kamunaku.com: Penganugerahan Srikandi Blogger 2013

Penganugerahan Srikandi Blogger 2013

Selasa, 30 April 2013
Minggu pagi itu, jam 5.30 WIB aku sudah berangkat dari Bogor. Ditemani dengan 2 orang teman dari KEB (Mak Winny dan Mak Milan) kami menuju Jakarta untuk acara Penganugerahan Srikandi Blogger 2013. Acara yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger ini bertempat di Gedung F Kemendiknas. Pagi itu cuaca teramat sangat bersahabat, sepertinya tau kalau ada ratusan perempuan, yang sehari-harinya nguprek di rumah, akan keluar rumah menghadiri acara penganugerahan ini.

Kami bertiga ngga tau kalau hari itu ada acara car free day sepanjang jalan Sudirman - Thamrin. Sehingga mau tak mau kami harus berhenti dan berjalan kaki dari bunderan Ratu Plaza. Ada insiden "kelom copot" dalam perjalanan kaki ini. Untung orang-orang Jakarta cuek-cuek ya, jadi aku ngga malu jalan "nyeker" sampai ke lantai 6 Gedung F Kemendiknas (*cuma ada satu bapak aja yang ngeliatin, hihihi...).

Perempuan era digital harus berani nyeker juga loh :) 
Memasuki gedung F Kemendiknas, tujuan pertamanku adalah ruang make up. Ya, aku menjadi bagian dalam acara Penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 ini. Aku bukan finalis Srikandi Blogger, aku juga bukan panitia. Aku diminta panitia (mak Irma) menjadi salah satu model di acara Fashion Show (*baru ikut fashion show aja udah bangga, apalagi kalau aku jadi finalis kali ya...Ngayal, Mak!).  

antrian yang mau di make over
"Ngantri, maaakk!!"
Acara yang dijadwalkan berlangsung dari jam 9.00-14.00wib baru dimulai jam 10. Samar-samar dari ruang make up aku mendengar sebuah tarian jaipong yang menjadi tanda pembuka acara.  Dilanjutkan dengan pembacaan puisi monolog oleh Wylvera, karya Irma Senja. Sebenarnya pengen banget duduk di depan menyaksikan jalannya acara, tapi apalah daya, aku dalam antrian di ruang make up. Tambah lagi, high heel yang ku bawa biasanya enak dipakai, tapi kok ini terasa kegedean (*kaki bisa menciut ya?)

Sesekali dari ruang make up aku melongok mengintip jalannya acara. Kalau diperhatikan acara yang diselenggarakan oleh KEB ini tidak lazim pada kebanyakan acara pemilihan-pemilihan sejenis. Biasanya nih, kalau pemilihan-pemilihan seperti ini acaranya itu formal, tegang, hening. Tapi begini lah dunia emak-emak, yang hidupnya memang 24 jam dengan anak-anak. Jadi wajarlah terdengar teriakan anak-anak di tengah acara.

Yeah, akhirnya high heel bisa terakali dengan sumpelan tisu walau jalanya agak sakit karena jadi sempit tapi it's oke daripada pas jalan on stage heel lepas dari kaki. Aku pun bisa duduk menyaksikan acara pas mba Mira Sahid, founder KEB, memberikan sambutan. Lanjut dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng. Penganugerahan Srikandi Blogger ini merupakan puncak dari acara ulang tahun KEB yang kesatu. Selamat Ulang Tahun KEB, semoga terus menginspirasi (*maaf, telat ya ngucapinnya).

(*foto : Dian Kelana)
Mulai lah pengenalan pengurus KEB, ada MakPon (emak founder), MakJurbay (emak juru bayar alias bendahara), MakPuh (emak sepuh), MakMin (emak admin). Keren ya, Mak, panggilannya. 
Jujur, aku baru tau kepanjangan dari sebutan-sebutan itu. Maklum yubi di KEB, masih malu tanya sana-sini.  

Bagiku ini acara emak-emak paling cetar membahana. Gimana ngga, bagi-bagi hadiahnya ngga pelit-pelit. Baru setengah acara, sebuah blender electrolux diberikan kepada peserta terjauh, mba Anazkia dari Kuala Lumpur. 
Ditambah lagi voucher carefour untuk 2 orang pemenang games tweet. Salah satunya bumil Echa menang! 
Sesi pertama acara SBKEB2013 ini akhiri dengan drama tentang Berani Kotor Itu Baik -nya Rinso. Ada mak Ani dan anaknya MakPuh yang jadi artis dramanya.

Ketika waktunya acara makan siang, aku balik ke ruang ganti. Persiapan ganti kostum buat fashion show. Makan siangnya di ruang ganti bareng MakMod (*emak-emak model). Biar ngga lupa formasi jalan, emak-emak model ini sempet latihan jalan di back stage loh. 

Sementara itu acara dimulai kembali, tampil perform dari Yasmin, putri dari mak Wylvera tampil bernyanyi sambil bermain gitar. Aku ngga sempet lihat. Untung pas gladi resik udah lihat. Anak yang multitalenta, bisa nyanyi, main alat musik, plus seorang penulis cilik. Keren banget Yasmin! 
Acara berlanjut ke fashion show anak-anak diiringi lagu Kumpul Bocah-nya Vina panduwinata, mereka lincah lenggak-lenggok mengenakan batik anak. Hihihi...ada yang nangis pulak.
Seolah ngga mau kalah dengan anak-anak, waktunya aku tampil fashion show bersama emak-emak KEB lainnya. 20 emak keluar dengan mengenakan gaun-gaun cantik koleksi butik AZZA Hijab Store dan riasan dari Wardah cosmetic. Ditambah turban hijab style karya mak Retno kristiani.  Wah, berubah tampilan semua emak-emak blogger ini. Ada mak Diah, mak Irma, mak Winny, mak Meti, mak Asri, mak Anita, mak Kei, mak Milan, mak Rumcasi, mak Santi, mak Lala, mak Della...siapa lagi ya, Mak?

Penampilan Yasmin (*foto : Amril Taufik)
Fashion Show Anak (*foto : Amril Taufik)

Fashin Show Emak Blogger 
Untuk mensukseskan acara ini, KEB merangkul AcerID, Rinso detergen, dan Wardah cosmetic. Dari kerjasama para sponsor inilah acara istimewa ini jadi bertabur banyak hadiah.
Sebelum penganugerahan pihak AcerID sebagai sponsor utama  memberikan sambutannya. Benar-benar sebuah dukungan dan sumbangsih yang luar biasa kepada KEB, salut buat AcerID.
Tiba di puncak acara, yaitu Pengumuman Srikandi Blogger 2013. Para finalis yang berjumlah 10 orang mulai naik ke atas panggung, diiringi lagu 'Bunda' -nya melly goeslaw versi mak Echa dan mak Fiki.
Kemudian dibacakan profil finalis satu persatu. Para finalis ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang seorang ibu rumah tangga, entrepreneur, TKI, editor, penerjemah. Ini membuktikan bahwa hidup sebagai seorang ibu di era digital sekarang ini tidak hanya melulu urusan dapur, sumur dan kasur. Seorang ibu ketika sadar akan potensi dirinya, ia bisa memberikan manfaat yang besar buat sekitarnya.  Seneng banget rasanya bisa lihat finalis dari dekat. Wanita-wanita hebat penginspirasi!

Akhirnya Pengumuman dibacakan oleh makpuh Indah Juli.

  • Livetime achievement diberikan kepada bunda Yati Rahmat. (*usianya 74 tahun loh!) 
  • Blogger Inspiratif, diberikan kepada Haya Aliya Zaki.
  • Srikandi Persahabatan, diberikan kepada Myra Anastasia
  • Srikandi Favorit, diberikan kepada Anazkia.
  • dan akhirnya....SRIKANDI BLOGGER 2013, diberikan kepada Alaika Abdullah.

Penganugerahan Srikandi Blogger 2013
Selamat ya buat semua emak-emak pemenang. Karya tulisan semua pemenang memang bagus-bagus loh. Inspiring! Bener-bener layak jadi pemenang. Aku bisa ngga ya seperti mereka? (*ngayal lagi deh...). Tapi kalau lihat hadiahnya sih jadi terpacu menulis (hahahaha.....). Siapa coba yang ngga mau Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), Acer Aspire E1-471, TV Samsung, Rinso 2 Dus (bisa buat setahun), Paket Wardah

Lambat laun acara memasuki akhir. Dengan sebelumnya diumumkan juga Best dress, mak Echa bumil dapet lagi. Kulkas, mak! Untuk Most Popular Tweet (live tweet), ada Ria Citinjak, Herdias Suryatna dan Caroline.   Masing-masing mendapatkan kulkas, acer iconia, dan blender. Dahsyat dah KEB!!!

10 komentar:

  1. Aku juga jalan kemarin dr ratu plaza, jalan jg dr halte busway nya itu (panjaaaang bgt) pake higheels pula..pegel mak :D

    dan aku pangling liat mak dwina..emak2 disana cantik2 semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi sama ya kita. iya, pegel kalau jalan pake high heel. Untung kelomku copot, jadi bisa nyeker. hahaha...

      Hapus
  2. horeeeeeeeeee kulkasss #lohhh

    BalasHapus
  3. Hadeuuh..Maap..Maap..ya yang dandan duluan FINalis Srikandi :P
    #padahal dateng telaat..

    Sama aku juga dateng muter2 nyari gedungnya lewat samping gedung2 yang lain tuh .Puseeng :p

    Sukses ya MAkMod

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...selamat ya, mba. Pengen deh diajarin jadi entrepreneur.

      Hapus
  4. KEB memang hebat ya, Mak, komplit, semua deh ada di KEB. Ya modelnya, ya penulis, ya penyanyi, pembaca puisi dan monolog, pemain drama, hingga ke model anak pun ada. Lengkap kap kap. :)

    Btw, para model memang udh layak banget tuh lenggak lenggoknya, sulit membayangkan keseharian mereka di rumah gimana ya kalo udh lht penampilan mereka di atas pentas. :)

    Sukses ya, Mak, semoga menjadi model kawakan, who knows? Yang pasti, yuk terus menulis! :)

    BalasHapus
  5. waaa...dikunjungi Srikandinya. Makasih,mak Alaika. Selamat ya. Kemaren kita sempet foto pas di meja daftar tamu tapi hasilnya kok burem hiks...

    BalasHapus
  6. jadi kenapa kita gak foto bareng, Mbak? Hahahaha
    fotoku pasti susah dicari ini, soale pecicilan aja kata Mbak Myra :D

    Kalau baca lagi, kalau inget lagi saya itu sebenernya jiper luar biasa kemarin itu berada di antara kumpulan emak2 hebat!

    KEB keren, member KEB juga keren dan semuanya keren! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mba Anazkia banyak banget fans nya. Saya ngga kebagian mulu mau foto...plus saya nya yang ngga pede. Selamat ya, mba Anazkia.

      Hapus