kamunaku.com: Mengenali Jenis-jenis Bahan

Mengenali Jenis-jenis Bahan

Jumat, 29 Juni 2012

Bahan Katun

  Bahan katun adalah bahan yang dibuat dari serat alami yaitu kapas. Bahan ini sangat nyaman dipakai namun membutuhkan suhu yang sedikit lebih tinggi untuk menyetrikanya. Bahan ini mempunyai beragam jenis dan kualitas, yang umum di gunakan untuk pakaian muslim adalah katun twill, katun platt dan katun plat berbordir atau yang lebih dikenal sebagai katun jepang.


Bahan B.S.Y ( Di baca b-s-wai)

 BSY ( bi shrinkage yarn), Terbuat dari dua jenis poliester filamen yang mempunyai tingkat ke susutan yang berbeda sehingga saat proses finishing bahan saat bahan basah pada suhu tinggi ( 100 c) tenunan akan menyusut berbeda sehingga menimbulkan bahan yang lembut di sentuh dan terasa "BERDAGING". Contoh Bahan ini adalah bahan batik yang non katun dan non sutra.

Abutai
  Abutai adalah bahan tipis dan ringan, sejenis dengan bahan parasit.  Sekarang sering dipakai untuk Mukena travelling karena jenisnya yang tipis dan ringan sehingga muat dikemas dalam tas kecil.

Platt
 Tipe anyaman yang biasa digunakan untuk atasan seperti kemeja atau koko. Anyamannya menyerupai anyaman ketupat saling tindih berganti antara yang malang dan yang melintang.

Spandex
  Nama lain dari Lycra. Mempunyai sifat elastisitas yang tinggi, kuat dan memiliki ketahanan gosokan yang tinggi. Spandex adalah jenis serat sintetis yang memiliki elastisitas yang baik. Kain spandex sering dipakai sebagai pakaian senam, renang, Kerudung, jeans stretch dll.

Sutra
   Kain ini bertekstur mulus, lembut, namun tidak licin. Tampilan kain berkilauan karena seratnya berstruktur prisma segitiga yang membuat kain ini dapat membiaskan cahaya dari berbagai sudut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar