kamunaku.com: Cara Aman Sembuhkan Batuk

Cara Aman Sembuhkan Batuk

Senin, 14 Juli 2014
Urusan kesehatan keluarga merupakan perhatian utama buatku. Saat salah satu keluargaku terlihat  agak kurang sehat, aku berusaha untuk bisa memilih obat yang aman dan efektif untuk bisa membuatnya sehat kembali. Pertolongan pertama tentu dengan memberikan obat2an yang alami.

Saat suami batuk misalnya, aku akan memberikannya teh hangat campur jahe atau teh hangat campur madu untuk anak-anak. Jahe dipercaya mengandung zat anti-bakteri dan bisa menghangatkan tubuh. Untuk membuat ramuan teh hangat jahe ini, caranya cukup mudah, yaitu sediakan jahe sebanyak 2 jari atau secukupnya. Setelah itu iris jahe dan rebus dengan air secukupnya. Buat minuman teh dengan air rebusan jahe tadi.
Atau pakai jeruk nipis di campur madu atau kecap. Ini ramua sejak jaman dulu sepertinya. Jeruk Nipis jika dicampurkan dengan kecap atau madu telah lama dipercaya ampuh dalam mengobati batuk. Caranya potong bagi menjadi 2 satu buah jeruk nipis. Setelah itu peras air jeruk nipis tersebut kemudian campurkan dengan kecap. Ini bisa diminum 2-3 kali dalam sehari. Buat yang tidak suka kecap, bisa diganti dengan madu.
Sebenarnya, batuk itu bukanlah suatu penyakit loh. Batuk merupakan sebuah reaksi dari tubuh kita saat ada suatu benda asing yang mengganggu tenggorokan. Jadi batuk adalah reaksi normal tubuh. Selain karena polusi dan debu, gaya hidup tidak sehat, seperti terlalu banyak makan makanan berlemak, bisa menjadi penyebab batuk.  Makanan berlemak bisa juga dari gorengan, pengawet dan gula. Apalagi sajian buka puasa kan biasanya banyak menyajikan goreng-gorengan dan minuman manis tuh. (Yuk, mulai kurangi :))

Batuk akan menjadi suatu penyakit jika terjadi terus menerus lebih dari 2-3 hari. Ini yang harus diwaspadai. Berarti sudah terjadi iritasi pada tenggarokan. Faktor lingkungan seperti allergen di udara seperti debu, asap, bulu hewan piaraan, dan polusi seperti asap rokok dapat menyebabkan iritasi tenggorokan. Lebih lanjut lagi dari iritasi bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Radang tenggorokan akibat iritasi biasanya karena makanan yang terlalu pedas, asam, panas atau dingin, dan buah-buahan tertentu. Sementara, alergi akan menyebabkan radang tenggorokan jika zat penyebab alergi (seperti makanan, minuman atau bahkan minyak goreng bekas) masuk ke tubuh. Meski alergi tidak dapat diobati tetapi kita dapat menghindari penyebabnya dan menjaga daya tahan tubuh.

Pencetus batuk di sekitar kita tidak bisa dihindari, kalau sehingga kira perlu mengantisipasi secepatnya dengan alami dan aman. Untuk mencegah dan mengurangi dampak lebih lanjut gunakanlah masker. Gunakan masker juga saat sedang batuk. Ga mau kan keluarga lain tertular virus dari batuknya kita. Karena salah satu penularan batuk ke orang lain lewat kontak udara. Disaat kita batuk, banyak kuman yang disebarkan, kalau ada orang lain disekitar kita yang daya tahan tubuhnya tidak bagus, otomatis kita bisa menularkan ke orang lain. Jangan juga saat batuk menutup dengan tangan. Bisa saja saat bersalaman dengan orang lain kuman itu masih ada ditangan.

Sedangkan untuk pemilihan obat batuk keluarga, aku mendapatkan referensi obh combi sebagai pilihan yang tepat. Karena dalam obh combi ini ada kandungan licorice (succus liquorice)nya. Bahan alami yang telah teruji secara empiris bisa mengurangi gejala batuk. Succus liquorice merupakan anti radang , bisa dibilang anti inflamasi, dimana fungsinya bisa mengurangi gejala inflamasi yang disebabkan oleh batuk. Cara kerja succus bisa sebagai expectorant dan antitussive. Jadi, saat batuk sudah menjadi gejala dari penyakit, succus dapat dipergunakan sebagai anti inflamasi dari radang yang ada.

Menurut Senior Brand Manager OBH Combi, Kandungan licorice yang ada dalam obh ini tidak menimbulkan efek samping. Berfungsi sebagai espektoran dan antitusif yang bekerja secara perifer, modifikasi viskositas cairan pada saluran pernafasan juga relaksasi otot polos sehingga mengurangi intensitas batuk.
OBH Combi dijual bebas dan mudah didapat dipasaran dengan harga terjangkau. Tersedia dalam ukuran 100 ml dan 60 ml dengan pilihan obh combi batuk plus flu (tersedia dalam rasa jahe, mentol, dan madu) dan obh combi batuk berdahak (tersedia dalam pilihan rasa jahe dan mentol). Obh combi anak batuk flu ukuran 60 ml untuk mengatasi batuk pada anak. Dengan berbagai pilihan rasa strawberi, jeruk, apel, dan madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar