kamunaku.com: Film Sukarno - Napak Tilas Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Film Sukarno - Napak Tilas Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Sabtu, 14 Desember 2013
Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemain : Ario Bayu, Maudy Kusnaedi, Lukman Sardi, Tanta Ginting, Tika Bravani, Ferry Salim.
Genre : Drama Perjuangan
Durasi : 2,5 jam

Tahun 1943-1945 merupakan tahun-tahun paling menegangkan yang harus dihadapi oleh rakyat Indonesia. Hidup dalam ketidakbebasan di masa penjajahan Belanda berganti penindasan dalam jajahan Jepang. Setelah hampir sekian tahun hidup dalam penjajahan dan berjuang, akhirnya rakyat Indonesia bisa merasakan kemerdekaan dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Sukarno.
Rasa nasionalisme Sukarno yang sudah terlihat sejak ia kecil berkembang hingga dewasa, dan kemudian mampu membawa rakyat Indonesia menuju kemerdekaan. Betapa kuat kharisma Sokarno di mata semua rakyatnya. Termasuk di mata Syahrir, salah satu pemuda yang selalu mempunyai pandangan berbeda dengan Sukarno.

Selain munculnya tokoh-tokoh penting dalam masa itu, dalam film ini dimunculkan juga sosok Inggit Ganarsih. Mungkin tidak banyak yang mengetahui peran istri kedua bung Karno ini, yang setia menemaninya selama masa pengasingan Belanda. Sosok yang sederhana nan sabar tetapi harus menyingkir juga karena kehadiran Fatmawati.

Permainan para pemain dalam film ini tampaknya akan segera jadi perbincangan banyak orang. Film perjuangan seperti ini sebenarnya saya suka, karena unsur sejarahnya yang bisa membangkitkan kembali jiwa nasionalisme anak bangsa serta membuat generasi muda menghargai perjuangan  pahlawan bangsanya. Mencoba membayangkan jika kita berada pada tahun itu. Menapak tilas kemerdekaan bangsa dicampur romansa cinta sang proklamator.

***

Undangan dari SunCo untuk nonton bareng Kumpulan Emak Blogger kali ini berasa beda. Tidak ada acara masak memasak, goreng menggoreng, atau cicip mencicip resep. Tetapi bukan KEB namanya kalau tidak bisa menghidupkan acara kopdar apapun :)


2 komentar:

  1. aaeehhh...aku keliahatan super cuby disitu, harus diet beneran nih :v :v

    BalasHapus
  2. Ahhh, Nyesel ga ikut kopdar ini.
    Arghh, saya juga belom nonton pilemnya --"

    BalasHapus