kamunaku.com: [Advertorial] Pilihan Busana Menentukan Kesuksesan Wawancara

[Advertorial] Pilihan Busana Menentukan Kesuksesan Wawancara

Minggu, 17 April 2016

Beberapa waktu yang lalu adik sepupu saya yang fresh graduate curhat tentang kegalauannya akan panggilan wawancara kerja.  Saya cuma senyum-senyum mendengar curhatannya. Senyum bingung sebenarnya. Ini orang dipanggil wawancara kok malah galau. Ternyata kegalauannya bukan karena wawancara kerjanya, melainkan galau pakaian apa yang akan ia kenakan saat wawancara nanti. Senyum kebingungan saya berubah jadi salut dengannya, itu berarti ia memang sangat memperhatikan penampilannya. Kemudian, ia malah meminta saya memberikan tips bagaimana berbusana agar sukses saat wawancara. 

Memang, mahasiswa mana yang tidak galau kalau belum mendapat pekerjaan setelah lulus. Hal yang paling penting adalah terus berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian kita. Tidak masalah jika saat ini masih berjuang mencari pekerjaan. Tetapi senantiasa menjaga penampilan perlu juga loh. 

Menjaga penampilan ini tentu akan terbawa  ketika hendak melakukan wawancara kerja. Karena tak jarang karena kesalahan fashion yang kecil malah mengurangi nilai di mata tim pewawancara. Setidaknya ada 5 pilihan busana yang bisa jadi penyelamat, yang membuat penampilan kita ketika wawancara kerja menjadi lebih menarik.

Kemeja berkancing 
Kemeja dengan ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuh tentu membuat penampilan tampak menarik. Kenakan kemeja yang berkancing. Kesan rapi ketika mengenakan kemeja dengan gaya ini membuat  jadi tampak profesional.


Sweater Tanpa Motif
Sweater polos juga memberikan penampilan yang tak kalah keren ketika wawancara kerja. Padukan warna sweater sesuai dengan warna kemeja yang dikenakan. Sweater yang tidak terlalu tebal sangat cocok digunakan untuk bergaya di musim hujan.

Mengenakan Dress Juga Boleh
Menggenakan dress dengan warna yang terkesan kalem adalah pakaian tepat untuk wawancara kerja selanjutnya. Untuk melengkapi dress tersebut, kita bisa mengenakan blazer berwarna gelap untuk pakaian luarnya. Tetap ingat, pilihlah dress yang terkesan sopan dan formal agar lekuk tubuh tidak terlalu menonjol.


Celana Panjang dengan Warna Netral
Semua orang pasti setuju kalau celana panjang adalah item favorit untuk busana kerja. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan celana panjang bermutu. Cari celana panjang murah di MatahariMall saja. MatahariMall menyiapkan varian celana panjang kerja yang beragam untuk kaum wanita. 
Siap-siap untuk mengisi daftar belanjaan dengan produk-produk celana panjang best seller dari MatahariMall. Pilihlah celana panjang dengan warna netral agar mudah dipadukan dengan baju atasan yang lebih variatif.



Blazer Hitam
Blazer hitam memang tak pernah salah. Bahkan kemeja atau kaos bisa tampak stunning jika dipadukan dengan blazer hitam yang potongannya elegan. Sebaiknya kita memiliki 1 atau lebih blazer hitam untuk keperluan wawancara kerja dan aktivitas kerja nantinya.

Demikian 5 pilihan busana agar sukses saat wawancara. Dan yang lebih penting lagi adalah persiapkan mental dan pengetahuan agar saat wawancara kita dapat percaya diri. 

Semoga bermanfaat. 

7 komentar:

  1. wah ini penting, hehe

    saya sampai sudah lupa kapan pernah ikut test wawancara :)

    BalasHapus
  2. Selama kerja, baru dua kali wawancara, dan cuma pakai kemeja, jeans dan sneakers. Wawancara kerja juga tergantung posisi yang dituju ya :)

    Thanks atas tipsnya teteh cantik

    BalasHapus
  3. Eh bener sih, salah milih busana alamat berantakan wawancara. Si pewawancara bisa underestimate :)

    BalasHapus
  4. Hmm iya nih perlu pakai pakaian yang okeh kalau mau wawancara biar makin kece gituh.

    BalasHapus
  5. sya spendapat dengan artikel mbak dwina, karena fisik (busana) juga menentukan wawancara
    laki-laki sholeh

    BalasHapus
  6. artikelnya baguss, pakain itu menentukan wawancara diterima atau enggak
    indobotol

    BalasHapus
  7. Ma Wi, kalo postur epndek kaya aku, suka bingung pilih baju yang pas dipakai dan enak dilihat. heheu.

    BalasHapus