kamunaku.com: Penyebab Orang Susah Tidur

Penyebab Orang Susah Tidur

Rabu, 30 September 2015

"Duh, kesiangaan. Gue baru tidur jam 3 pagi, nih." Salah satu celoteh teman di  grup whatsapp. Dia memang selalu tidur larut, malah menjelang subuh. Susah tidur, alasannya. Teman yang lain memberikan saran cara mudah tidur di malam hari.   Ada yang memberikan saran serius, banyak juga yang komentar konyol. Becandaan aja. Ngga cuma temanku, banyak orang susah bangun pagi dengan alasan kurang tidur. Akibatnya selain ngantuk, stamina tubuh menurun dan menganggu performa dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Wah, kalau aku yang kurang tidur, bisa senewen seharian. Mata udah seperti zombie deh.  


Kebanyak orang sulit tidur karena beban pikiran mereka. Tetapi tau ngga, selain karena karena pikiran yang menjadi ganjalan, terkadang ada hal kecil yang tanpa disadari bisa menjadi penyebab orang susah tidur. 
Pertama, Suhu kamar terasa panas. Suhu atau temperatus kamar yang kurang mendukung kadang menjadi penyebab aku susah tidur. Solusinya, aku selalu mendinginkan suhu kamar beberapa menit sebelum masuk ke kamar untuk tidur. Ya, nyalain AC dengan suhu rendah. Ngga ada AC, ya kipas angin...hehe.

Alergi debu juga bisa membuat orang susah tidur, dan ini tidak disadari. Ada sebagian orang yang tidak menyadari bahwa dirinya alergi debu. Padahal alergi akibat debu ngga bisa dianggap remeh loh. Kamar sebagai tempat berisirahat sebaiknya bersih dari debu. Terutama bantal dan guling yang paling sering kena wajah. Biasa rutin mencuci bantal dan dijemur untuk menghindarkan debu dan serangga yang mungkin menempel pada bantal. Ini yang terjadi pada anakku. Dia akan kusak kusuk, ngga bisa tidur kalau tempat tidurnya tidak di bersihkan terlebih dulu.

Hal kecil lainnya yang membuat orang susah tidur adalah tidak nyaman dengan keadaan tempat tidur. Ketidaknyamanan ini bisa dari benda-benda yang ada di kamar tidur. Termasuk sprei dan sarung bantal juga loh. Jika bahan sprei dan sarung bantal dirasa kurang nyaman, coba ganti dengan yang berbahan nyaman, katun atau satin misalnya. Aku suka bahan satin dan katun, terasa lebih nyaman dan tidak akan menimbulkan bekas garis di wajah saat bangun tidur.


Nah, demikian hal-hal kecil yang kadang disepelekan dan tanpa disadari menjadi penyebab orang susah tidur. Dan malam ini aku mau tidur nyenyak. Selamat tidur....



5 komentar:

  1. iya juga ya. tubuh udah ngasih sinyal, tapi kitanya yang nggak peka ya hehhee.. kalau saya susah tidur biasanya kalau sudah lewat jam ngantuknya tapi nggak dibawa tidur, alhasil melek terus deh matanya.

    BalasHapus
  2. susah tidur kalo belum cuci piring kalau aku :)

    BalasHapus
  3. susah tidur kalau lafeerr,
    etapi kadang2 susah tdur gara2 mikir ini mikir itu

    BalasHapus
  4. alhamdulillah saya termasuk yang paling gampang tidur alias pelor hehe

    BalasHapus