kamunaku.com: Melangsing Dengan Sehat dan Alami

Melangsing Dengan Sehat dan Alami

Jumat, 13 Juni 2014
Perempuan langsing? Ih, udah ngga jaman! (*langsung ditimpukin). Iyalah, sekarang ngga penting tuh langsing, yang penting sehat, iya ngga? Ada banyak pilihan untuk mendapatkan tubuh langsing. Dari diet, minum obat pelangsing, sedot lemak, sampai operasi. Pilihan terakhir, operasi, jelas memakan banyak biaya. Padahal, menurutku langsing atau gemuk, yang penting sehat. Etapi kalau mau langsing juga pakai cara yang lebih sehat dan alami untuk mendapatkan tubuh ideal, antara lain pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur. Kalau untuk olahraga, alhamdulillah aku sudah menjalaninya dengan rutin.

Pola Makan dan Stres
Walau sudah berolahraga dengan rutin, aku masih belum memiliki pola makan yang sehat. Seringnya aku memilih menu makan saat perut lapar. Tentunya ini bukan kebiasaan yang baik, karena otomatis aku akan memilih menu makan dalam porsi besar dan tinggi kalori untuk memenuhi perut yang sudah kelaparan.Saat lapar, keinginan untuk makan dalam porsi besar dengan menu bervariasi dipastikan akan meningkat. Ini berpotensi menambah berat badan.
Selain pola makan banyak, stres juga bisa menjadi penghambat melangsing. Stres biasanya memicu keinginan untuk ngemil, terutama makanan-makanan tinggi kalori dan kaya lemak. Karena bagiku makan makanan seperti keripik, makanan yang spicy, ice cream, cokelat, dan lain sebagainya bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh.

Kalau sudah mulai merasakan tubuh menggemuk, dulu aku menjadikan diet sebagai cara paling ampuh untuk melangsing. Sepertinya, kebanyakan perempuan seperti itu juga. Diet ini kadang berhasil, sering juga yang gagal. Diet yang tidak berhasil ini, biasanya karena konsepnya salah. Miss concepting, gitu. Maksud hati mau menghindari makanan malah terobsesi oleh makanan itu. Iya, ngga?

Nah, beberapa hari yang lalu aku mendapat tambahan info lagi dari ibu Nanny, founder goLANSING, bahwa melangsing itu mudah asal kita tau prinsip langsing, yaitu:
Pertama, Kita harus happy. Biarkan kita santai menikmati dan berteman dengan apa adanya tubuh kita.

Kedua, Eat less. Ini bukan berarti kita hanya makan dengan sedikit, melainkan makanlah hanya karena tubuh kita butuh. Ini berarti juga dengan memilih makanan dengan cerdas. Maksudnya, pilih makanan yang bergizi. Saat tubuh butuh asupan makanan berilah asupan yang bergizi. Kebutuhan karbo, protein, lemak, dan vitamin juga harus dipenuhi. Kebiasaan memilih makanan yang sehat setiap hari, tidak hanya membuat tubuh tetap sehat tapi juga langsing. Syarat utama untuk langsing sebenarnya memantau jenis makanan dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, bila kalori yang masuk berlebih, maka kelebihannya menjadi lemak dimana-mana.

Selain itu, makanlah dengan mindful. Maksudnya, menikmati setiap suapan, tidak terburu-buru. Kapankah terakhir kita menikmati betul kerenyahan ayam goreng? Merasakan setiap gigitan? Kaitkan tubuh kita dengan makanan. Coba deh, makan kripik kentang dan menikmati betul setiap gigitan yang masuk dalam mulut kita. Rasakan bumbu-bumbu didalamnya. Hhhmmm....
Makan dengan sistem mindful ini membuat kita akan berhenti makan sebelum kenyang. (Jangan lupa berdoa sebelum makan. Berdoa merupakan awal kita bisa menikmati makanan).

Yang terakhir, ganti auto pilot kita dengan ikhlas melangsing. Sistem auto pilot adalah pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar mengendalikan sebagian besar kerja tubuh. Jika kita mau langsing, stel auto pilot tubuh kita untuk langsing. Niscaya sistem autopilot yang ada dalam tubuh kita membantu apa yang menjadi tujuan kita.Juga memotivasi diri untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal yang juga sehat. Dengan syarat, nyaman, dan tidak tergantung. Tidak tergantung terhadap obat, produk, dan sebagainya.

Dan yang terpenting adalah cintai tubuh kita. Apapun keadaan tubuh kita, cintailah dan berikan yang terbaik buat tubuh dengan hidup yang sehat alami.
Foto bersama ibu Nunny dari goLANSING (paling kanan)
Http://golangsing.com

2 komentar:

  1. saya praktekin, ah. Kali aja jadi langsing :D

    BalasHapus
  2. Udah langsing, Maaaaakkkk.......:D

    BalasHapus