kamunaku.com: Semangat Taat (Ringkasan Pengajian Komimo)

Semangat Taat (Ringkasan Pengajian Komimo)

Selasa, 10 Desember 2013
Suatu hari datanglah seorang sahabat Rosulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam, dan bertanya," Wahai Rasul, wanita yang bagaimanakah yang paling baik?" 
Beliau menjawab," Jika ia dipandang selalu menyenangkan; jika diperintah taat; dan tidak menyelisihnya terhadap perkara yang ia benci bila terjadi pada dirinya dan hartanya (suami)."

***
Wanita, (saya lebih enak menulisnya dg kt Perempuan), mempunyai peranan sebagai manusia yang menghasilkan kehidupan bagi manusian lain. Sebagai seorang ibu dan seorang istri, ia bisa mendatangkan ketenangan dan kedamaian rohani. Memancarkan anugerah rasa cinta dan kerahmatan. Yaitu perempuan yang mampu bersyukur, menjaga dirinya (aurat), dan tidak menghitung2 harta.
Lalu, adakah yang berperilaku sebaliknya? Kadang ada seorang perempuan membenci kekurangan yang ada pada dirinya, tidak puas dengan kelebihan yang mereka miliki, dan tidak bersyukur. Terlebih terhadap hartanya (suami).

Padahal, menurut sabda Rasulullah, ada 3 hal yang lebih berharga daripada harta, yaitu :

1. Lisan yang senantiasa berzikir.
   
                 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya." (QS 33:41)


 الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram." (QS 13:28)

      إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي 
"Sesungguhnya Aki ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku." (QS 20:14)

 2. Hati yang bersyukur
Rasullullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda :"Orang2 fasiq adalah para penghuni neraka".
Lalu ada yang bertanya,"Wahai Rasulullah, siapakah orang2 fasiq itu?"
Beliau menjawab,"Para wanita."
"Bukankah mereka itu adalah ibu2 kita, saudara2 perempuan kita, dan istri kita?"
Beliau menjawab lagi,"Ya, yaitu mereka yang jika diberi tidak bersyukur (berterimakasih) dan jika diuji tidak bersabar."

3. Seseorang yg mempunyai pasangan (suami/istri) yg membantu dalam urusan agama.
Sedemikian besar peranan istri terhadap kesuksesan suaminya, yaitu istri2 yg sholehah. Dan begitu pula sebaliknya. Istri membutuhkan suami yang sholeh untuk membimbingnya. Suami-istri yang saling mengingatkan dan tolong menolong dalam urusan agama.

Bagi perempuan, sebagai seorang ibu dan seorang istri, adalah makbul doanya jika dipanjatkan dengan penuh ketaqwaan kepada Allah. Salah satu doa yang sebaiknya dipanjatkan bagi keselamatan keluarganya, anak2 dan suaminya, adalah DOA KESELAMATAN.

"BISMILLAHI LAA YADHURRU MA'ASMIHI SYAI'UN FIL ARDHI WA LAA FISSAMAA'I WA HUAS SAMII'UL 'ALIIM"

-Dengan nama Allah yang tidak dapat mendatangkan kerusakan (bahaya) beserta nama-NYA apa yang ada di permukaan bumi dan tidak pula apa yang di permukaan langit. Sesungguhnya Ia Maha mendengar Lagi Maha Mengetahui-

Rasulullah bersabda: "Seorang hamba yang berdoa pada pagi setiap hari dan pada sore setiap malam, "BISMILLAHI LAA YADHURRU MA'ASMIHI SYAI'UN FIL ARDHI WA LAA FISSAMAA'I WA HUAS SAMII'UL 'ALIIM" sebanyak tiga kali, maka tidaklah berbahaya baginya apapun jua"

***
Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu


1 komentar: