dipercaya. Diantaranya 5 mitos di bawah ini:

1. Mitos bahwa saat haid tidak boleh memotong kuku dan rambut. 

Mitos ini sudah populer di masyarakat mitos ini pula muncul dari kepercayaan bahwa di hari kebangkitan nanti semua anggota tubuh yang dibuang akan kembali
Maka jika memotong kuku dan rambut di saat haid bagian-bagian tubuh itu akan kembali dalam keadaan tidak suci. Tapi taukah kamu bahwa mitos tersebut tidak ada dasar nya dalam Islam. Sebaliknya Islam mengajarkan wanita haid untuk menjaga kebersihan seperti mandi dan menyisir rambutnya. 

Dikisahkan saat istri Rasulullah Aisyah menunaikan Haji Wada Ia mendapatkan diri sedang haid maka Rasulullah memintanya untuk mandi dan menyisir rambutnya:
"Bukalah ikatan rambutmu dan bersisir lah lalu masukkan ke dalam Ihram untuk mengikuti haji". Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

2. Mitos bahwa saat haid tidak boleh keramas. 

Mitos ini muncul karena dikhawatirkan jika keramas rambut akan rontok. Sama dengan memotong kuku, mitos tidak boleh keramas muncul dari kepercayaan yang salah. Mitos ini tidak ada dasarnya karena tujuan keramas adalah untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala. Apa jadinya jika seseorang yang sedang haid tidak boleh mencuci rambut padahal dengan mencuci rambut di saat menstruasi wanita akan tampil lebih percaya diri karena merasa bersih dan wangi

3. Mitos bahwa saat haid dilarang mengkonsumsi minuman dingin. 

Memgkonsumsi minuman dingin saat haid dianggap bisa memperlambat haid dan darah membeku sehingga bisa menyebabkan kista. Secara medis mitos ini tidak benar, karena siklus haid diatur oleh hormon estrogen dan progesteron bukan karena air dingin. Selain itu minum dan makan berhubungan dengan sistem pencernaan. Sedangkan sistem reproduksi dan pencernaan adalah hal yang terpisah dan tidak ada hubungan satu dan lainnya. Terlambatnya menstruasi bisa terjadi akibat hormon seseorang wanita yang tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon itu bisa dipicu oleh beberapa faktor fisik, seperti kelelahan, stres, dan juga penyakit.

4. Mitos bahwa saat haid harus mengkonsumsi minuman bersoda jika ingin mempercepat haid.

Ada beberapa wanita ingin mempercepat masa haidnya selesai karena ia menganggap haid selalu membuatnya tersiksa dan menghambat aktivitas. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan menunjukkan kalau mengkonsumsi minuman bersoda bisa mempercepat masa haid. 

5. Mitos bahwa saat haid dilarang berenang.

Berenang saat haid dikatakan dapat menyebabkan kemandulan. Padahal ditinjau dari sisi medis, tidak ada hubungannya antara berenang dengan kemandulan. Yang harus diperhatikan bagi para wanita berenang di saat haid adalah pakaian dan pembalut yang digunakan. Jadi jelas-jelas salah kan mitosnya. 



Di atas adalah mitos2 menstruasi yang sebaiknya tidak dipercayai. Sekarang apa fakta sebenarnya dri menstruasi?  Ini salah satunya, pada masa menstruasi atau haid resiko terkontaminasi bakteri pada daerah kewanitaan sangatlah tinggi. Pentingnya kesadaran wanita akan kebersihan daerah kewanitaan nya saat menstruasi perlu ditingkatkan. 

Beruntung beberapa minggu lalu aku hadir diacara blogger gathering yang menghadirkan dr. Liva Wijaya SPOG, menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan kewanitaan ini. 

Banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa saat haid adalah saat rawan masuknya kuman pada daerah kewanitaannya. 
Banyak mediator atas masuknya kuman pada daerah kewanitaan, diantaranya air kurang bersih yang digunakan untuk mencuci daerah tsb, juga celana dalam yang tidak meresap keringat. Benda-benda yang dimaksudkan secara sengaja atau tidak ke dalam derah kewanitaan seperti obat kontrasepsi, dan benang dari (celana dalam misalnya) semua bisa menyebabkan infeksi. Apalagi dari tampon/pembalut pada saat menstruasi.

Gejala awal yang dapat dikenali jika organ intim kewanitaan telah terkontaminasi bakteri yang mengakibatkan vaginitis yaitu gatal dan perih,  kemerahan, dan keluar cairan dari daerah kewanitaan (keputihan). 


Vaginitis adalah jamur di organ intim kewanitaan. Selain jumlah bakteri buruk yang bertambah Pada saat menstruasi lendir pembatas di leher rahim menghilang sehingga bakteri bakteri yang berada di area vagina bawah dapat mengakses daerah leher rahim

Di organ intim kewanitaan juga hidup kuman pelindung yaitu flora doderleins. Pada kondisi normal jumlahnya cukup dominan dengan fungsi menjaga keseimbangan ekosistem organ intim. Namun pada beberapa kondisi hormonal keseimbangan itu bisa terganggu misalnya saat stres menjelang dan setelah haid, kelelahan, diabetes, saat terangsang, hamil, atau mengkonsumsi obat-obatan hormonal seperti pil KB. 

Oleh karena itu menjadi penting bagi kita untuk membersihkan dan menjaga daerah kewanitaan dengan lebih seksama pada saat menstruasi. 
Karena jmur dan bakteri sangat suka daerah lembab.


alodita sedang menceritakan pengalaman haidnya

  1. Mencuci daerah vulva dengan air bersih dan sabun yang tidak menimbulkan iritasi. 
  2. Pilih pakaian dalam yang nyaman, tidak ketat dan berbahan menyerap keringat seperti katun.
  3. Cuci cebok dengan cara benar yaitu dari depan ke belakang untuk mencegah kuman dari anus masuk.
  4. Gunakan handuk / tisu sekali pakai.
  5. Bila pembalut secara berkala maksimal 3-4 jam sekali.
  6. Cuci pakaian dalam yang baru dibeli sebelum dipakai.
  7. Tidak saling menukar pinjam pakaian dalam. 

Jika terjadi infeksi obati dengan cairan khusus pembilas organ intim kewanitaan yang bisa didapat dengan mudah di apotik atau toko obat. Cairan antiseptik khusus vagina bisa menghentikan infeksi vagina vaginitis yang disebabkan jamur candida parasit trichomonas, bakteri, Mikososis atau infeksi campuran. 

Namun perlu diperhatikan cairan antiseptik ini tidak untuk digunakan setiap hari kecuali untuk pengobatan dan itupun Ada batas waktunya. Gunakan jika perlu saja yaitu ketika merasakan mulai terjadi keadaan yang tidak biasa atau jika disarankan dokter. itu sebabnya penting membaca dengan cermat saran penggunaannya

Akhir-akhir ini di pasaran banyak beredar pembersih organ intim kewanitaan dengan mengutamakan keharuman aromanya karena mengandung parfum. 
Pada kasus yang sering terjadi penggunaan bahan parfum untuk produk pembersih organ intim kewanitaan membawa akibat buruk timbulnya alergi dari alergi ringan hingga alergi serius. 
Hal ini dapat terjadi karena daerah kewanitaan merupakan daerah yang sensitif terhadap parfum. 
Betadine Feminine Hygiene
Salah satu pembersih yang terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri buruk pada daerah kewanitaan adalah Betadine Feminine Hygiene. Betadine feminine Hygiene dengan povidone ion iodin 10% efektif membunuh jamur dan bakteri penyebab keputihan tanpa parfum bebas alergi. Bakteri apa saja yang dapat dibasmi oleh Betadine? Keunggulan betadine dibanding antiseptik lainnya adalah betadine dapat membunuh virus (ant.lain virus herpes, rubella,  flu,  rhino,  hiv, dsb).

Jadi, yuk jaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan kita terlebih pada saat red day. 

4 komentar:

  1. Saya sebagai bapak kadang lucu denger curhatan anak perempuan saya, yaa akhirnya saya lemparkan suruh tanya sama ibunya.

    BalasHapus
  2. jadi pengen punya anak gadis #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikiiiiinn... Enak loh mba punya anak cewek

      Hapus
  3. Buat para cewe-cewe harus tau mitos dan fakta seputar haid.

    Bagaimana sih tanda-tanda menstruasi atau haid pada remaja atau wanita dewasa? Buat yang penasaran, bisa langsung baca > http://www.fpedia.id/tanda-tanda-menstruasi-haid/

    BalasHapus