kamunaku.com: Serunya berkomunitas

Serunya berkomunitas

Selasa, 09 April 2013
(foto: blogdetik)
#BloggerBicara Komunitas, itulah acara yang aku hadiri di Demang Resto & Cafe, Sarinah-Thamrin Minggu 7 April kemarin. Kali ini aku mendapatkan info acara itu dari Kumpulan Emak Blogger. Ketika aku membaca informasi acara ini, awalnya aku tidak begitu tertarik, jauh ku pikir, hari minggu pula (*hari keluarga :p). Lagipula aku ada rencana ke Bandung tanggal 7 itu. Tapi entah ada rasukan dari mana sabtu siang tgl 6 aku mengirim email pendaftaran dan langsung dapat jawaban dari mba Astri Kurnia.

Singkat cerita, tibalah aku di Sarinah hari itu, setelah perjuangan jalan sendiri ber-kereta, dan ber-busway (*rumahku di Bogor). Aku termasuk peserta yang hadir tepat waktu. Saat tiba di dalam Demang resto & cafe aku dalam kondisi lapar, dan lucky me acara diawali dengan makan siang bersama. Alhamdulillah, aku bisa isi perut sambil mencari kenalan (*jurus sksd dikeluarin).

Memasuki acara, peserta mulai banyak yag hadir, suasana mulai akrab, mc-nya lumayan kocak, mas Marwan dan mas Karel. Aku yang baru pertama kalinya ikut acara rutinnya @blogdetik ini mulai menyimak acara. Karena temanya adalah Komunitas, banyak komunitas yang hadir, ada komunitas Sugar Glider Fun & Crazy (SGFC), Kumpulan Emak Blogger (KEB), Kartunet, JakartaBerkebun, Bloggerreporter, KopdarJakarta, AseanBlogger,.....hhmm, banyak deh.

Acara yang  disponsori XL, Lenovo Mobile, Bening Communications, detikForum dan Cari Cinta ini, memulai intinya dengan diskusi tentang seluk beluk komunitas. Apa sih definisi komunitas itu, samakah komunitas dengan organisasi atau ormas, perlukah  adanya aturan/tata tertib dalam sebuah komunitas, bagaimana solusi jika ada masalah dalam komunitas itu, dan sebagainya. Diskusi yang menarik, karena ternyata tiap pribadi mempunyai maksud, tujuan dan pandangan yang berbeda walau mereka berada dalam satu komunitas yang sama. Di situlah serunya berkomunitas, life is never flat....(*salahiklan :p).  Dari diskusi ini aku baru tau loh kalau cinta segitiga bisa jadi masalah serius juga dalam komunitas (*lugu).
(foto: blogdetik)
Kesimpulanku, berkomunitas itu seru. Apalagi kalau komunitasnya seputar hal yang memang menjadi minat kita. Jika ada komunitas yang mempunyai aturan sendiri, selama anggota-anggotanya merasa betah, ya boleh-boleh aja. Toh, komunitas itu sifatnya gak mengikat kok.Dan kesimpulan bahwa ego pribadi gak boleh ada dalam sebuah komunitas apapun, aku setuju. Uhuk !! (*batukdulu)

Di sela acara, XL sebagai salah satu sponsor acara ini menerangkan program XL Komunitas, solusi hemat berkomunitas tanpa batas. Jujur, aku baru ngeh akan keuntungan XL Komunitas ini, yaitu bisa nelpon dan sms gratis sesama komunitas selama 24 jam penuh. Pantes anakku yang abg anteng aja dengan provider ini.

Acara juga makin seru setelah para peserta diminta untuk membuat komunitas dadakan lintas komunitas.  Dari keseluruhan peserta hadir terbentuklah 8 komunitas yang masing-masing terdiri dari 10 orang. Games pun dimulai. Disinilah gak boleh ada lagi jaim-jaim dan malu-malu (*otomatis harus buka suara dan unjuk gigi :))  Permainan pertama adalah membuat yel-yel, berlanjut  dengan permainan 'sedang apa'. Pemenang dari dua permainan ini mendapatkan voucher belanja dari Carefour senilai 1 juta rupiah persembahan dari @MbaTitis detikforum.

Serunya adu yel-yel (foto: blgdetik)
Permainan selanjutnya adalah cerdas cermat, pesertanya hanya 6 orang yang masing-masing memegang huruf   L, E, N, O, V, O. Huruf yang menempel digantungan kunci yang didapatkan ketika daftar ulang di awal acara. Hadiah buat pemenang cerdas cermat ini adalah sebuah handphone Lenovo S880 persembahan dari Bening Communication. Dan satu hadiah lagi sebuah Netbook Lenovo baru akan diberikan bagi postingan review terpilih selasa nanti.


Inilah "komunitas pojok"ku yang berhasil mendapatkan voucher belanja carefour (foto: blogdetik)
Pemenang HP Lenovo S880 bersama Mba Melly dari Detik Community (foto: blogdetik)

Menjelang jam 5 sore akhirnya acara berakhir. Alhamdulillah, senang bisa ikut acara  ini. Acara pertama buat ku dengan @blogdetik. Selalu menyenang bertemu dengan teman baru, komunitas baru. Semoga komunitas-komunitas yang hadir hari itu bisa menginspirasi dan memberi manfaat positif satu sama lain.

Selamat berkomunitas!!





7 komentar:

  1. wah, seru acaranya, plus dapat hadiah. Aku belum pernah ikut acara kayak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga pertama kalinya buat aku, Ntik...:)

      Hapus
  2. Acaranya seruuuu
    dan aku bisa kenalan sama bunda dwina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga jadi bisa kenal kamuh. Laen kali kita barengan lagi ya.

      Hapus
  3. Selamat menikmati vouchernya ya mbak Dwina.
    saya juga menuliskan oleh-olehnya di sini : http://etahu.wordpress.com/2013/04/09/komunitas-kini-membentuknya-lebih-gampang/

    BalasHapus
    Balasan
    1. eee...ada pak ketua. Salam pojok!

      Hapus
  4. Waaah, dari Bogor juga ternyata. Lain waktu kalo ada acara beginian kita koordinir bareng2 yok yg dari bogor. Jadi ke TKP rame2 gitu biar ga bete pas di jalan... hahaha... :D

    BalasHapus