kamunaku.com: Memasak Sehat Tanpa Minyak

Memasak Sehat Tanpa Minyak

Sabtu, 15 Maret 2014
Beberapa hari yang lalu ku mendapat undangan dari Kumpulan Emak Blogger untuk menghadiri acara Demo Masak bersama Chef Kong's dan Lock & Lock di Jakarta.
Siapa yang belum tau Chef Kong's? Aku! :) Mulai besok nonton di tivi ya.
Chef yang ternyata bernama asli Randy ini sering membawakan acara Live Cooking Demo 8-11 di MetroTV.
Sedangkan Lock & Lock siapa yang tidak tau produknya. Produsen food container berbagai wadah makan dan minum.

Nah, di acara tersebut chef yang ramah ini menyajikan tiga resep masakan. Ada Paceng (makanan khas Makassar), Ayam Cabe Ijo, dan Puding.
Ketiganya merupakan resep masakan sehat yang tidak menggunakan minyak. Resep-resepnya mudah, memasaknya pun tidak sulit. 
Untuk Paceng (resepnya mirip-mirip pancake) dan Ayam Cabe Ijo, sang chef menggunakan Lock & Lock E-Cook, yang berbahan dasar alumunium berkualitas berlapis anti lengket yang meminimalisir penggunaan minyak. Bagi yg suka memasak, ato sekedar menggoreng telur, pasti kenal dengan yg namanya wajan anti lengket. Wajan atau peralatan ini sangat membantu. Sebenarnya sih, yang paling menguntungkan karena setelah memasak dengan peralatan ini, aku jadi gampang mencucinya. 


Sekitar pertengahan tahun 2013 kemaren, Lock & Lock mengeluarkan produk anti lengket ini, namanya Lock & Lock E-cook. Peralatan anti lengket ini ada 2 macam, yaitu yang berbahan keramik dan teflon. Jenisnya pun ada banyak. Ada pan cekung yang bisa untuk menggoreng, ada juga panci bertutup.
Beruntung aku bisa membuktikan sendiri keunggulan Lock & Lock E-Cook ini. Membantu chef memasak ayam cabe ijo dengan menggunakan E-Cook yang keramik dan teflon. Keunggulan 2 alat masak ini, selain anti lengket juga anti gores. Karena berbahan dasar alumunium, panas yang dihasilkannya pun cepat dan merata.
Oiya, kenapa tidak lengket? Menurut buku yang pernah aku baca, karena teflon mengandung 2 jenis atom, karbon dan flour. Flour ini salah satu jenis atom yang tidak akan bereaksi dengan apapun setelah membentuk ikatan yang mantap dengan sebuah atom karbon. Jadi flour ini tidak akan tertarik untuk menempel pada molekul telur, daging cincang, atau sayur-sayuran. Memasak menggunakan peralatan ini bisa dengan sedikit minyak, yang sangat baik untuk kesehatan.


Sedangkan untuk menu terakhir chef Kong's membuat puding menggunakan Lock & Lock Glass. Lock & Lock Glass ini aman digunakan dalam oven dan microwave, karena terbuat dari kaca borosilikat berkualitas tinggi. Borosilikat mengandung asam borat yang tahan akan panas tinggi. Dengan demikian kaca borosilikat tahan akan perubahan suhu yang ekstrem.


Nah, tiga masakan telah dimasak, ini dia penampakannya...
Pulang dari sini, mau cari resep tumisan lain ah, dan praktekkan dengan Lock & Lock E-Cook. :)


8 komentar:

  1. Iya kalau aku suka pake zaitun aja dikit mak ihhh enak enak ya gambarnya

    BalasHapus
  2. koq enggak diceritain cara masaknya yg tanpa minyak Mak? aku pengin tau niiihh...

    BalasHapus
  3. pernah baca sih mak kalau masakan tanpa minyak itu lebih sehat. Tapi kok belum siap untuk move on. Gak kebayang susah nelen tanpa sambal dan gorengan. Waahhh.... itu Lock & Lock Glass keren sekali....

    BalasHapus
  4. Mak ayam cabe ijonya bikin ngileerrr...
    Eh iya piye tuh masak tnpa minyak??

    BalasHapus
  5. tanpa minyak...prnh dengerin diRadio yg membahas ttg menumis tanpa minyak...tp dg air..tp sp skrg blm prnh nyoba mak...klau yg ini mgkn krn dr wajan teflonnya yg tdk memerlukan minyak u menumis ya...

    BalasHapus
  6. Aaahh pengen itu wajan Lock n Lock E Cook nyaaa :p

    BalasHapus
  7. Huaaa kereeen masak ya lock n lock ini...jadi sehat makan tnp bnyk minyak.

    BalasHapus
  8. Pengunjung blog ini mau Packaging Makanan yang bagus? Cobain deh greenpack. Kamu bisa lihat-lihat di link berikut ini : http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus