kamunaku.com: Kalau Lagi Suntuk...

Kalau Lagi Suntuk...

Sabtu, 09 Januari 2016


Sudah mau dipertengahan Januari 2016 aja. Cepat banget ya rasanya. Masih merasa bakalan flat aja hidup kamu? Janganlah. Tahun baru, brow. Ciptakan pikiran yang positif aja....ya walau hidup terasa membosankan, mbok nikmati aja. Tetap angkat dan tegakkan kepala, juga tetap berpikiran positif. Yakinlah, Allah akan selalu ada buat hambaNYA, DIA tidak akan meninggalkan kita dan akan selalu mengganti kesedihan dengan kebahagiaan. <---ini ngomong ke diri sendiri.

Iya, bener. Aku pribadi pernah kok merasa mengalami hidup yang membosankan. Suntuk banget rasanya, mau melakukan apa aja, ngga mood. Tetapi kalau ditanya apa yang membuat bisa ngga moid gitu, ya ngga tau jawabnya. Dan kalau udah ngga mood gini, ide nulis pun hilang sama sekali. Melototin draft juga ngga nyambung-nyambung.
Trus, gimana? Ya, yang penting kita menyadari bahwa kita sedang ada di saat ngga mood itu, sadari saja tapi jangan kelamaan dinikmati.  Lalu setelah itu, berusaha menciptakan hal atau suasana yang membuat kita semangat lagi.

Mandi pagi. Mandi memang aktifitas kita setiap hari. Tetapi, kebanyakan ibu rumah tangga seperti aku ini, mandi pagi dilakukan setelah pekerjaan dapur selesai. Bangun pagi biasanya langsung menuju dapur, masak memasak menyiapkan sarapan buat suami dan anak-anak yang akan berangkat ke kantor dan sekolah.
Tapi tau ngga bahwa mandi pagi bukan sekedar aktifitas rutin. Selain waktu mandi adalah waktu untuk membersihkan tubuh, ternyata mandi pagi juga mempunyai berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya, dengan mandi air dingin alami (bukan air hangat) bisa juga menghilangkan rasa depresi. Karena suhu air pagi yang alami bisa membantu memberikan pasokan oksigen yang cukup dan kebutuhan oksigen yang terpenuhi akan menekan tingkat depresi. Ayooo, jangan malas mandi pagi!

Memanjakan tubuh. Saat suntuk melanda biasanya selesai mandi pagi, aku paling suka mendekam di kamar. Merawat tubuh setelah mandi bisa diawali dengan memberikan lotion pada seluruh kulit badan kita. Kaki, tangan, dan seluruh badan. Selain membuat kulit tubuh menjadi lembut dan halus, pijitan lembut saat mengoleskan lotion bisa merelaksasi tubuh, juga wangi aromaticnya. Lanjutkan dengan pemanjaan  lain, foot spa, atau menata rambut misalnya. Hal-hal pemanjaan tubuh ini termasuk dalam hal menghargai diri sendiri. Ini bisa menghilangkan mood ngga bagus dan perasaan suntuk.

Mendengarkan musik masih dipercaya sebagai pembangkit mood. Apalagi mendengarkan musik yang kita senangi, akan menambah semangat. Sudah semuaa tempat spa dan sejenisnya, menggunakan musik sebagai media terapi. Saat jenuh melanda, mendengarkan musik slow instrumental bisa merefresh pikiran, membuat kita lebih tenang dan bisa kembali fokus. Atau pilih musik yang bertema ceria, itu juga membangkitkan semangat. 
Jangan pasang musik-musik galau ya. Malah mengingatkan pada mantan kali, Wii....halaaaah.

Kalau tiga hal diatas masih belum bisa membuat mood kembali bagus, coba untuk keluar mencari tempat baru. Bisa ke gunung dan tempat rekreasi, bisa ke cafe yang belum pernah kita coba, atau hanya sekeliling rumah pun bisa dijadikan tempat menghilangkan suntuk serta pikiran-pikiran yang memusingkan. Atau kalau belum pernah ke pasar tradisional bisa mencoba merasakan berbelanja di sana sambil mewawancarai pedagang bisa menjadi hal yang seru. Percaya deh dari tempat baru tersebut akan banyak ide untuk dishare dan pasti membuat kita melupakan kesuntukan.

Tambahan lagi niy, kalau aku lagi ngga mood dan ngga punya ide buat nulis apapun, biasanya yang dilakukan untuk mendapatkan mood adalah:

Lari ke dapur. Ngoprek di dapur sampai puas. Ngapain? Masak? Nggaaa. Aku suka bebenah dapur kalau terasa suntuk. Apasaja aku beresin perabot dapur. Piring, cangkir, dan sendok aku tata ulang. Bumbu-bumbu aku rapikan berdasarkan kegunaan dan warna wadahnya.

sumber

sumber


Atauuu mendekorasi ulang rumah. Jangan bayangkan mendekor ulang rumah secara berat ya. Cukup menata ulang tata letak furnitur, menambah atau mengurangi asesoris seperti wallpaper, frame photo, dan pernak-pernik lainnya.
Nah, kalau melihat dan berada di suatu tempat dengan suasana yang berbeda dari biasadnya bisa merubah mood menjadi lebih baik. Ide apapun bisa muncul dari mood yang baik. Setuju yak!

6 komentar:

  1. itu sudut wajannya menarik banget! Saya suka :)

    BalasHapus
  2. Rapih banget, Dwina,panci-panci tergantung dengan manisnya, tapi gimana kalo mau pake ya?Apa harus setiap kali perlu harus naek? Kan itu tinggi banget. Rapih sesuai orangnya yang cantix.

    BalasHapus
  3. Kalo suntuk gw sukanya nonton ataw bobok! Hehehe *sleepyhead*

    BalasHapus
  4. Kalo suntuk sy cari bakso ato mie ayam *eh :P

    BalasHapus
  5. Iya sy IRT yg jrg mandi pagi. Biasanya siang. Hehe.

    BalasHapus
  6. itu kok sofanya girlie banget, buat ibu ibu doang ya

    BalasHapus