kamunaku.com: Sholat Ied di Ciamis

Sholat Ied di Ciamis

Jumat, 09 Agustus 2013
Allahu akbar...allahu akbar...allahu akbar...
Suara takbir sudah terdengar dimana-mana sepanjang perjalanan saya pagi itu di kota Ciamis. Alhamdulillah lebaran tahun saya masih bisa mengunjungi orangtua di sana. Dan tempat tujuan saya pagi itu adalah  bersholat ied di Masjid Agung Ciamis.
Agak lumayan jauh memang jarak antara rumah mertua saya ke Masjid Agung Ciamis, sekitar 5 km. Tetapi memang sudah niat saya, terutama anak-anak, tahun ini ingin bersholat ied di sana 

Ramadhan baru saja berlalu. Ramadhan yang saya jadikan parameter untuk melangkah ke depan, untuk menjadikan hari-hari kedepan lebih baik lagi. Ah, sedih.'
Biarkanlah Idul fitri ini menjadi kemenangan yang hakiki buat orang-orang yang tulus menjalankan ibadah dihari-hari sebelumnya.
Melihat wajah-wajah ceria di sepanjang jalan menghiasi lebaran membuat saya ikut tersenyum di dalam mobil. Saling berbagi kegembiraan dan keceriaan :).
Eh, sampai juga saya di Masjid Terbesar di Kota Ciamis ini.




Saya mendapat tempat di bagian alun-alun, yang merupakan tempat jamaah perempuan. Letak Masjid Agung Ciamis memang berhimpitan dengan alun-alun. Kemudian saya pun memilih menempatkan sajadah di shaf terdepan jamaah perempuan.

Sebelum sholat ied dimulai, bupati Ciamis sempat memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, beliau menghimbau agar idul fitri ini bisa dijadikan momentum yang bermakna, yang diejawantahkan sebagai hablum minallah dan hablum minannas.
Seolah hampir seragam dengan sambutan bupati, ceramah idul fitri di Masjid Agung ini juga mengupas tentang pentingnya ukhuwah yang harus kita bina dan kembangkan. Bahwa pada dasarnya manusia itu bersaudara, menjadikan ukhuwah ini menjadi sangat mendasar dan universal. Walau Indonesia terdiri dari suku bangsa yang majemuk namun harus tetap satu dan kokoh. Menjadikan kemajemukan itu sebagai mozaik, menambah keelokan berbangsa. 

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya, Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu" An Nisaa:1

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal." Al Hujurat : 13

Memang, jika ukhuwah ini kita hadirkan dalam hidup akan menjadikan hidup indah. InsyaAllah akan tercipta kesejahteraan dan kedamaian.

Tetapi, kekhusu'an sholat sunat muakkad ini terasa kurang buat saya saat imam lupa dalam bertakbir dirakaat kedua. Jumlah takbir lima kali hanya dilakukan satu kali. Dan tak ada satupun makmum yang mengingatkan imam. :(
Mengutip status teman fb, "Jika imam sholat ied keliru maka ribuan jamaah turut keliru.. dan mungkinkah ribuan jamaah itu dapat melakukan koreksi?"

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar